Wagub Papua salurkan bantuan sembako warga terdampak COVID-19

0
75

Wagub Papua salurkan bantuan sembako warga terdampak COVID-19

Pemprov Papua sangat mendukung program menanam lahan perkarangan

Jayapura (ANTARA) – Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menyalurkan bantuan pangan pemerintah provinsi Papua berupa kebutuhan pangan lokal dan sembilan bahan pokok untuk warga terdampak virus corona (COVID-19) di Kampung Yoka Kota Jayapura, Jumat.

Penyaluran sembako warga terdampak COVID-19 kampung Yoka sebanyak 566 kepala keluarga mendapat bantuan berupa beras, minyak goreng, telur ayam, biskuit, kopi jahe, sayur mayur, bawang merah, tomat serta pangan lokal seperti keladi, sagu dan ubi jalar.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengakui, penyaluran bantuan bahan pokok kepada warga terdampak COVID-19 merupakan program pemerintah yang telah berlangsung di beberapa lokasi kampung, panti asuhan, pondok pesantren dan organisasi panguyuban masyarakat Nusantara.

"Untuk hari ini Pemprov Papua telah menyiapkan bantuan sembako untuk ratusan kepala keluarga di Kampung Yoka, saya harapkan dengan pemberian bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban kebutuhan masyarakat selama masa pandemi COVID-19," harap Wagub Klemen Tinal.

Baca juga: Penuhi kebutuhan pokok, Puncak Jaya-Papua alokasikan dana Rp53 miliar
Baca juga: Kepedulian perempuan Papua cegah COVID-19

Ia mengakui, adanya wabah pandemi COVID-19 telah memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat orang asli Papua yang ada di kampung-kampung.

Wagub Klemen Tinal mengingatkan, dengan situasi pandemi COVID-19 warga Papua harus dapat memanfaatkan lahan di halaman rumah tinggal dengan menanam berbagai jenis pangan lokal seperti keladi, ubi jalar, sagu sebagai ketersediaan bahan makanan untuk kebutuhan keluarga.

Dengan menanam pangan lokal, menurut Wagub Klemen Tinal, tidak lagi warga bergantung dengan kebutuhan beras sebagai bahan makanan keseharian.

"Pemprov Papua sangat mendukung program menanam lahan perkarangan, ya ini menjadi salah satu upaya warga menjaga ketahanan pangan rumah tangga," ujarnya.

Baca juga: Polda-Organda Papua salurkan bantuan sembako untuk sopir
Baca juga: Tangani corona, Papua Barat salurkan makanan bagi mahasiswa-santri

Kepala kampung Yoka Antonius Mebri menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Papua yang sudah menyalurkan bantuan sosial sembako kepada warga kampung Yoka.

"Pemberian bantuan sembako sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan keluarga di tengah situasi pandemi COVID-19 ini," katanya.

Ikut mendampingi Wagub Klemen Tinal para pejabat organisasi perangkat daerah Pemprov Papua, Danrem 172/PWY Kolonel Inf Boni Christian Pardede, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga serta anggota Majelis Rakyat Papua (MRP).

Penyaluran bantuan sembako Pemprov Papua dilanjutkan di Kampung Yokiwa serta sekretariat organisasi Kerukunan keluarga Sulawesi Selatan di Entrop, Kota Jayapura.

Baca juga: Kapolda Papua salurkan bantuan di posko pandemi corona
Baca juga: Legislator Tolikara-Papua kawal langsung pendistribusian bansos

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.