Beranda Informasi Menperin lepas bantuan bencana korban banjir di Lebak

Menperin lepas bantuan bencana korban banjir di Lebak

Menperin lepas bantuan bencana korban banjir di Lebak

Truk pembawa bantuan untuk korban banjir Lebak, Banten, dari Kementerian Perindustrian. (ANTARA/ Sella Panduarsa Gareta)

Bencana ke depan diprediksi masih akan terjadi. Oleh karena itu, kita harus tetap siap dan siaga

Jakarta (ANTARA) – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melepas bantuan bencana untuk korban banjir di Lebak, Banten, yang dikirim dengan lima truk berukuran besar, yang berasal dari berbagai sektor di Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan masyarakat industri senilai Rp500 juta.

“Kontribusi bantuan dari industri ini merupakan paket bantuan lanjutan yang sudah dilakukan Kemenperin melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) dengan mengganti mesin dan peralatan IKM korban banjir sebesar 100 persen,” kata Menperin di Jakarta, Senin.

Mantan Menteri Sosial ini juga menyampaikan agar pelaku IKM maupun masyarakat tetap perlu mewaspadai adanya kemungkinan banjir susulan yang akan melanda, mengingat laporan dari berbagai lembaga yang menyatakan bahwa curah hujan masih tinggi di berbagai wilayah.

Truk pembawa bantuan untuk korban banjir Lebak, Banten, dari Kementerian Perindustrian. (ANTARA/ Sella Panduarsa Gareta)

“Bencana ke depan diprediksi masih akan terjadi. Oleh karena itu, kita harus tetap siap dan siaga,” tukas Menperin.

Menurut Agus, Kemenperin akan terus melakukan pendataan terkait IKM yang menjadi korban banjir sehingga tidak mampu melakukan produksi,  melalui dinas perindustrian setempat.

“Kami tidak bisa mengatakan berapa anggarannya, karena ini tergantung dengan jumlah IKM yang menjadi korban banjir. Kami akan ganti bukan 50 persen atau 60 persen, tapi 100 persen untuk mesin dan peralatan,” ujar Agus.

Baca Juga :  ADAKAH RESEP SEDUH KOPI ENAK DI RUMAH

Sekretaris Jenderal Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono menyampaikan bantuan yang diberikan tersebut disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Baca Juga :  Lokasi perpanjangan SIM di Jakarta, Rabu ini

“Adapun bantuan yang diberikan berupa sarden, biskuit, mie instan, air mineral, kopi, beras, alas kaki, pembersih lantai dan sebagainya,” ujar Sigit.

Sigit berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban para korban serta bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Baca juga: IRT korban banjir Tangerang bakal dapat bantuan dari Kemenperin

Baca juga: Kemenperin beri bantuan mesin dan peralatan untuk IKM korban banjir

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Yakin ekspor naik, Kemendag: Produk makanan minuman dibutuhkan dunia

Yakin ekspor naik, Kemendag: Produk makanan minuman dibutuhkan dunia Produk makanan dan minuman sangat dibutuhkan duniaJakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) optimistis dapat meningkatkan...

MARI MEMBACA KOPI TERKUAT DI DUNIA

Pembaca Sekalian, anda senang minum kopi? Sudah paham jenis-jenis biji kopi yang populer di dunia? Kalau kamu pencinta kopi, yuk cari mengerti kopi...

Ekspor timah ke Singapura anjlok pada semester I 2020

Ekspor timah ke Singapura anjlok pada semester I 2020 Jika dibanding Januari-Juni 2019, ekspor timah ke Singapura pada tahun ini turun sekitar 71,01 persenPangkalpinang...

TNI di Mamuju bagikan 1.000 masker di pasar tradisional

TNI di Mamuju bagikan 1.000 masker di pasar tradisional Mamuju (ANTARA) - Kodim 1418 Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat membagikan 1.000 masker kepada para...

Waspada, Trans Sulawesi poros Taweli-Toboli rawan longsor

Waspada, Trans Sulawesi poros Taweli-Toboli rawan longsor Di sepanjang ruas jalan nasional itu sering terjadi tabrakan dan juga tanah longsorPalu (ANTARA) - Jajaran Dinas...