Beranda Informasi Menkop Teten Masduki dorong pelaku UMKM manfaatkan platform digital

Menkop Teten Masduki dorong pelaku UMKM manfaatkan platform digital

Menkop Teten Masduki dorong pelaku UMKM manfaatkan platform digital

Jakarta (ANTARA) – Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki mendorong para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan berbagai platform digital guna menjaga eksistensi bisnisnya di tengah pandemi COVID-19.

"Transformasi digital bagi UMKM harus dipercepat. Karena mereka yang bisa bertahan adalah mereka yang melakukan adaptasi bisnis dan informasi produk menyesuaikan dengan permintaan pasar saat ini," kata Menteri Teten dalam konferensi virtual, Senin.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa saat ini UMKM yang sudah mendaftarkan usahanya di sistem digital termasuk marketplace dan e-commerce terus tumbuh semasa pandemi.

Peningkatan ini ia sambut positif, mengingat tren yang berlangsung beberapa bulan terakhir adalah konsumen lebih memilih untuk berbelanja secara daring.

Baca juga: Telah mendunia, GoFood usung konsep Cloud Kitchen demi akselerasi UMKM

Baca juga: Tujuh aplikasi untuk pesan makanan berbuka puasa

Meski demikian, ia mengatakan, jumlah UMKM yang bergabung di sistem digital harus lebih diperbanyak lagi karena dari keseluruhan, hanya ada 8 juta (13 persen) UMKM yang terhubung di marketplace.

Menurutnya, adaptasi digital ini harus diperkenalkan secara lebih masif dalam waktu mendatang guna menjawab perubahan tren konsumsi dan berbelanja dari masyarakat.

"Digitalisasi bukan hanya memperluas akses, tapi juga mendorong efisiensi dan persaingan bisnis, serta akses pembiayaan yang lebih besar," kata Teten.

Ia menambahkan, Kementerian Koperasi dan UKM sendiri juga telah memberikan sejumlah pelatihan kepada para pelaku UMKM agar mampu mengadaptasi bisnis digital, yang semakin lama memang semakin dibutuhkan.

Baca Juga :  Badan kopi global luncurkan langkah-langkah atasi dampak harga rendah

"Kemenkop sudah sejak lama membantu untuk adaptasi bisnis digital. Ke depan pun kita akan menghadapi habit konsumen baru berupa makanan dan minuman yang bersih, packaging dan higienitasnya jadi sangat penting," kata Teten.

Baca Juga :  MENGETAHUI KOPI YANG TERBAIK DI DUNIA

"Ke depan, kebiasaan belanja di marketplace akan jadi tren, dan tuntutan standar (higienitas dan produk) itu juga semakin tinggi. Sehingga penting untuk kerja sama dengan teman-teman dari online market, dan pelatihan-pelatihan ke depan," pungkasnya.

Baca juga: Menteri Koperasi akan percepat proses Go Digital UMKM

Baca juga: Menteri KUKM: Ada 3,6 juta warung tradisional perlu diberdayakan

Baca juga: UMKM bisa tiru model bisnis warung kopi kekinian, kata Teten

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

PPI gandeng UMKM, petani dan nelayan sebagai mitra percepatan ekspor

PPI gandeng UMKM, petani dan nelayan sebagai mitra percepatan ekspor Kemitraan dengan petani, nelayan, dan UMKM, merupakan pola sumber suplai dalam percepatan ekspor PPIJakarta...

Kemarin, kasus asusila hingga demo PPDB di Jakarta

Kemarin, kasus asusila hingga demo PPDB di Jakarta Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di wilayah Jakarta terjadi pada Jumat (3/7) disiarkan Antara dan mungkin...

UPDATE TERBARU KOPI YANG TERPOPULER DI DUNIA

Bicara tentang kopi, minuman ini tetap dapat menghadirkan melankoli tersendiri bagi siapa saja, lebih-lebih bagi para pecinta puisi dan diksi. Kopi seolah punya...

Desa ini bikin website jualan online gula aren, kopi, hingga rebung

Desa ini bikin website jualan online gula aren, kopi, hingga rebung Tujuan kami membuat website jual beli online ini tak lain adalah untuk memasarkan...

Alasan penggemar Harry Potter hapus link ke situs JK Rowling

Alasan penggemar Harry Potter hapus link ke situs JK Rowling Jakarta (ANTARA) - Dua situs terbesar penggemar Harry Potter yakni The Leaky Cauldron dan...