Beranda Informasi Empat wisata desa di Temanggung dapat kucuran Rp5,5 miliar

Empat wisata desa di Temanggung dapat kucuran Rp5,5 miliar

Empat wisata desa di Temanggung dapat kucuran Rp5,5 miliar

Pengembangan wisata desa dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini lewat aspirasi teman-teman DPR RI

Temanggung (ANTARA) – Pengembangan empat wisata desa di kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendapat kucuran dana dari APBN melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat senilai Rp5,5 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana di Temanggung, Kamis, menyebutkan empat wisata desa tersebut, yakni Pandemulyo, Sirkuit Kedungumpul, Sendang Sengon, dan wisata religi Makukuhan.

"Pengembangan wisata desa dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini lewat aspirasi teman-teman DPR RI," katanya.

Menurut dia dalam pengembangan wisata desa tersebut sebelumnya memang sudah ada embrio di lokasi tersebut.

Ia menyebutkan pengembangan wisata di Desa Pandemulyo Kecamatan Bulu, yaitu revitalisasi Tuk Mulyo berupa pengembangan wisata air yang mengandalkan sumber mata air Tuk Mulyo.

"Program revitalisasi Tuk Mulyo ini dengan nilai anggaran Rp1,7 miliar dan sekarang masih dalam proses pelaksanaan," katanya.

Kemudian pengembangan Sirkuit Kedungumpul di Desa Kedungumpul, Kecamatan Kandangan senilai Rp1,6 miliar untuk pengembangan panjang lintasan dan pembangunan fasilitas penunjang seperti tribun, kamar mandi, dan tempat parkir.

Hendra menuturkan pengembangan wisata desa selanjutnya adalah revitalisasi Sendang Sengon di Desa Banjarsari Kecamatan Ngadirejo senilai Rp1,1 miliar.

"Kita siapkan tempat parkirnya, memoles bagaimana menyiapkan fasilitas penunjang pengunjung seperti kamar mandi dan sebagainya, membuat jalan setapak di sekeliling Sendang. Kemudian kita siapkan kios juga untuk pemberdayaan masyarakat lokal," katanya.

Baca Juga :  Solok berlakukan jam malam cegah penyebaran virus corona

Kemudian revitalisasi wisata religi Makukuhan di Desa Wonosari, Kecamatan Bulu senilai Rp1,1 miliar, antara lain untuk membangun jalan setapak mengelilingi bukit, membangun tempat istirahat bagi wisatawan, kamar mandi, tempat parkir, mushala, dan sedikit rehabilitasi makam Makukuhan.

Baca Juga :  INILAH SEPULUHKEDAI KOPI TERKENAL DUNIA

"Di sana sudah ada embrio tempat wisata religi Makukuhan yang kemudian juga ada tempat wisata alam yang luar biasa karena Desa Wonosoari ini paling tinggi di antara desa-desa yang ada di sekitarnya sehingga pemandangan luar biasa," katanya.

Ia menyampaikan pengembangan wisata desa tersebut bertujuan untuk peningkatan ekonomi lokal lewat potensi lokal yang ada dan nantinya dikelola oleh masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa sehingga menjadi tempat wisata lokal yang lebih optimal. 

Baca juga: Kopi Temanggung simpan potensi ekspor tinggi, aromanya kuat dan khas
Baca juga: "Slametan wiwit tembakau" perkaya wisata kultural Temanggung

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Polda Metro Jaya fasilitasi lima lokasi SIM Keliling Jumat ini

Polda Metro Jaya fasilitasi lima lokasi SIM Keliling Jumat ini Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memfasilitasi layanan keliling perpanjangan surat...

Kementan: Ekspor pertanian tumbuh 8,6 persen hingga Agustus 2020

Kementan: Ekspor pertanian tumbuh 8,6 persen hingga Agustus 2020 Secara kumulatif nilai ekspor pertanian periode Januari-Agustus 2020 mencapai 2,4 miliar dolar AS atau meningkat...

Kemenkumham beri sertifikat IG lada luwu timur dan beras enrekang

Kemenkumham beri sertifikat IG lada luwu timur dan beras enrekang Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto menyerahkan sertifikat...

Lampung tawarkan tujuh proyek kepada investor Singapura

Lampung tawarkan tujuh proyek kepada investor Singapura Batam (ANTARA) - Pada seri keenam webinar Road to Indonesia Investment Day 2020, Lampung menawarkan tujuh proyek...

BKPM: pengajuan NIB Agustus cetak rekor terbanyak sepanjang 2020

BKPM: pengajuan NIB Agustus cetak rekor terbanyak sepanjang 2020 Lonjakan pemohon NIB untuk UMK memang menjadi kabar sangat baik. Jumlah pengajuan di bulan ini...