Anti Gagal, Inilah 4 Cara Bisnis Kopi Kekinian

0
96

Sejak tahun 2016, kopi kekinian mulai merambah pasar bisnis. Berbagai kedai kopi mulai bermunculan. Baik melayani dine in hingga khusus pembelian take away. Perpaduan espresso, susu, ditambah gula aren mampu memikat berbagai kalangan. Termasuk pecinta non kopi sekalipun. Melihat peluang yang begitu besar, banyak orang penasaran dengan cara bisnis kopi kekinian.

Umumnya kedai kopi kekinian mengusung konsep minimalis. Bangku dan kursi yang terbatas, desain Interior yang simple hingga kemasan minuman yang menarik, menjadikan kedai kopi sebagai alternatif untuk berkumpul maupun belajar. Tertarik membuka usaha kedai kopi? Berikut informasi cara bisnis kopi kekinian selengkapnya!

bisnis kopi kekinian

1. Konsep Bisnis Kopi Kekinian Yang Matang Dan Racikan Menu Yang Pas Adalah Kunci

Cara bisnis kopi yang pertama adalah merancang sebuah konsep untuk kedai kopi. Mengingat bahwa saat ini aktivitas berkumpul tidak dapat dipisahkan dari kegiatan fotografi, maka membangun kedai kopi dengan konsep yang instagramable adalah pilihan yang tepat. Perpaduan warna-warna pastel serta ditambah dengan dekorasi tanaman hias menjadikan kedai kopi semakin menarik pengunjung.

Jika kesulitan mencari bangunan untuk disewa, cobalah mengusung konsep “kopi angkringan”. Bermodalkan gerobak dan beberapa kursi kayu mampu menciptakan nuansa vintage. Pilihan jam operasional hanya pada malam hari juga dapat dengan mudah diingat oleh pengunjung.

Jika konsep sudah matang, maka selanjutnya adalah meracik menu yang pas dan cocok sebagai konsumsi oleh berbagai kalangan. Menu-menu dengan bahan utama susu dapat berpadu dengan berbagai bubuk minuman. Seperti red velvet, taro, charcoal, coklat, hingga matcha.

Selain itu, Menu-menu manual brewing seperti V60, aeropress, tubruk, french press, dan lain-lain juga akan menambah kesan “serius” pada kedai kopi. Untuk memperkuat nuansa instagramable, menu latte art layaknya cappucino dan Cafe latte juga tak boleh ketinggalan. Jangan lupa untuk menyajikan menu makanan pendamping seperti pancake, waffle, cookies, roti bakar, dan lain-lain agar pengunjung lebih betah dan leluasa memilih menu.

2. Menentukan Lokasi Bisnis

Hal penting lainnya yang tidak boleh luput dalam cara bisnis kopi kekinian adalah menentukan lokasi. Suatu bisnis sangat bergantung pada lokasi pemasaran. Semakin strategis lokasi cafe berada, maka peluang untuk sukses juga semakin besar. Pilihlah lokasi yang dekat dengan keramaian. Seperti sekolah, kampus, perkantoran, dan tempat strategis lainnya.

Memasang penanda berupa plang atau spanduk juga dapat menjadi petunjuk untuk menarik pengunjung. Buatlah logo kedai dan desain plang yang menarik. Tempatkan di area yang mudah dilihat.

3. Memilih Roastery Dengan Kualitas Terbaik

Setelah petani, penentu kualitas kopi selanjutnya adalah seorang roaster. Tugasnya adalah mengolah biji kopi mentah menjadi biji kopi yang sudah matang atau biji sangrai. Apabila ingin mendapatkan kualitas minuman yang baik, maka pilihlah biji kopi yang berkualitas.

Hindari membeli kopi dalam bentuk bubuk, sebab kurang Fresh apabila memadankan dengan kopi yang masih berbentuk biji. Kemudian giling menggunakan grinder elektrik saat pembeli memesan menu. Maka, aroma dan rasa kopi yang hadir ke konsumen akan jauh lebih Fresh.

4. Menyiapkan Dana Atau Modal Dengan Matang

Membuka sebuah bisnis tentu membutuhkan modal. Terutama untuk bisnis kedai kopi kekinian. Tidak sedikit kebutuhan modal dalam bisnis ini. Sebab, begitu banyak hal yang harus siap dan tersedia. Mulai dari sewa tempat, berbagai macam alat kopi, perlengkapan makan dan minum, Interior, hingga bahan baku.

Pertimbangkan segala pengeluaran dan bayangan perolehan pencapaian laba maksimal. Jika membuka kedai kopi yang besar dirasa terlalu berat, mulailah dengan membuka bisnis kecil-kecilan. Seperti hanya berjualan melalui online shop, atau pada event-event tertentu.

Setelah berkembang, mulailah mencari pinjaman modal untuk membuka usaha kedai kopi kekinian yang lebih besar. Bisa meminjam kepada kawan yang memiliki dana nganggur, mungkin lebih baiknya kita ajak bekerjasama.

Jika konsep bisnis kamu sudah bagus apalagi sudah jalan, tidak khawatir kawanmu untuk join bersamamu. Tawaran pinjaman modal usaha oleh Bank dapat menjadi alternatif bagi pebisnis yang ingin membuka kedai kopi.

Jumlah pinjaman dan masa tenor bandingkan dan sesuaikan dengan kemampuan dan peraturan bank. Intinya adalah, selagi mau dan bisa berusaha, jalan untuk memulai bisnis kopi kekinian akan selalu ada.

Nah, itulah beberapa cara bisnis kopi kekinian yang sedang menjamur saat ini. Hal yang perlu anda ingat adalah, semakin banyak pilihan kedai kopi yang ada, maka akan semakin sulit untuk mendapatkan pelanggan. Oleh sebab itu, pemilihan konsep, inovasi menu, lokasi pemasaran, dan besaran modal sangat menentukan arah perjalanan sebuah kedai kopi.

Cobalah untuk berkeliling mencicipi menu dan melihat Interior dari satu kedai ke kedai yang lainnya. Dengan begitu, dapat menambah referensi dan pengetahuan serta trend baru yang sedang berkembang. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.