Beranda Informasi Tujuh kebiasaan ini ganggu kualitas tidur

Tujuh kebiasaan ini ganggu kualitas tidur

Tujuh kebiasaan ini ganggu kualitas tidur

Jakarta (ANTARA) – Rata-rata orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap hari, namun kebiasaan dan gaya hidup dapat mengganggunya.

Menurut National Institute For Health, gangguan tidur dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan fisik dan mental. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kualitas tidur dilansir Boldsky, Jumat.

1. Makan malam terlambat
Jika Anda makan malam setelah jam 10 malam, itu akan memengaruhi Anda. Penting bagi Anda untuk berusaha agar tidak makan malam setelah jam 10 malam.

2. Makan jeruk di malam hari
Jika Anda makan jeruk atau grapefruit di malam hari, itu bukan ide yang baik. Sebab buah jeruk dapat menyebabkan mulas dan akan membuat Anda gelisah saat tidur.

3. Tidur dengan perut kosong
Tidur dengan perut kosong atau perut kenyang sebelum tidur dapat memengaruhi tidur Anda. Makan terlalu banyak saat makan malam juga tidak akan membuat Anda nyenyak. Tunggulah hingga dua atau tiga jam setelah makan malam untuk tidur.

4. Bermain ponsel di tempat tidur
Cahaya yang keluar dari ponsel Anda memengaruhi ritme sirkadian tubuh dan merangsang produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Ini menyebabkan hambatan dalam tidur.

5. Berolahraga sebelum tidur
Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat Anda langsung tertidur. Tetapi, jika Anda berolahraga sesaat sebelum tidur, itu akan memengaruhi tidur dan membuat Anda tidak nyenyak. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari.

Baca Juga :  METODE SEDUH KOPI LUWAK, PERHATIKAN TIPSNYA

6. Mencuci wajah dengan air dingin
Mencuci wajah dengan air dingin sebelum tidur dapat memengaruhi tidur. Sebab air dingin merangsang tubuh melepaskan energi untuk membuat tetap terjaga. Jadi, basuhlah wajah dengan air hangat sebelum tidur.

Baca Juga :  METODE SEDUH KOPI LUWAK, PERHATIKAN TIPSNYA

7. Kopi
Minum kopi sebelum tidur dapat mempengaruhi tidur. Kandungan kafein dalam kopi bekerja sebagai stimulan yang meningkatkan kewaspadaan, yang dapat mengganggu tidur Anda. Jadi, alih-alih minum kopi, Anda bisa makan cokelat.

Baca juga: Gangguan tidur yang tidak boleh diabaikan

Baca juga: Tahun ini Hari Tidur Sedunia jatuh pada 13 Maret

Baca juga: Yuki Kato wajibkan pelembap sebelum tidur

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

RAGAM VARIETAS BIJI KOPI DI DUNIA

Jika Anda pengagum kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri kala Anda sanggup nikmati seduhan kopi dari begitu banyak ragam biji kopi yang tumbuh di...

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...