Beranda Informasi Belanja online makanan kian populer di Shopee

Belanja online makanan kian populer di Shopee

Belanja online makanan kian populer di Shopee

Jakarta (ANTARA) – Platform belanja online Shopee mengumumkan temuannya terkait kenaikan belanja online produk makanan sebesar empat kali lipat dalam beberapa bulan belakangan ini.

"Semenjak physical distancing jadi kebiasaan penting yang diterapkan di kehidupan kita, kami melihat adanya perubahan yang disebabkan; terutama penyesuaian cara berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dalam keterangan resmi, dikutip Jumat.

"Pembelian makanan dan bahan makanan, khususnya, kini dilakukan secara online karena konsumen menemukan kenyamanan tersendiri untuk melengkapi kebutuhannya melalui e-commerce," kata Handhika.

Shopee, yang selama ini terkenal dengan diskon kilat untuk produk fesyen dan perangkat elektronik, melihat tren pengguna mereka membeli produk makanan secara berulang dalam satu bulan.

Aktivitas belanja makanan secara online di platform tersebut terjadi sepanjang waktu, puncaknya pada hari Senin, Selasa dan Jumat.

Baca juga: Bantu pulihkan ekonomi dampak COVID-19, Shopee dan BRI sokong UMKM

Baca juga: ShopeePay dukung pembayaran zakat secara online

Produk-produk yang dibeli secara online merupakan bahan makanan yang biasa ditemui di toko fisik, seperti beras, kecap asin, gula, kopi instan dan daging potong.

Shopee mencatat permintaan makanan segar tumbuh 11 kali pada April. Trend tersebut berbeda pada Maret, permintaan makanan kaleng cenderung tinggi, naik tujuh kali lipat, ketika masyarakat diimbau untuk tidak beraktivitas di luar rumah.

Platform tersebut juga menemukan aktivitas belanja makanan pengguna laki-laki naik hingga enam kali lipat dibandingkan 2019, antara lain untuk membeli bahan makanan pokok, makanan instan, makanan segar dan makanan beku.

Baca Juga :  MODEL SEDUH KOPI YANG ENAK, INILAH RAHASIANYA

Penjual makanan di platform itu dalam beberapa bulan terakhir memanfaatkan Shopee Live untuk mempromosikan produk. Menurut Shopee, fitur live streaming tersebut mendorong penjualan hingga rata-rata 3,5 kali lipat.

Baca Juga :  MACAM-MACAMBIJI KOPI PALING TERSOHOR DI DUNIA

Baca juga: Tokopedia dan Shopee bebas kuota untuk beberapa kartu seluler

Baca juga: Transaksi non-tunai Shopee meningkat selama Ramadhan

Baca juga: Kemenperin gandeng Shopee geliatkan produk fesyen muslim

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

BMKG pasang sistem monitoring gempa di kawasan Danau Toba

BMKG pasang sistem monitoring gempa di kawasan Danau Toba Medan (ANTARA) - BMKG melalui Stasiun Geofisika Deli Serdang secara bertahap telah melakukan pemasangan Earthquake...

Panitia seleksi pemilihan calon Anggota KY gelar wawancara terbuka

Panitia seleksi pemilihan calon Anggota KY gelar wawancara terbuka Jakarta (ANTARA) - Panitia seleksi (pansel) pemilihan calon Anggota Komisi Yudisial (KY) menggelar tahap wawancara...

Pertamina berikan pelatihan bersertifikat kepada peternak sapi

Pertamina berikan pelatihan bersertifikat kepada peternak sapi Pelatihan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan COVID-19 yakni menjaga jarak. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok dengan waktu...

IPB University luncurkan sistem pemantauan lahan digital

IPB University luncurkan sistem pemantauan lahan digital Sistem monitoring ini sangat penting karena data yang dapat disediakan merupakan data yang benar,Jakarta (ANTARA) - IPB...

Hukum kemarin, tokoh agama tewas ditembak KKB hingga kecelakaan Cipali

Hukum kemarin, tokoh agama tewas ditembak KKB hingga kecelakaan Cipali Jakarta (ANTARA) - Ragam berita hukum di Tanah Air pada Minggu (20/9) menarik dibaca...