Minum kopi pagi hari bisa tingkatkan kreativitas?

0
112

Minum kopi pagi hari bisa tingkatkan kreativitas?

Jakarta (ANTARA) – Secangkir kopi di pagi hari bisa membantu Anda fokus, terampil memecahkan masalah, tetapi tidak berpengaruh untuk kreativitas Anda, menurut sebuah studi dalam jurnal Consciousness and Cognition edisi Maret.

Untuk sampai pada temuan ini, Darya Zabelina, asisten profesor psikologi di University of Arkansas dan tim mempelajari efek kafein pada 80 orang sukarelawan.

Mereka memberi para sukarelawan ini pil kafein 200 miligram (mg) – setara dengan satu cangkir kopi kental – atau plasebo.

Baca juga: Tips konsumsi kopi untuk pelaku diet "keto"

Baca juga: Kopi versus teh, benarkah punya manfaat gizi sama?

Hasil studi menunjukkan, kafein meningkatkan pemikiran konvergen atau berhubungan dengan pemecahan masalah tetapi tidak berdampak nyata pada pemikiran divergen yakni berhubungan dengan kreativitas.

Para peneliti juga menemukan, kafein tidak secara signifikan memengaruhi memori kerja, tetapi tampaknya memengaruhi suasana hati – mereka yang meminumnya melaporkan lebih sedikit merasa sedih.

"200 mg kafein meningkatkan pemecahan masalah secara signifikan, tetapi tidak berpengaruh pada pemikiran kreatif," kata Zabelina seperti dilansir WebMD.

Baca juga: Kopi hijau punya lebih banyak manfaat kesehatan

Baca juga: Benarkah minum kopi bisa memperpanjang usia?

Baca juga: Manfaat dan efek kopi jamur

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.