PECINTA KOPI HARUS PAHAM PRODUSEN KOPI DI DUNIA

0
103

Bicara berkenaan kopi, minuman ini senantiasa mampu menghadirkan melankoli tersendiri bagi siapa saja, lebih-lebih bagi para pecinta puisi dan diksi. Kopi seolah punya sihir tersendiri untuk memunculkan beragam inspirasi kreatif dan inspirasi. Itulah mengapa nggak heran kalau sampai kini banyak orang jadi pecandu kopi.

Di sini, kami dapat menyaksikan sekilas histori dan asal usul kopi dahulu dan menjelajahi wilayah penghasil kopi paling terkemuka di dunia, Kopidunia cobalah sharing beberapa varian kopi favorit yang kami dapatkan di dalam sebagian th. terakhir.

PECINTA KOPI HARUS PAHAM PRODUSEN KOPI DI DUNIA

Sejarah Kopi Memiliki Cerita Panjang

Asal-usul kopi setidaknya bisa ditelusuri kembali pada abad ke 10. Kopi Arabika (Coffea Arabica), ini menjadi model kopi yang dominan berasal dari hutan dataran tinggi Ethiopia Barat Daya dan Pegunungan Yaman. Di sana, tanaman kopi tumbuh dengan tinggi 30-39 kaki yang berada di alam liar. Tampak setiap pohonnya bunga-bunga putih seperti melati dan ceri berwarna merah sampai ungu yang memuat biji-bijian.


PECINTA KOPI HARUS PAHAM PRODUSEN KOPI DI DUNIA” width=”944″ height=”625″ />

Saat itu, seorang pengembala kambing di Provinsi Kaffa terperanjat melihat bahwa kambingnya tidak tidur di malam hari. Merasa bingung dengan apa yang terjadi, ia pun pergi ke biara terdekat untuk menanyakan persoalan ini kepada para biarawan.
Dari sinilah diketahui bahwa kambing-kambing selanjutnya menyukai buah-buahan layaknya ceri yang saat itu nampak aneh bagi mereka.

Tanaman inilah yang kelanjutannya populer bersama sebutan kopi. Didorong oleh keingintahuan ilmiah, para biarawan membawa dampak minuman dari buah tersebut. Setelah meminumnya, mereka merasa punyai daya yang penuh. Saat ini, dataran tinggi Ethiopia dianggap sebagai daerah kelahiran kopi. Ethiopia mengekspor biji kopi melintasi Laut Merah ke Arabia, di mana kopi pertama kali ditanam terhadap pertengahan abad XV di Yaman. Pada abad XVI , berkat perluasan Kekaisaran Ottoman, kopi menjadi dikenal di lebih dari satu kecil Asia, Syria, Mesir, dan Eropa Selatan. Kopi tidak hanya dinikmati di rumah, tapi juga di banyak kedai kopi. Popularitas kedai kopi pun jadi tak tertandingi, dan orang-orang kerap mendatangi kedai kopi untuk seluruh type kegiatan sosial.

Kedai kopi pun bersama cepat menjadi tempat penting untuk pertukaran Info yang kerap disebut sebagai “schools of the wise” yang bermakna sekolah kebijakan.
Dengan ribuan peziarah mendatangi kota suci Mekkah tiap tiap th. dari seluruh dunia, pengetahuan tentang kopi terasa menyebar. Orang Arab menyebut minuman ini “qahwah” yang bermakna “anggur”.

Sementara itu, orang Turki menyebutnya “kahweh”. Dunia Arab terlampau menjaga tanaman kopi dan buah-buahan yang mereka anggap berharga.
Oleh sebab itu, mereka pun mengontrol ekspor kopi dan buah-buahan tersebut. Sampai abad XVII, perdagangan kopi cuma berada di tangan orang-orang Arab. Namun, sekelompok pedagang Belanda sukses menyelundupkan biji kopi ke Eropa.
Orang-orang Eropa menanam kopi di tempat tinggal kaca dan kebun anggur, sebelum saat para kolonial mulai menanamnya di Pulau Jawa, Kolombia, dan Kenya.

