Warga antusias datangi Gerai SIM di Blok M Square

0
76

Warga antusias datangi Gerai SIM di Blok M Square

Jakarta (ANTARA) – Warga antusias mendatangi Gerai SIM di Blok M Square, Jakarta Selatan, untuk mengajukan permohonan perpanjangan masa Surat Izin Mengemudi (SIM).

Setelah ditutup selama beberapa pekan akibat pandemi COVID-19, kini layanan gerai dibuka lagi. Sejumlah warga berdatangan ke Lantai 3A Blok M Square pada Senin sejak pukul 08.00 WIB sesuai jam buka layanan Gerai SIM tersebut.

Cahya Wilanisa (22) warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan, salah satunya, yang datang ke gerai ini pukul 09.00 WIB.

Menurut Cahya, mengurus perpanjang SIM di gerai yang ada di pusat perbelanjaan lebih nyaman karena tidak harus "panas-panasan" menunggu antrean.

"Tadinya mau ke Kalibata biasanya ada layanan SIM Keliling, tapi kan belum buka. Jadikan ke Gerai SIM ini saja," kata Cahya.

Cahya mengaku mendapat informasi dibukanya layanan gerai SIM di pusat perbelanjaan dari sosial media.

Ia enggan mengurus perpanjangan SIM di Kantor Polres Metro Jakarta Selatan ​​​​​​karena lebih ramai antreannya sehingga kurang nyaman. "Kalau di Gerai SIM ini kan enggak perlu panas-panasan, karena dalam ruangan ber-AC dan prosesnya cepat," kata Cahya.

Baca juga: Gerai SIM dibuka lagi, catat lokasinya berikut ini
Baca juga: Delapan Gerai SIM di pusat perbelanjaan Jakarta dibuka kembali Senin

Untuk mengurus perpanjangan SIM C untuk pengguna kendaraan motor roda dua, Cahya hanya menghabiskan waktu kurang lebih dua jam lamanya.

Saat tiba pukul 09.00 WIB, Cahya langsung mengambil nomor antrean dengan nomor 45. Setelah itu menunggu panggilan untuk mengisi formulir, cek kesehatan, membayar asuransi, dan menyerahkan foto kopi KTP beserta SIM yang lama sebagai syarat.

Untuk mengurus perpanjangan SIM, pemohon cukup membayar uang perpanjang SIM sebesar Rp75 ribu ditambah uang cek kesehatan Rp25 ribu serta asuransi Rp30 ribu, totalnya Rp130 ribu.

"Ngurus perpanjang SIM di gerai ini lebih efisien sih dari pada di kantor polisi, terus enggak panas, bisa sekalian belanja juga," katanya.

Menurut petugas, Gerai SIM Blok M Square dibuka dari hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Permohonan perpanjangan SIM dibatasi hanya 150 pemohon per hari. Sekitar pukul 12.00 WIB, gerai sudah tidak lagi menerima pemohon baru, hanya melayani pemohon yang sudah mengambil nomor antrean sebelum jam 12.00 WIB.

"Kalau layanan di sini hanya sampai jam 14.00 WIB, kalau yang agak lama ada Gandaria City, buka layanan sampai jam 18.00 WIB," kata petugas gerai tersebut.

Baca juga: Polisi segera operasikan gerai layanan SIM setelah mal buka
Baca juga: Polda Metro tutup gerai layanan SIM hingga 29 Mei antisipasi COVID-19

Tidak terjadi penumpukan pemohon SIM di Gerai Blok M Square. Selain itu pemohon juga menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan mengenakan masker.

Sebelum masuk ke Gerai SIM yang berada di Lantai 3A, pemohon terlebih dahulu diukur suhu tubuh oleh petugas keamanan mal di pintu masuk. Di area tersebut juga tersedia tempat cuci tangan yang menggunakan pedal.

Gerai Surat Surat Izin Mengemudi (SIM) di pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta kembali dibuka mulai Senin untuk melayani para pemohon perpanjangan SIM.

Sebanyak delapan Gerai SIM dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 melalui pembatasan jumlah pemohon sekitar 100 sampai 150 pemohon per hari.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.