DEMIKIAN INI SEDUH KOPI SENDIRI

0
100

Ada sahabat Kopi Dunia yang bertanya, berapa sih takaran kopi hitam dan gula yang pas agar nikmat rasanya ? Kita juga sekiranya bikin secangkir kopi, kesudahannya kadang terlalu manis, kadang juga terlalu pahit.Dan pada kans ini Kopidunia akan sharing bagaimana cara memastikan atau memegang takaran gula dan kopi supaya kopi yang dihasilkannya terasa sedap dan segar.DEMIKIAN INI SEDUH KOPI SENDIRI Memang untuk mempertimbangkan rasa, pastilah seluruh orang akan punya anggapan yang masing-masing berbeda, karena rasa itu bersifat tidak absolut. Membahas perihal rasa kopi yang sedap dan segar juga tergantung terhadap orang yang bersangkutan, enak atau tidaknya itu tergantung selera masing-masing. Dapat jadi berdasarkan Kopidunia kopi ini nikmat, tapi berdasarkan Anda tak enak.

Benarlah banyak orang yang merasa heran, mengapa para pecinta kopi bisa mengatakan kopi itu enak, sedangkan sebagian yang lainnya merasa bahwa kopi ini rasanya umumnya dan ada yang mengatakan bahwa kopi itu pahit, sehingga mereka tidak menyukainya. Melainkan mungkin anda dapat mencoba sistem meracik kopi yang benar dengan mengamati sebagian unsur dibawah ini. Simak uraian dibawah.

DEMIKIAN INI SEDUH KOPI SENDIRI

Guna menyeduh secangkir kopi nikmat, Anda hanya membutuhkan sebagian alat sederhana dan tahu teknik dasar membuat kopi. Satu cangkir sekitar ±200cc air panas, lebih baik pakai air yang baru dimasak bukan air panas simpenan di termos. Profit buat kopi sendiri, Anda tidak perlu menghabiskan uang lebih agar menikmati kopi di coffee shop istimewa atau membeli alat kopi dan alat pelumat biji kopi yang nilai belinya tidak murah.

Pelaksanaan pemilihan ketika pembelian

1. Suhu air yang akan disiramkan ke dalam bubuk kopi

Agar bisa mengeluarkan aroma kopi, maka diperlukan suhu air yang sangat panas ialah sekitar 90°-100° C (mendidih). Sekiranya anda membuat kopi menggunakan air yang panasnya kurang dari 90° C maka aroma kopi tak keluar secara maksimal, kopi tidak akan tercampur rata dengan air sehingga akan mengambang di permukaan. Bila diminum rasanya akan hambar, dan dapat mengakibatkan perut mulas. Orang sunda ngomong, nyeduh air kopi menggunakan air yang kurang panas katanya “Baleuy”. Sehingga hindari menyeduh kopi dengan air dalam teko yang sudah lama.

2. Komposisi atau takaran antara gula dan kopi

Ukuran antara kopi dan gula pada sebagian orang mungkin berbeda tergantung selera, ada yang suka agak manis, agak pahit. Atau yang lebih ekstrim yakni rasa kopi yang benar-banar pahit, rasa kopi ini biasanya digemari oleh para sopir yang sedang dalam perjalanan jauh untuk menghindari kantuk.

Namun di sini Kopidunia akan memberikan tips supaya rasa kopi dapat diterima oleh kalangan manapun. Gelas yang digunakan yakni gelas atau Cangkir keramik ukuran standar, kaprah-kira 200 ml. Seandainya anda memakai sendok makan untuk menakar gula dan kopi karenanya komposisi yang ideal merupakan satu sendok makan kopi dicampur dengan satu seperempat sendok makan gula pasir. Melainkan jika anda menerapkan sendok teh, maka komposisi yang tepat yaitu dengan mencampurkan dua sendok teh kopi dicampur dengan tiga sendok teh gula putih.

3. Wadah kopi

Persiapan yang terakhir ini, hanyalah untuk tampilan saja, bukan masalah yang utama. Terkadang penampilan bisa menaikkan selera nyeruput kopi. Untuk sebagian penggemar kopi lebih menyukai Cangkir keramik atau Mug sebagai media kopi seduhya. Kecuali itu dengan memakai cangkir keramik, temperatur panas dapat dipertahankan sedikit lebih lama serta memudahkan penikmat kopi dikala akan menikmati kopinya tanpa kepanasan dikala mengendalikan cangkir.

Urutan yang benar ketika menyeduh kopi hitam:
Didihkan air sampai 90°-100° C (mendidih)

Sambil menunggu air mendidih, tuang kopi dan gula ke dalam cangkir keramik dengan komposisi yang terpat, seperti yang sudah diterangkan di atas.
Sesudah air mendidih, langsung tuang ke dalam cangkir keramik, aduk-aduk sampai rata, sajikan.

Demikianlah DEMIKIAN INI SEDUH KOPI SENDIRI, harapannya bisa membuat wawasan kita baik untuk pribadi maupun sebagai usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.