Beranda Informasi Babel tuan rumah Festival Olahraga Tradisional Nasional

Babel tuan rumah Festival Olahraga Tradisional Nasional

Babel tuan rumah Festival Olahraga Tradisional Nasional

Manggar (ANTARA) – Kementerian Pemuda dan Olahraga menetapkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai tuan rumah Festival Olahraga Tradisional (FOT) tingkat Nasional pada Agustus 2020 di Belitung Timur, sehingga dapat meningkatkan sport tourism di negeri 1001 kopi itu.

"Pada Agustus tahun ini, Belitung Timur akan dikunjungi ribuan peserta FOT nasional sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Babel, Soharto saat pembukaan FOT tingkat Provinsi Kepulauan Babel di Manggar, Selasa.

Ia mengatakan festival olahraga tradisional ini selain untuk menumbuhkan kembali minat anak-anak khususnya pelajar untuk bermain permainan tradisional juga sebagai persiapan pemerintah daerah dalam menghadapi FOT nasional nanti.

Baca juga: Banten juara umum Pekan Olahraga Tradisional Nasional 2019 di Bantul

"Saat ini minat anak-anak pelajar untuk berolahraga atau permainan tradisional sudah berkurang dan mereka lebih menyukai permainan yang bersifat teknologi," ujarnya.

Menurut dia olahraga tradisional Indonesia khususnya Babel ini sangat banyak sekali dimulai terompah panjang, gasing, bakiak, kereta sorong, pencak silat dan diharapkan melalui FOT ini dapat mengangkat olahraga tradisional ini kembali menjadi prestasi dan dikenal dunia internasional.

"Saat ini olahraga dan permainan tradisional semakin punah, karena perkembangan teknologi. Oleh karena itu, pemerintah daerah dengan Kemenpora terus berupaya olahraga tradisional hilang dan punah di masyarakat," katanya.

Ia menambahkan berdasarkan data sekitar 72 persen anak berusia 18 tahun ke atas sudah memegang gadget, handphone, artinya yang bergerak jari, bukan badan.

Baca Juga :  INILAH LIMAKOPI YANG TERSOHOR DI DUNIA

Baca juga: Kemenpora harap olahraga tradisional dipertandingkan di PON

"Kita terus berupaya agar generasi ini kembali mencintai olahraga tradisional ini. Olahraga ini bukan hanya mengejar prestasi, sekaligus menghidupkan kembali olahraga asli rakyat Indonesia," katanya.

Baca Juga :  BEBERAPA KOPI PETA DUNIA

Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah merasa senang dan bangga berada di tengah generasi muda pewaris seni budaya bangsa, karena mereka merupakan generasi penerus yang akan menjaga, memelihara, mewarisi, dan meneruskan warisan seni dan budaya, salah satunya dengan melalui FOT.

"Warisan budaya ini harus dijaga dan dilestarikan secara terus menerus. Oleh sebab itu, tunjukkan segala kemampuan dan kelebihan budaya yang dimiliki setiap daerah masing-masing," katanya.
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Sejauh Mata Memandang dukung Jakarta bebas plastik sekali pakai

Sejauh Mata Memandang dukung Jakarta bebas plastik sekali pakai Jakarta (ANTARA) - Brand Sejauh Mata Memandang turut mendukung Jakarta Bebas Kantong Plastik Sekali Pakai...

Dua pekan lagi WHO dapatkan hasil awal uji coba obat COVID-19

Dua pekan lagi WHO dapatkan hasil awal uji coba obat COVID-19 Jenewa (ANTARA) - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) harus segera mendapatkan hasil uji klinis...

PPI gandeng UMKM, petani dan nelayan sebagai mitra percepatan ekspor

PPI gandeng UMKM, petani dan nelayan sebagai mitra percepatan ekspor Kemitraan dengan petani, nelayan, dan UMKM, merupakan pola sumber suplai dalam percepatan ekspor PPIJakarta...

Kemarin, kasus asusila hingga demo PPDB di Jakarta

Kemarin, kasus asusila hingga demo PPDB di Jakarta Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di wilayah Jakarta terjadi pada Jumat (3/7) disiarkan Antara dan mungkin...

UPDATE TERBARU KOPI YANG TERPOPULER DI DUNIA

Bicara tentang kopi, minuman ini tetap dapat menghadirkan melankoli tersendiri bagi siapa saja, lebih-lebih bagi para pecinta puisi dan diksi. Kopi seolah punya...