Beranda Informasi Kopi Kenangan tak PHK karyawan, tapi siapkan dana untuk kebersihan

Kopi Kenangan tak PHK karyawan, tapi siapkan dana untuk kebersihan

Kopi Kenangan tak PHK karyawan, tapi siapkan dana untuk kebersihan

Jakarta (ANTARA) – Waralaba Kopi Kenangan menyikapi perubahan bisnis selama pandemi virus corona dengan tidak memecat karyawan mereka, tetapi menyiapkan dana untuk menjaga kebersihan dan keamanan karyawan maupun konsumen mereka.

"Kopi Kenangan sadar bahwa pandemi COVID-19 'memaksa' kita untuk beradaptasi dengan melakukan berbagai perubahan sekaligus mengubah cara hidup sehari-hari," kata CEO Edward Tirtanata, dalam keterangan pers.

Menghadapi krisis ini, Kopi Kenangan berkomitmen tidak akan melakukan PHK terhadap karyawan tetap dan barista di kedai tersebut. Komitmen tersebut juga dituangkan lewat surat terbuka berjudul "One Cup, One Customer, One Rupiah", yang disiarkan di jejaring sosial profesional Linkedin.

Pimpinan Kopi Kenangan juga berkomitmen hanya akan mengambil gaji Rp1 per bulan mulai Maret sampai krisis berakhir. Tidak disebutkan apakah keputusan mengambil gaji Rp1 juga dilakukan pemimpin lain dalam manajemen perusahaan tersebut.

Sisa gaji akan digunakan untuk mendukung karyawan yang terkena dampak perlambatan ekonomi akibat COVID-19.

Terkait dengan keberlangsungan operasional kedai, Kopi Kenangan mengucurkan dana total sebesar Rp15 miliar. Sebanyak Rp13 miliar dibelanjakan untuk mesin sterilisasi cairan pembersih tangan, termometer, sarung tangan dan masker non-medis untuk melindungi kesehatan barista dan konsumen kopi tersebut.

Sementara Rp2 miliar dialokasikan kepada mitra Kopi Kenangan.

Kopi Kenangan sejak Maret lalu memberlakukan pemeriksaan suhu untuk karyawan dan mitra pengiriman, serta kebijakan untuk mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, masker dan sarung tangan bagi pegawai.

Baca Juga :  RASIO SEDUH KOPI, PERHATIKAN TIPSNYA

Untuk sementara Kopi Kenangan tidak menyediakan tempat duduk di kedai mereka.

Kopi Kenangan secara berkala membersihkan kedai dengan disinfektan. Untuk layanan pesan antar, kedai tersebut menyegel produk untuk memastikan kebersihan.

Baca Juga :  Perubahan perilaku kera hitam Sulawesi

Selain itu Kopi Kenangan juga membuat program "Kopi Kenangan 50.000 cangkir kopi gratis" yang ditujukan untuk tenaga medis, dikirimkan ke rumah sakit yang menangani COVID-19.

Baca juga: Jay-Z dan Serena Williams suntikkan dana ke Kopi Kenangan

Baca juga: Alasan kopi susu digandrungi banyak orang

Baca juga: Pingin buka kedai kopi, lakukan langkah-langkah ini

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...