10 Kopi Termahal di Dunia

PECINTA KOPI HARUS PAHAM PRODUSEN KOPI DI DUNIA. Kita semua miliki cii-ciri buruk pilihan kita. Tampaknya tetap jadi masalah juga, bahwa semua karakter buruk ini lebih manis dikala mereka mengambil potongan besar dari gaji kita. Jika kopi memiliki kualitas adalah cara yang Anda sukai untuk membuat sembuh diri sendiri, perhitungkan daftar kopi termahal dan paling sukar ditemukan di dunia ini. Membeli makanan berkafein langka ini bakal mengurangi anggaran Anda untuk bulan ini, dan bisa saja butuh pas berjam-jam untuk sumbernya, tapi kalau Anda berpikiran meminum gaji Anda sebagai bagian paling baik dari bangun tidur, kita menanggung Anda dapat mendapatkan nilai duwit Anda .

HACIENDA EL ROBLE

Harga Sekitar IDR 2,900,000/Kg

Kopi ini hanya ada didalam pasokan tahunan terkecil – cuma 22 kg per tahun. Asal-usulnya diselimuti misteri; pohon-pohon kopi awalannya dibeli oleh pemilik bersama keyakinan bahwa mereka adalah varietas Geisha yang berharga, cuma untuk jelas bahwa mereka adalah suatu hal yang serupa sekali tidak diketahui. Tidak percaya apa yang bakal mereka hasilkan, ia menamai pohon-pohon itu bersama dengan tanah pertanian area mereka tumbuh dan legenda HR61 lahir. Namun, pada akhir musim, dia menyadari ada sesuatu yang istimewa di tangannya.

Ditumbuhkan di sebuah pertanian di Kolombia selatan yang diawasi oleh pakar agronomi penuh sementara dari pohon-pohon yang dipelihara oleh kompos ayam organik, kopi diolah dengan cermat bersama dengan cara pembuatan pulp, pengeringan matahari, dan fermentasi terkontrol. Satu-satunya langkah untuk membuatnya dipanggang adalah dari pemanggang di Melbourne, Australia, yang dikenal sebagai Proud Mary , yang menaruh tutup rapat pada seluruh informasi tentang aroma, rasa, dan tubuh. Salah satu pencicip istimewa melaporkan catatan mangga, persik, dan krim, beraksen oleh tubuh besar, krem dan membantah oleh aroma bunga yang lembut.

OSPINA DYNASTY GRAN CAFE PREMIER GRAND CRU


PECINTA KOPI HARUS PAHAM PRODUSEN KOPI DI DUNIA

Harga kurang lebih IDR 4,350,000/kg

Didirikan pada tahun 1835 oleh sepasang saudara laki laki yang melarikan diri dari penjara, pertanian Ospina tumbuh jadi operasi penanaman kopi komersial berskala besar pertama. (Ada desas-desus bahwa pelopor merek populer Juan Valdez – laki laki bertopi bersama burroya di samping kaleng kopi House Colombia – adalah ide dari bagian keluarga Ospina.)
Akhirnya, keluarga kolektif yang menjalankannya datang untuk memasukkan tiga presiden Kolombia dan product mereka jadi salah satu piala yang paling punya nilai di semua dunia.
Tumbuh secara eksklusif di ketinggian 7.500 kaki atau lebih tinggi di dataran tinggi vulkanik di provinsi Antioquia Kolombia, perusahaan Gran Cafe Premier Grand Cru tawarkan aroma gila bersama dengan sedikit aprikot, seduhan balanced body sedikit velvet, dan rasa cokelat-almond yang entah bagaimana rasanya prima memfinishing renyah di langit-langit mulut.

