Beranda Informasi Zona hijau, aktivitas perdagangan Kota Sukabumi berangsur normal

Zona hijau, aktivitas perdagangan Kota Sukabumi berangsur normal

Zona hijau, aktivitas perdagangan Kota Sukabumi berangsur normal

Aktivitas perdagangan berangsur normal ini ditandai dengan jam operasional toko non-sembako yang diizinkan buka hingga pukul 20.00 WIB yang awalnya hanya hingga pukul 16.00 WIB.

Sukabumi, Jabar (ANTARA) – Aktivitas perdagangan di Kota Sukabumi, Jawa Barat, berangsur normal setelah ditetapkan sebagai satu-satunya daerah berstatus zona hijau di Jabar oleh pemerintah Provinsi Jabar beberapa waktu lalu.

"Pemkot Sukabumi  segera mencabut surat edaran terkait jam pembatasan operasional pertokoan dan menggantinya dengan yang baru, dengan status zona hijau ini kami berangsur melonggarkan aktivitas perdagangan agar bisa kembali normal," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Didin Syarifudin di Sukabumi, Minggu.

Aktivitas perdagangan berangsur normal ini ditandai dengan jam operasional toko non-sembako yang diizinkan buka hingga pukul 20.00 WIB yang awalnya hanya hingga pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Prof Wiku: Ada tren penurunan zona merah

Kemudian toko yang menjual kebutuhan pokok masyarakat awalnya batas jam operasionalnya hingga pukul 20.00 WIB sekarang menjadi 23.00 WIB, namun untuk kafe, restoran, kedai kopi maupun tempat kuliner lainnya jam operasional tidak berubah atau hanya diberikan izin hingga pukul 22.00 WIB, sesuai permintaan dari Polres Sukabumi Kota.

Menurutnya, meskipun ada pelonggaran aktivitas perdagangan, namun baik pedagang, masyarakat (konsumen) maupun pemilik/pengelola toko diminta tetap menerapkan standar protokol kesehatan maksimal.

Seluruh warga yang akan maupun beraktivitas di toko wajib diperiksa suhu tubuh, mencuci tangan atau membasuh dengan hand sanitizer, kemudian jumlah pengunjung pun tetap dibatasi sebagai antisipasi  kepadatan atau keramaian demi mencegah penyebaran COVID-19.

Baca Juga :  Bukan cuma kopi, Fore Coffee sekarang juga tawarkan jamu

Baca juga: Jakarta Timur larang aktivitas perdagangan saat CFD

Surat edaran tentang pengaturan jam operasional pertokoan dalam masa zona hijau tersebut tidak lagi dikeluarkan ooleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Baca Juga :  MENYELAMI KOPI YG ADA DI DUNIA

"Dengan aktivitas perdagangan berangsur normal, kami berharap roda ekonomi di Kota Sukabumi bisa kembali berputar dan meningkat, apalagi daerah ini merupakan kota perdagangan dan jasa yang mayoritas usaha warganya bergerak di sektor perdagangan," tambahnya.

Didin mengatakan dengan pelonggaran jam operasional, tidak serta merta aktivitas perdagangan khususnya di pertokoan maupun pasar bebas seperti sebelum ada COVID-19, tetapi menuju normal baru ini yang terpenting adalah menerapkan protokol kesehatan seperti mewajibkan penggunaan masker. 
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...