Beranda Informasi Polisi temukan 6 selongsong peluru di lokasi penembakan KKB

Polisi temukan 6 selongsong peluru di lokasi penembakan KKB

Polisi temukan 6 selongsong peluru di lokasi penembakan KKB

Indikasinya ada dua titik yang diperkirakan menjadi sasaran penembakan oleh KKB yaitu di dua mobil (bus) karyawan saat melintas di Mile 53. Pelaku menunggu di jalur lintasan bus kemudian menembak dari posisi ketinggian

Timika (ANTARA) – Tim Satgas Khusus Polri menemukan enam selongsong peluru kaliber 5,56 mili meter dan 13 butir peluru tidak terpakai di lokasi penembakan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Mile 53 area PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata di Timika, Selasa, mengatakan selongsong peluru itu ditemukan saat Tim Satgas Khusus Polri menggelar olah tempat kejadian perkara pada Senin (13/1) petang.

Tim Satgas Khusus Polri juga telah mengidentifikasi dua bus karyawan PT Freeport yang menjadi sasaran penembakan oleh KKB pada Senin (13/1) pagi itu. Pada kedua bus karyawan Freeport tersebut, ditemukan enam bekas tembakan senjata api.

Baca juga: Kapolda: KKB pimpinan JB tembaki konvoi bus PT. Freeport di Mile 53

"Indikasinya ada dua titik yang diperkirakan menjadi sasaran penembakan oleh KKB yaitu di dua mobil (bus) karyawan saat melintas di Mile 53. Pelaku menunggu di jalur lintasan bus kemudian menembak dari posisi ketinggian," tutur AKBP Era Adhinata.

Enam selongsong peluru dan 13 peluru yang tidak terpakai ditemukan di lokasi diduga pelaku berada saat membidik sasaran (bus karyawan) Freeport.

Ada pun 13 butir peluru yang tidak terpakai terdiri atas sembilan butir berkaliber 5,56 mili meter dan dua butir berkaliber 7,62 mili meter.

Baca Juga :  MINUMAN KOPI NIKMAT DARI BIJI KOPI YANG PALING ENAK

Baca juga: Kapolda Papua jenguk anggota Brimob tertembak KKB

Usai melakukan aksinya, KKB ditengarai langsung turun ke tebing terjal kemudian menyeberang ke Kali Tabo untuk menghindari kejaran oleh aparat keamanan. Kapolres mengatakan jajarannya terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Baca Juga :  MINUMAN KOPI NIKMAT DARI BIJI KOPI YANG PALING ENAK

Polisi juga terus melakukan koordinasi dengan manajemen PT Freeport agar mewajibkan seluruh kendaraan yang melintas di ruas jalan poros tambang yang menghubungkan Timika menuju Tembagapura menggunakan fasilitas antipeluru (armor).

Pihak kepolisian telah mendeteksi aksi teror penembakan di Mile 53 ruas jalan poros Timika-Tembagapura itu didalangi oleh KKB Kali Kopi pimpinan Joni Botak.

"Kelompok ini biasanya setelah melakukan aksi kemudian melarikan diri ke medan berat dengan tujuan menghambat gerak aparat masuk ke area itu. Di lokasi itu ada beberapa titik terbuka, itu bisa membahayakan personel kita," ujar AKBP Era Adhinata.

Pada Senin (13/1) pagi sekitar pukul 08.42 WIT, konvoi kendaraan PT Freeport diberondong tembakan oleh KKB di sekitar Mile 53, ruas jalan poros yang menghubungkan Timika menuju Tembagapura.

Berondongan tembakan itu mengenai dua unit kendaraan bus pengangkut karyawan, masing-masing bus bernomor lambung 140487 dan 140419.

Baca juga: KKB tembak anggota Brimob saat kurvey di Kenyam Papua

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Mendag: Kemendag-Kemenhan jajaki imbal dagang dengan sejumlah negara

Mendag: Kemendag-Kemenhan jajaki imbal dagang dengan sejumlah negara Tujuan imbal dagang adalah untuk menyeimbangkan neraca perdagangan antara Indonesia dengan negara mitra dagang, sehingga bisa...

Hakim "kopi sianida" bersaing menjadi calon komisioner KY

Hakim "kopi sianida" bersaing menjadi calon komisioner KY Jakarta (ANTARA) - Proses seleksi calon anggota Komisi Yudisial (KY) menyisakan 55 kandidat yang lolos seleksi...

NTB segera luncurkan program stimulus untuk UMKM

NTB segera luncurkan program stimulus untuk UMKM Program ini merupakan kelanjutan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang yang diinisiasi untuk menjaga produksi UMKM pada ...

Di tengah pandemi, ekspor Indonesia ke Swiss melonjak

Di tengah pandemi, ekspor Indonesia ke Swiss melonjak London (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyatakan nilai ekspor Indonesia ke negara itu...

BKPM harap Mal Pelayanan Publik Sulawesi Tengah jadi contoh

BKPM harap Mal Pelayanan Publik Sulawesi Tengah jadi contoh Kalau ada gubernur, bupati yang menghalangi investasi, sanksinya adalah dana transfer daerah bisa dikurangi atau...