Tahapan Pengolahan Bisnis Kopi Bubuk Yang Menggiurkan

0
82
bisnis kopi bubuk

Kopi kini sudah mengalami pergeseran makna. Pada awalnya hanya kalangan tertentu saja, kini kopi sudah berkembang menjadi lifestyle. Tak hanya konsumennya oleh kalangan dewasa, kopi sudah menyasar kalangan remaja. Bagaimana tidak, inovasi minuman berbahan dasar kopi tengah marak beredar di pasaran. Mulai dari es kopi susu gula aren hingga es kopi susu klepon. Hal ini menjadikan kopi sebagai salah satu lahan bisnis yang menguntungkan. Salah satunya adalah bisnis kopi bubuk. Tertarik mencobanya? Berikut ulasan bisnis kopi bubuk selengkapnya.

Peluang Bisnis Kopi Bubuk Yang Menguntungkan

Semenjak minum kopi sudah menjadi lifestyle bagi banyak orang, maka kehadiran kedai kopi makin menjamur. Tidak hanya berupa kedai besar, namun juga usaha rumahan. Apabila kedai besar memiliki mesin sendiri untuk menggiling biji kopi, maka lain halnya dengan usaha rumahan. Selain itu, usaha kopi bubuk juga masih terbilang jarang. Jenis bisnis satu ini mirip seperti berdagang sembako, masyarakat saat ini memerlukannya.

Disinilah letak peluang bisnis kopi bubuk. Penjual dapat mempromosikan kopi bubuk dari rumah ke rumah. Beli lah biji kopi jadi dari Roastery besar. Kemudian diolah menjadi kopi bubuk dan kemas dalam wadah kapasitas 250 gr hingga 1 kg. Keuntungan yang didapat sekitar 40% jika kamu ecer.

Penjual juga dapat membuka lapak di beberapa e-commerce maupun instagram. Terlebih di saat pandemi seperti ini, orang-orang akan lebih memilih membuat olahan makanan atau minuman sendiri ketimbang membeli dari luar. Maka, usaha kopi bubuk dapat menjanjikan keuntungan yang besar.

Tahapan Pengolahan Biji Kopi Menjadi Bubuk

Perlu bagi anda yang ingin memulainya mengenal hal yang paling dasar. Yaitu bagimana proses pengolahan biji kopi menjadi kopi bubuk. Dengan mengetahui hal tersebut, tentunya anda bisa mendapatkan sebuah produk yang berkualitas. Dalam prosesnya ada sekitar 6 tahapan. Mulai dari masa panen hingga penggilingan.

1. Pilih Biji Kopi Dengan Kualitas Terbaik

Jangan asal beli kopi jika ingin laris. Kualitas kopi bubuk berbanding lurus dengan kualitas biji kopi yang didapat. Semakin bagus biji kopinya, maka semakin bagus pula apabila diolah menjadi produk. Untuk bisa mendapatkannya kita mesti tahu ciri khusus pada biji kopi dengan kualitas terbaik, yaitu:

  • Pada saat panen, buah kopi berwarna merah, segar dan ranum. Selain itu tidak ada bekas hama maupun kotoran yang menempel pada biji kopi.
  • Memiliki ukuran yang standar. Tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil.
  • Kopi yang sudah mencapai tingkat kematangan yang baik, memiliki tekstur kulit yang lunak.
  • Memiliki rasa yang manis.

bisnis kopi bubuk

Dengan berpedoman pada kualitas buah kopi diatas, maka tidak perlu bingung lagi ketika akan memilih biji kopi yang berkualitas. Maka diharapkan nantinya hasil kopi bubuk juga memiliki kualitas yang sama baiknya dengan biji kopi yang dipilih. Selain itu, pemilihan buah kopi merah, segar dan berkualitas juga dapat meningkatkan aroma kopi baik dalam bentuk bubuk maupun setelah penyeduhan hidangan.

Segar saat tercium aroma produk kopi bubuk akan mengajak konsumen untuk membeli produk anda. Setelah kesegaran aroma memikat, keharuman kopi saat dalam proses penyeduhan menentukan kepuasan pembeli produk kopi anda.

2. Memilih Atau Menyortir Biji Kopi

Setelah memilih biji kopi berkualitas, maka tahap selanjutnya adalah menyortir biji kopi tersebut. Sebab, biji kopi yang tampak bagus dari luar, belum tentu memiliki kualitas yang bagus pula pada bagian dalamnya. Oleh sebab itu, biji kopi perlu terpilihkan dan terpisahkan antara yang defect atau cacat dan yang utuh bersih. Pada tahap ini, jangan lupa untuk membersihkan kotoran maupun sisa hama yang masih menempel pada biji kopi.

3. Biji Kopi Dijemur Kemudian Dikupas Kulitnya

Setelah melewati proses penyortiran buah kopi, selanjutnya harus penjemuran selama kurang lebih 7 hingga 10 hari. Proses ini bertujuan agar mempermudah proses pengeluaran kulit biji kopi. Kemudian, setelah selesai di jemur biji kopi akanĀ  melalui tahap pengelupasan cangkang kopi.

4. Keringkan Biji Kopi

Sampai pada tahap ini, biji kopi masih mengandung banyak air. Oleh sebab itu, setelah biji kopi yang sudah tak memiliki cangkang, masih ada penjemuran untuk memastikan sudah hilangnya kandungan air pada biji kopi. Selain itu, tahap ini juga dapat menaikkan nilai jual biji kopi.

5. Proses Sangrai Atau Roasting

Tahap selanjutnya dalam menjalankan bisnis kopi bubuk adalah proses Sangrai. Proses ini merupakan cara memanggang atau menggoreng biji kopi tanpa menggunakan minyak. Setiap produsen memiliki roasting style yang berbeda-beda, tentukan gaya anda. Beberapa produsen menambahkan beras, jagung atau ketan pada saat menyangrai kopi. Semua itu tergantung selera pasar anda, jangan terpaku pada prinsip yang baku. Sesuaikan dengan daya beli masyarakat sekitar.

Di era modern saat ini, orang-orang lebih memilih menggunakan mesin Roasting. Sebab, selain kapasitas penampungan yang besar, mesin Roasting juga dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif. Namun, bagi yang tidak ingin hilang dari nuansa tradisional, proses sangrai ini juga boleh anda lakukan dengan menggunakan peralatan sederhana. Seperti tungku, kayu bakar, maupun wajan dari tanah liat.

6. Menggiling Biji Kopi Menjadi Bubuk

Sebagai lengkap terakhir sekaligus peluang bisnis baru, penggilingan kopi bisa menggunakan alat bantuan Electric grinder ataupun manual. Beberapa orang ada yang mencampurkan arabika dengan robusta mengolah grindingnya menjadi satu. Biasanya metode ini ada untuk membuat resep signature atau ciri khas sebuah kedai kopi.

Nah, itulah cara bisnis kopi bubuk serta peluang penjualan kopi bubuk di pasaran. Semua cara di atas tidaklah sulit. Sebab petani kopi sudah tersebar luas di hampir seluruh wilayah di nusantara. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan biji kopi yang berkualitas tanpa banyak halangan yang berarti.

Jangan sampai terlupa perhatikan biji kopi kualitas pilihan yang anda dapat ya. Begitupun teknik pengolahannya, mulai dari masa panen hingga proses penggilingan. Bagaimana? Tertarik mencoba bisnis kopi bubuk? Semoga berhasil, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.