Jangan dibuang, begini cara memanfaatkan kembali kosmetik kedaluwarsa

0
76

Jangan dibuang, begini cara memanfaatkan kembali kosmetik kedaluwarsa

Ilustrasi produk pewarna kuku (pixabay)
Jakarta (ANTARA) – Seluruh produk kosmetik memiliki umur simpan dan dapat menyebabkan infeksi kulit jika digunakan setelah tanggal kedaluwarsa.

Bila terlalu sayang untuk membuang produk-produk ini, Anda dapat memakai kembali kosmetik yang sudah kedaluwarsa tersebut untuk kegunaan lain yang tidak membahayakan kesehatan. Berikut adalah tujuh cara untuk menggunakan kembali kosmetik yang sudah kedaluwarsa.

1. Maskara
Maskara umumnya kedaluwarsa dalam tiga hingga enam bulan. Anda dapat menggunakan maskara yang kedaluwarsa untuk menutupi uban. Selain itu sikat maskara yang sudah dibersihkan dapat digunakan untuk merapikan alis.

Bahkan, Anda bisa membuat scrub bibir sendiri dengan menggunakan sikat maskara yang bersih. Cukup tuangkan beberapa tetes minyak esensial ke sikat maskara dan gosok bibir dengan lembut.

2. Eye shadow
Adalah bijaksana untuk mengganti eye shadow Anda setahun sekali dengan produk yang baru. Eye shadow lama bisa diubah menjadi cat kuku custom, hanya dengan mencampur bubuk eye shadow pilihan Anda dengan cat kuku bening.

Ilustrasi produk pewarna kuku (pixabay)

3. Face Tonner
Sebagian besar tonner kulit memiliki kadar alkohol yang tinggi. Maka ketika produk ini memasuki masa kedaluwarsa Anda dapat menggunakannya sebagai pembersih kaca, cermin, bahkan layar ponsel Anda.

4. Lip balm (pelembab bibir)
Pelembab bibir kesayangan Anda yang kedaluwarsa dapat dimanfaatkan untuk membantu menjaga kaki dari luka lecet, melembabkan kutikula kuku, hingga melancarkan ritsleting yang macet. Kandungan petroleum jelly pada pelembab bibir juga dapat digunakan untuk menjaga kulit sepatu tetap berkilau.

Ilustrasi produk kecantikan (pixabay)

5. Face oil
Face oil yang baru saja melampaui umur simpannya dapat Anda gunakan sebagai eksfoliator. Cukup campurkan face oil dengan gula atau bubuk kopi dan gunakan campuran ini untuk eksfoliasi tubuh.

6. Lipstik
Lipstik favorit Anda bisa berubah menjadi pelembab bibir berwarna. Panaskan lipstik Anda yang sudah kedaluwarsa supaya bakteri yang terdapat di dalamnya mati dan lipstik menjadi cair. Campur cairan lipstik tadi dengan vaseline atau petroleum jelly, maka jadilah pelembab bibir baru dengan warna pilihan Anda.

7. Parfum
Parfum yang kedaluwarsa dapat menyebabkan iritasi pada kulit penggunanya. Simpan wadah parfum dengan tutup terbuka di kamar mandi atau di ruang lainnya, ini akan berfungsi sebagai pewangi ruangan.

Baca juga: Cara mengetahui produk "makeup" yang kedaluwarsa

Baca juga: Kabar baik di rumah saja saat pandemi corona dan Ramadhan untuk kulit

Baca juga: Wabah corona, alat "make up" juga perlu disinfektan

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.