Beranda Informasi Kadin Jatim berencana bawa UMKM pameran di Belgia

Kadin Jatim berencana bawa UMKM pameran di Belgia

Kadin Jatim berencana bawa UMKM pameran di Belgia

Program kurasi seperti ini tujuan utamanya untuk seleksi kesiapan UMKM Jatim memasuki pasar Belgia

Surabaya (ANTARA) – Kamar dagang dan industri (Kadin) Jawa Timur berencana membawa pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari wilayah setempat ke Belgia, dalam rangkaian pameran dagang, yang bertujuan meningkatkan kinerja ekspor.

Wakil Ketua Umum Bidang Jaringan Usaha Antar Daerah, Kadin Jatim, Diar Kusuma Putra di Surabaya, Minggu, mengatakan rencana membawa pelaku UMKM ke Belgia itu adalah hasil kerja sama program Indonesia Hub di Antwerp Belgia.

Baca juga: Produk UMKM Kalbar ludes terjual saat pameran di Sarawak

Ia mengatakan program itu akan mengangkat produk UMKM Jawa Timur untuk memasuki pasar internasional, namun terlebih dahulu diseleksi melalui kurasi dari segi legalitas produk, kualitas, kandungan, kapasitas produksi dan kemasan produk.

"Program kurasi seperti ini tujuan utamanya untuk seleksi kesiapan UMKM Jatim memasuki pasar Belgia dan tentunya juga memberikan gambaran, wawasan dan mungkin membantu menyiapkan agar produk UMKM dapat memenuhi standar pasar Eropa pada umumnya," kata Diar.

Ketua Komite Bilateral untuk Negara Benelux Kadin Indonesia, Irwan M Habsjah mengatakan program ini digagas Kadin Indonesia, dan akan dilaksanakan setahun penuh dari Juni 2020 hingga Juni 2021 dengan menyewa gedung di Belgia.

Baca juga: BI Kalbar gelar pameran produk UMKM dan ekonomi syariah

"Total nantinya ada 35 UMKM dari seluruh Indonesia yang akan kami bawa ke Belgia untuk melakukan pameran dari Juni 2020 hingga Juni 2021. Nah, di Jatim ini kami berharap ada banyak UMKM yang lulus dan ikut pameran. Pameran ini jauh lebih lama dibanding tahun lalu yang hanya 4 bulan dengan jumlah peserta sekitar 22 UMKM," katanya.

Baca Juga :  Kopi lanang Temanggung diminati masyarakat
Baca Juga :  Kapolres Aceh Barat berjanji usut tuntas pemukulan wartawan Antara

Sebelum berangkat, kata dia, sejumlah UMKM akan diseleksi oleh tiga tim dari Kadin Indonesia, dan menilai kelayakan dari beberapa poin yang menjadi acuan dalam penilaian, di antaranya produk yang sudah memenuhi persyaratan perizinan, BPOM, proses produksi dan lain sebagainya.

Baca juga: Dekranasda Jatim buka pasar Eropa melalui kolaborasi

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja ekspor UMKM ke Belgia. Karena sejauh ini, ekspor ke Belgia hanya dilakukan oleh perusahaan garmen dan alas kaki besar, sementara UMKM belum ada ekspor ke sana. Selain itu kami juga mengenalkan pariwisata Indonesia," katanya.

Sementara itu, beberapa produk UMKM Jatim yang dinilai sangat potensial untuk diekspor ke Belgia adalah produk fesyen, kosmetik, kopi serta makanan ringan seperti keripik.

"Sebenarnya produk UMKM kita sudah bagus, yang harus ditingkatkan adalah kuantitas dan kontinuitas produksi serta kualitasnya," katanya.

Baca juga: Kadin Jatim dan Belanda lanjutkan pendampingan peternak di Pasuruan
 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...