Beranda Informasi Pasar Tani Kranggan Temanggung adakan kontes sangrai kopi tradisional

Pasar Tani Kranggan Temanggung adakan kontes sangrai kopi tradisional

Pasar Tani Kranggan Temanggung adakan kontes sangrai kopi tradisional

Temanggung (ANTARA) – Pasar Tani Kranggan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyelenggarakan kontes sangrai kopi secara tradisional yang diikuti oleh belasan kelompok wanita tani (KWT).

Pengelola Pasar Tani Kranggan Damar Sulistyo di Temanggung, Minggu, mengatakan kontes sangrai kopi tradisional ini diikuti oleh 17 KWT di Kecamatan Kranggan.

Pada kontes sangrai kopi tersebut para peserta menggoreng kopi menggunakan wajan tanah dan tungku dengan pengapian berbahan bakar kayu.

Damar menyampaikan maksud dan tujuan kontes sangrai kopi ini untuk menggali kembali penyajian kopi secara tradisional yang dilakukan oleh nenek moyang.

"Kegiatan ini sekaligus untuk memperkenalkan, mengedukasi pada generasi muda pengolahan kopi secara tradisional dan saya yakin hal ini bisa dikembangkan menjadi brand kopi tradisional di Kecamatan Kranggan," katanya.

Penilaian dalam kontes sangrai kopi tradisional ini meliputi teknik pengapian, menyangrai, penirisan, penyeduhan, penyajian, cita rasa kopi, keluwesan dan kemeriahan penampilan, dan kerja sama tim.

Damar mengatakan penyelenggaraan kontes sangrai kopi tradisional ini juga dalam memperingati ulang tahun kedua Pasar Tani.

"Kami berharap dengan geliat ekonomi produktif di pasar tani ini bisa membangkitkan perekonomian khususnya di Kecamatan Kranggan," katanya.

Ia berharap pasar tani yang buka setiap hari Minggu ini menjadi arena promosi desa se-Kecamatan Kranggan.

"Semua potensi desa bisa digelar di pasar tani ini, bukan hanya hasil pertanian saja, tetapi tidak menutup kemungkinan produk kerajinan dan hasil UMKM lainnya yang merupakan potensi desa bisa dipasarkan di sini," katanya.

Baca Juga :  Netflix akan tayangkan serial dokumenter grup idola Jepang Arashi

Baca juga: Ramadhan, Pasar mitra tani Yogyakarta alami kenaikan permintaan pangan
Baca juga: Sambangi Mentan, Bukalapak ingin kerja sama jual hasil pertanian
Baca juga: Kadin apresiasi Pasar Tani Kementan fasilitasi belanja daring

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Baca Juga :  52 adegan diperagakan dalam rekonstruksi penyiraman cairan kimia

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...