Beranda Informasi Rusia sebut telah lacak pergerakan Navalny

Rusia sebut telah lacak pergerakan Navalny

Rusia sebut telah lacak pergerakan Navalny

Moskow (ANTARA) – Kepolisian Rusia telah melacak pergerakan politikus oposisi Alexei Navalny dan apa yang dia minum sebelum jatuh sakit di Siberia bulan lalu, dan sedang berusaha menemukan saksi yang telah meninggalkan Rusia, kata kementerian dalam negeri, Jumat.

Kementerian mengatakan sedang mempersiapkan permintaan lain untuk bantuan hukum dari Jerman, negara tujuan tempat Navalny diterbangkan ke rumah sakit bulan lalu setelah Navalny, menurut  Berlin, mendapat serangan berupa racun saraf Novichok.

Dalam sebuah pernyataan, departemen transportasi kementerian dalam negeri di Siberia mengatakan ingin mengirim penyelidik untuk bekerja bersama Jerman dalam kasus tersebut, setelah Navalny dilaporkan sudah pulih dari koma.

"Permintaan ini akan mencakup permohonan untuk kemungkinan kehadiran penyelidik urusan dalam negeri Rusia … dan seorang spesialis Rusia ketika rekan-rekan Jerman melakukan penyelidikan dengan Navalny, dokter, dan ahli," kata kementerian itu dalam pernyataan.

Kementerian Dalam Negeri Rusia juga meminta izin untuk mengajukan klarifikasi dan pertanyaan tambahan.

Permintaan tersebut tampaknya tidak akan berhasil mengingat Jerman mengatakan telah memastikan adanya Novichok. 

Jerman juga menuntut penjelasan dari Moskow –seruan yang sangat digaungkan oleh negara-negara Barat lainnya.

Beberapa politikus Jerman bahkan telah menyerukan sanksi tambahan terhadap Rusia.

Rusia belum melakukan penyelidikan kriminal secara resmi dan berpegang teguh pada sikap bahwa pihaknya perlu bukti kuat dari Jerman kalau Navalny memang diracun.

Polisi transportasi di Tomsk telah menetapkan urutan waktu kejadian yang menyebabkan Navalny jatuh sakit, kata kementerian itu.

Urutan yang dimaksud mencakup sebuah hotel, restoran, flat, dan kedai kopi yang pernah dikunjungi Navalny. Kementerian juga mengatakan bahwa Navalny sempat minum anggur dan koktail beralkohol.

Baca Juga :  RAGAMBIJI KOPI PALING TERSOHOR DI DUNIA

Beberapa hari setelah Navalny sakit, juru bicara sang tokoh oposisi Rusia itu membantah keras tuduhan bahwa Navalny telah mengonsumsi alkohol.

Baca Juga :  RAGAMBIJI KOPI PALING TERSOHOR DI DUNIA

Kementerian mengatakan polisi telah mewawancarai lima dari enam orang, yang dikatakan menemani Navalny dalam perjalanan ketika dia jatuh sakit.

Polisi juga sedang mencari orang keenam bernama Marina Pevchikh, seorang warga Inggris yang terbang ke Jerman pada 22 Agustus dan yang keberadaannya dikatakan saat ini sedang dicari.

Sumber: Reuters

Baca juga: Presiden Putin akan siapkan penyelidikan untuk kasus peracunan Navalny
​​​​​​​
Baca juga: Jerman ancam Rusia segera bertindak soal peracunan Navalny

Baca juga: Inggris: Rusia harus jelaskan mengapa Navalny diracun Novichok
​​​​​​​

 

Mabes Polri bekali mahasiswa dengan ilmu intelijen

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Polda Metro Jaya fasilitasi lima lokasi SIM Keliling Jumat ini

Polda Metro Jaya fasilitasi lima lokasi SIM Keliling Jumat ini Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memfasilitasi layanan keliling perpanjangan surat...

Kementan: Ekspor pertanian tumbuh 8,6 persen hingga Agustus 2020

Kementan: Ekspor pertanian tumbuh 8,6 persen hingga Agustus 2020 Secara kumulatif nilai ekspor pertanian periode Januari-Agustus 2020 mencapai 2,4 miliar dolar AS atau meningkat...

Kemenkumham beri sertifikat IG lada luwu timur dan beras enrekang

Kemenkumham beri sertifikat IG lada luwu timur dan beras enrekang Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto menyerahkan sertifikat...

Lampung tawarkan tujuh proyek kepada investor Singapura

Lampung tawarkan tujuh proyek kepada investor Singapura Batam (ANTARA) - Pada seri keenam webinar Road to Indonesia Investment Day 2020, Lampung menawarkan tujuh proyek...

BKPM: pengajuan NIB Agustus cetak rekor terbanyak sepanjang 2020

BKPM: pengajuan NIB Agustus cetak rekor terbanyak sepanjang 2020 Lonjakan pemohon NIB untuk UMK memang menjadi kabar sangat baik. Jumlah pengajuan di bulan ini...