Beranda Informasi Kemendag patok ekspor tumbuh 5,2 persen 2020

Kemendag patok ekspor tumbuh 5,2 persen 2020

Kemendag patok ekspor tumbuh 5,2 persen 2020

Indonesia menghadapi ketidakpastian perekonomian global dan merebaknya wabah COVID-19 pada awal tahun 2020

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perdagangan mematok target pertumbuhan ekspor nonmigas selama 2020 sebesar 5,2 persen, di mana target tersebut ditetapkan dengan mempertimbangkan kondisi perdagangan global.

“Pada 2020, Indonesia menghadapi ketidakpastian perekonomian global dan merebaknya wabah COVID-19 pada awal tahun 2020 sehingga diprediksi akan mempengaruhi kinerja ekspor dan impor produk nonmigas Indonesia ke depan,” kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Bidik industri tumbuh 8 persen, Kemenperin genjot investasi dan ekspor

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan penetapan target pertumbuhan ekspor nonmigas tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang telah ditetapkan. 

Pada RPJMN ini ditetapkan beberapa target, yakni pertama, target neraca perdagangan pada 2020 surplus sebesar 0,3 miliar dolar AS dan meningkat menjadi 15 miliar pada 2024.

Kedua, ekspor barang dan jasa tahun 2020 tumbuh 3,9 persen menjadi sebesar 213,9 miliar dolar AS dan pada 2024 tumbuh 6,2 persen menjadi 261,7 miliar dolar AS.

Baca juga: Gara-gara Corona, pertumbuhan ekspor industri kerajinan direvisi

Ketiga, ekspor nonmigas pada 2024 tumbuh sebesar 9,8 persen atau sebesar 221,4 miliar dolar AS.

Keempat, kerja sama dagang berupa PTA/FTA/CEPA yang disepakati, yaitu menjadi 20 kesepakatan pada 2020 dari 14 kesepakatan yang telah terealisasi sampai dengan tahun 2019. Kelima, inflasi pangan ditargetkan sebesar 3,2 +1 pada tahun 2020.

Baca Juga :  Mendag targetkan perjanjian dagang pasar nontradisional rampung 2020

“Di tengah kondisi ekonomi global yang penuh tantangan, Kemendag tetap optimistis target ekspor nonmigas 2020 dapat tercapai. Untuk itu, Kemendag akan bekerja lebih keras lagi dan tidak normatif serta menjaga implementasi kebijakan impor dilakukan secara lebih selektif untuk tujuan penguatan industri nasional dan ekspor,” tegas Agus.

Baca Juga :  Syukuran panen kopi Bumi Phala

Baca juga: Mentan targetkan pertumbuhan ekspor komoditas kopi hingga vanili

Selanjutnya, disampaikan juga beberapa yang hal dapat mempengaruhi perekonomian global antara lain, pertama, perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok, resesi ekonomi dan meningkatnya tensi geopolitik yang menyebabkan perekonomian dunia mengalami pertumbuhan terendah sejak krisis keuangan, yakni sebesar 2,9 persen pada 2019.

Kedua, merebaknya virus corona atau COVID-19 menambah ketidakpastian perekonomian global. Hal ini mengakibatkan turunnya pertumbuhan ekonomi global hingga terkoreksi 0,3-0,6 persen.

Baca juga: Imbas Covid-19, kinerja ekspor RI lebih baik dari impor

 

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

RAGAM VARIETAS BIJI KOPI DI DUNIA

Jika Anda pengagum kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri kala Anda sanggup nikmati seduhan kopi dari begitu banyak ragam biji kopi yang tumbuh di...

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...