HACIENDA LA ESMERALDA

Harga lebih kurang IDR 10,150,000/kg
Ada lebih dari satu langkah untuk beroleh kopi yang rasanya luar biasa dan harganya mahal. Hacienda La Esmeralda, tumbuh di wilayah Boquete Panama, bisa saja merupakan kopi yang paling dianugerahi penghargaan di dunia.
Bersumber cuma dari pohon kopi pusaka dari varietas Geisha, pohon yang tumbuh secara eksklusif terhadap ketinggian 1500 mtr. di atas permukaan laut, karena harganya yang tinggi bermula dari pasokan yang minim (yang mengarah pada penjatahan beberapa tahun), musim tanam yang pendek, dan biaya tenaga kerja yang tinggi, belum lagi rasanya yang tak tertandingi. Kopi ini memiliki citarasa kopi yang purebred lightness dan intensitas rasa yang terlalu mengarah ke jeruk, memadai kuat seperti kue lemon.

KOPI LUWAK

kopi luwak dunia
shutterstock

Harga kira-kira IDR 15,000,000/kg
Salah satu kopi bersama tiket besar paling tenar di dunia (mungkin terkenal) adalah Kopi Luwak , kopi Indonesia yang diroasting sehabis dimakan, dicerna, dan dihancurkan oleh musang, yang dikenal bersama dengan nama umumnya, the civet cat.

Rupanya, hewan-hewan bermata cerah dan bermata pohon ini khususnya cuma memakan buah kopi yang paling manis dan segar. Setelah dicerna, ceri kopi mengalami proses fermentasi paling alami di dalam saluran pencernaan luwak, membuahkan karakteristik rasa yang tidak sama yang tidak dapat direproduksi bersama langkah lain.
Setelah musang membuang biji, dibersihkan, disangrai, dan diseduh. Buah prem, teh, dan mawar adalah aroma yang paling menonjol.

Perlu dicatat bahwa mengolah komersial Kopi Luwak dikaitkan bersama dengan perlakuan tidak manusiawi terhadap luwak. Padahal sesungguhnya banyak instansi di indonesia yang ikut mendampingi didalam upaya mengembangbiakkan binatang luwak lebih baik lagi. Di mana para petani luwak diberikan sertifikasi jikalau telah mencukupi syarat perawatan.

BLACK IVORY

Harga kurang lebih IDR 43,500,000/kg
Nama itu terdengar keren, seperti misterius, tetapi anda jangan salah bahwa memang itu merujuk terhadap kotoran gajah. (Ada apa bersama kopi yang diproses melalui kotoran?) Diproduksi lewat sistem yang serupa dengan Kopi Luwak, Black Ivory dimulai dengan biji kopi Arabika yang dikonsumsi oleh gajah di Thailand utara. Sebagai herbivora, gajah membawa enzim spesifik dan waktu pencernaan ekstra lambat untuk proses yang membuahkan rasa mellow yang unik dan halus didalam product akhir. Dengan kata lain, tidak semua kopi kotoran dibikin sama.
Harga Black Ivory yang sangat tinggi disebabkan oleh kesulitan di dalam mengekstraksi biji utuh – gajah miliki rutinitas mengunyah sebagian besar makanan, serta menyimpannya di tempat yang susah ditemukan.

epa03499614 A Thai mahout use picks coffee beans out of elephant dung as part of the process to make Black Ivory Coffee, a coffee brewed from beans that have been through an elephant’s intestinal system, at an elephant camp in Chiang Rai province, northern of Thailand, 07 December 2012. The coffee is made with Thai Arabica coffee beans that are eaten by elephants and after that processed into coffee. The coffee is about to be launched on international markets. The project employs elephant mahouts and their wives in northern Thailand who hand pick the coffee beans out of the elephant dung for sun drying and processing. Research suggests the digestive treatment breaks down the coffee protein reducing its bitterness. About 10,000 beans are picked to produce about one kg of roasted coffee. It costs about 10 us dollars per cup, or about 1100 US dollar per kg, making it one of the most expensive coffees in the world. High-priced coffee produced in a similar way through civet cats is already on the market. EPA/NARONG SANGNAK
the journal.ie

Kopi ini diproduksi bekerja serupa dengan instansi perlindungan gajah, yang menyelamatkan gajah dari penyalahgunaan industri pariwisata, dan kandungan penjualan kopi digunakan untuk mendanai perawatan kebugaran gajah. Hal tersebut yang menyebabkan mahalnya kopi ini sebab cost perawatan perlindungan hewan yang bekerjasama dengan lembaga.

