Beranda Informasi Mampukah minum kopi turunkan risiko demensia?

Mampukah minum kopi turunkan risiko demensia?

Mampukah minum kopi turunkan risiko demensia?

Jakarta (ANTARA) – Selama ini kopi dikenal mampu menjaga anda tetap terjaga, terutama di masa sibuk. Sekarang, ada alasan baru lagi Anda membutuhkan minuman berkafein ini, yakni demi membantu mengurangi risiko terkena penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Sebuah studi seperti dilansir Medical Daily menunjukkan, konsumsi kopi hingga lima cangkir per hari bisa membantu mencegah perkembangan kondisi yang mengarah pada demensia.

"Ada beberapa studi yang menemukan hubungan antara konsumsi kopi dan perlambatan munculnya Alzheimer," ujar ahli gizi terdaftar sekaligus penulis "The Small Change Diet", Keri Gans dilansir Medical Daily..

Baca juga: Kopi celup Pringsewu inovasi minum kopi seduh praktis nan kekinian

Baca juga: "Ngopi" jadi gaya hidup, berapa gelas idealnya sehari?

Peneliti menemukan, kandungan dalam kopi salah satunya fenilindan, menjanjikan untuk dikembangkan sebagai obat untuk mengobati gangguan neurodegeneratif.

Namun, Gans mencatat perlu lebih banyak penelitian untuk sepenuhnya memahami bagaimana kopi bekerja untuk mencegah demensia.

Selain melindungi ingatan terhadap kondisi neurodegeneratif, banyak penelitian menunjukkan minum kopi juga bisa membantu menghindari penyakit lain, seperti penyakit jantung, Parkinson, kanker tertentu dan diabetes tipe 2.

Studi pada 2016 memperlihatkan, kopi berhubungan dengan risiko kanker usus yang lebih rendah pada lebih dari 5.000 pria.

Temuan terbaru pada 2019 juga menunjukkan zat yang biasa ditemukan dalam kopi, termasuk cafestol dan kahweol asetat, bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat.

Sebuah studi pada tahun 2015 menunjukkan, cafestol dan asam caffeic dalam kopi juga dapat membantu memperbaiki kadar gula darah. Asupan dua bahan ini meningkatkan sekresi insulin ketika glukosa ditambahkan.

Baca Juga :  BELAJAR CARA SEDUH KOPI YANG BAIK DI RUMAH

Baca juga: Minum kopi setiap jam sehari? Ini kata pakar

Baca Juga :  Laporan dari Kuala Lumpur

Baca juga: Ingin minum kopi lebih dari secangkir saat Ramadhan? Begini kiatnya

Baca juga: Waktu terbaik dan aman minum kopi saat Ramadhan

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...