Beranda Informasi Pertamina tingkatkan kapasitas produksi petani kopi Bener Meriah

Pertamina tingkatkan kapasitas produksi petani kopi Bener Meriah

Pertamina tingkatkan kapasitas produksi petani kopi Bener Meriah

Aceh Besar (ANTARA) – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I meningkatkan kapasitas petani kopi melalui pelatihan guna menjaga kualitas salah satu komoditas unggulan di Bener Meriah.

“Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Pertamina mengambil peran untuk ikut serta dalam pengembangan kopi di Tanah Air salah satunya di Bener Meriah,” kata Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR I, Roby Hervindo dihubungi di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan pelatihan tersebut diberikan kepada mitra binaan PT Pertamina yang ada di Kabupaten Bener Meriah.

“Peran kita tidak hanya memberikan pelatihan, tapi juga ikut serta memberikan bibit unggul kopi yang telah bersertifikat guna mendapatkan hasil maksimal,” katanya.

Pertamina MOR I memberikan pelatihan untuk 46 petani kopi yang menjadi mitra binaan Pertamina dengan waktu pelaksanaan selama 22 minggu.

Roby menambahkan, 46 petani kopi tersebut sudah menjadi mitra binaan Pertamina sejak tahun 2019. Pinjaman yang diberikan Pertamina MOR I adalah sebanyak Rp 1,92 miliar.

Pelatihan tersebut terdiri dari tiga tahap masing-masing assessment yang dibagi menjadi analisis tanah & tanaman, analisis kualitas biji kopi, analisis hama tanaman, sosialisasi rekomendasi, serta pengadaan bibit Unggul bersertifikat.

Kemudian tahap pelatihan merupakan tahap pembelajaran bagaimana menanam dan budidaya tanaman kopi yang baik dan benar.

Tahap terakhir adalah tahap penanaman, pendampingan, monitoring, serta finishing. Tahap ini meliputi tahapan untuk penanaman bibit unggul dan pemantauan serta pengawasan kondisi tanaman pasca proses penanaman.

Baca Juga :  BEBERAPA KOPI PETA DUNIA

“Pengembangan kapasitas ini sebagai bagian dari upaya Pertamina mengembangkan usaha UMKM, terutama di tengah situasi pandemi,” katanya.

Pihaknya berharap dengan dukungan yang diberikan tersebut dapat mengembangkan petani, sehingga membantu Indonesia terhindar dari resesi.

Baca Juga :  Kasus salah tembak, 12 anggota Satgas Tinombala ditarik ke Jakarta

Untuk pelatihan kopi tersebut, Pertamina menggelontorkan anggaran sebanyak Rp 139 juta.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...