6. Mocha Java Coffee

TMMOCHA

Mocha Java adalah kopi yang merupakan percampuran pada Arabian (Yemen) Mocha dan kopi Java Arabica Indonesia. Kopi ini disebut sebagai kopi campuran tertua di dunia, mengkombinasikan dua kopi premium dengan karakteristik yang saling melengkapi. Di Indonesia sendiri, kopi ini tumbuh di area perbukitan lereng Menoreh. Mocha Java terdiri dari dua jenis, yaitu Mocha java Single dan Mocha Java Double bersama dengan sistem memproses yang berbeda.

7. Ethiopian Harrar Coffee

Ethiopian Harrar memilik rasa pedas dan aroma yang harum. Salah satu kopi terbaik di dunia ini tumbuh di alam liar yang eksotis dan diproses secara alami. Ethiopian Harrar ditanam di lahan pertanian kecil di wilayah Oromia, Ethiopia Selatan, terhadap ketinggian pada 4.500 dan 6.300 kaki. Kopi harrar dikenal mempunyai rasa keasaman wine dan buah dengan aroma harum blackberry. Saat dinikmati, kopi ini dapat meninggalkan rasa yang tajam di lidah dan bibir.

8. Jamaica Blue Mountain Coffee

alibaba

Tumbuh di distrik Jamaica’s Blue Mountain, kopi ini kerap dilukiskan sebagai kopi terenak di dunia yang punya rasa sempurna. Jamaica blue mountain adalah kopi enteng bersama dengan rasa manis yang lembut dan memiliki aroma coklat. Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang fresh, tanpa rasa pahit sedikit pun. Biji kopi Jamaica Blue Mountain tumbuh terhadap ketinggian pada 3.000 – 5.500 mtr. di atas permukaan laut. Kebanyakan dari biji kopi jamaica blue mountain adalah biji utuh didalam satu buah kopi.

9. Kenya AA Coffee

Kopi Kenya AA ditanam pada ketinggian lebih dari 6.600 mtr. di atas permukaan air laut, tepatnya di dataran tinggi Kenya. Dataran tinggi Kenya menghasilkan biji kopi bersama dengan rasa kuat dan tingkat keasaman yang menyegarkan. Kopi Kenya AA punyai perpaduan aroma bunga dan wine. Kopi ini disebut sebagai salah satu kopi favorit di beraneka restoran dunia. Setelah ditelan, kopi ini dapat meninggalkan rasa jeruk dan berry yang segar di lidah.

10. Guatemala Antigua Coffee

Kopi Guatemala Antigua tumbuh di dataran dengan ketinggian lebih dari 4.600 mtr. di atas permukaan laut. Kelas dari biji kopi guatemala antigua yang dikenal sebagai Strictly Hard Bean dan termasuk dalam varietas kopi Arabica Catuai, Arabica Caturra, dan Arabica Bourbon. Antigua perlihatkan kualitas kopi Guatemala khas dengan rasa pedas dan tekstur yang lembut.
Kopi ini adalah kopi premium luar biasa di mana selagi kamu menyeduhnya, akan menghasilkan aroma yang menenangkan.

Sekarang kamu udah memahami
PECINTA KOPI HARUS PAHAM PRODUSEN KOPI DI DUNIA. Nah, kamu paling suka kopi dari mana, nih?

Sumber :

forbes.com, aklcofee.com, ahlikopilampung.com, merdeka.com, Tirto.id, Wikipedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.