Beranda Informasi Tujuh kebiasaan ini ganggu kualitas tidur

Tujuh kebiasaan ini ganggu kualitas tidur

Tujuh kebiasaan ini ganggu kualitas tidur

Jakarta (ANTARA) – Rata-rata orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap hari, namun kebiasaan dan gaya hidup dapat mengganggunya.

Menurut National Institute For Health, gangguan tidur dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan fisik dan mental. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kualitas tidur dilansir Boldsky, Jumat.

1. Makan malam terlambat
Jika Anda makan malam setelah jam 10 malam, itu akan memengaruhi Anda. Penting bagi Anda untuk berusaha agar tidak makan malam setelah jam 10 malam.

2. Makan jeruk di malam hari
Jika Anda makan jeruk atau grapefruit di malam hari, itu bukan ide yang baik. Sebab buah jeruk dapat menyebabkan mulas dan akan membuat Anda gelisah saat tidur.

3. Tidur dengan perut kosong
Tidur dengan perut kosong atau perut kenyang sebelum tidur dapat memengaruhi tidur Anda. Makan terlalu banyak saat makan malam juga tidak akan membuat Anda nyenyak. Tunggulah hingga dua atau tiga jam setelah makan malam untuk tidur.

4. Bermain ponsel di tempat tidur
Cahaya yang keluar dari ponsel Anda memengaruhi ritme sirkadian tubuh dan merangsang produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Ini menyebabkan hambatan dalam tidur.

5. Berolahraga sebelum tidur
Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat Anda langsung tertidur. Tetapi, jika Anda berolahraga sesaat sebelum tidur, itu akan memengaruhi tidur dan membuat Anda tidak nyenyak. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari.

Baca Juga :  UPAYA SEDUH KOPI YANG ENAK, INILAH RAHASIANYA

6. Mencuci wajah dengan air dingin
Mencuci wajah dengan air dingin sebelum tidur dapat memengaruhi tidur. Sebab air dingin merangsang tubuh melepaskan energi untuk membuat tetap terjaga. Jadi, basuhlah wajah dengan air hangat sebelum tidur.

Baca Juga :  JANGAN SALAH MODEL SEDUH KOPI BUBUK BERSAMA KAWAN

7. Kopi
Minum kopi sebelum tidur dapat mempengaruhi tidur. Kandungan kafein dalam kopi bekerja sebagai stimulan yang meningkatkan kewaspadaan, yang dapat mengganggu tidur Anda. Jadi, alih-alih minum kopi, Anda bisa makan cokelat.

Baca juga: Gangguan tidur yang tidak boleh diabaikan

Baca juga: Tahun ini Hari Tidur Sedunia jatuh pada 13 Maret

Baca juga: Yuki Kato wajibkan pelembap sebelum tidur

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Tol Sibanceh dan harapan pertumbuhan ekonomi Aceh

Tol Sibanceh dan harapan pertumbuhan ekonomi Aceh Memang sudah waktunya mulai menjadikan daerah-daerah Sumatera, termasuk Aceh, sebagai gerbang arus investasi dan logistik nasionalJakarta (ANTARA)...

Indef: Tol pertama di Aceh, momentum pemda pacu pertumbuhan ekonomi

Indef: Tol pertama di Aceh, momentum pemda pacu pertumbuhan ekonomi Keberadaan jalan tol di daerah diperlukan bukan dalam konteks mengatasi kemacetan, melainkan lebih kepada...

Warga Gunungsitoli panik akibat gempa magnitudo 5,0

Warga Gunungsitoli panik akibat gempa magnitudo 5,0 teman teman saya banyak yang lari keluar, takut bangunan permanen lantai dua tempat kami minum kopi ambrukGunungsitoli...

Perpanjang masa berlaku SIM di empat lokasi berikut

Perpanjang masa berlaku SIM di empat lokasi berikut Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyediakan empat lokasi layanan perpanjangan masa berlaku...

EXO-SC rilis video "Telephone" jelang "comeback" 13 Juli

EXO-SC rilis video "Telephone" jelang "comeback" 13 Juli Jakarta (ANTARA) - EXO-SC, sub unit grup idola K-pop EXO meluncurkan video musik "Telephone" yang berkolaborasi...