Cara kembalikan energi usai begadang tahun baru

0
94

Cara kembalikan energi usai begadang tahun baru

Jakarta (ANTARA) – Anda yang termasuk kurang tidur karena begadang di malam pergantian tahun, semalam? Jika ya, kemungkinan Anda mengalami rasa lelah atau sakit kepala pada hari ini.

Tidur panjang pada pagi hari usai begadang semalam untuk mengganti waktu kurang tidur tampaknya tak akan banyak membantu mengembalikan energi. Lalu apa yang bisa Anda lakukan?

Berikut tipsnya seperti dihimpun dari berbagai sumber:

1. Segera bangun sesuai jadwal

Ahli neurologi dari Charlottesville Neurology and Sleep Medicine di Virginia, Dr. Chris Winter, seperti dilansir Insider mengatakan mencoba konsisten bangun di waktu yang sama penting ketimbang tidur hingga siang hari, karena bisa menyebabkan lebih banyak masalah.

2. Coba konsumsi kafein

Secangkir atau dua cangkir kopi di pagi hari bisa membantu Anda tetap fungsional menghadapi hari. Namun, jangan berlebihan mengonsumsi kafein saat kondisi Anda kurang tidur, karena bisa mengacaukan jadwal tidur. Kebanyakan orang membutuhkan sekitar 100-200 miligram kafein tergantung berat badan, menurut ahli kesehatan Mark Rosekind, seperti dilansir WebMD.

3. Keluar rumah

Mendapatkan sinar matahari bisa menjadi cara terbaik untuk benar-benar bangun, karena berarti mengirimkan sinyal "siang hari" pada tubuh, menurut direktur Sleep and Health Research Program University of Arizona's College of Medicine, Dr. Michael Grandner.

"Cara ini akan membantu menghilangkan inersia tidur," kata Grandner.

Hal senada juga Winter utarakan. Dia menyarankan Anda makan siang di luar atau sekedar berjalan kaki untuk meningkatkan energi Anda.

4. Bergerak

Ahli nutrisi Molly Morgan menuturkan, bergerak atau tetap aktif walaupun Anda merasa lelah bisa meningkatkan energi dan membuat tidur Anda lebih baik di malam hari.

Winter menambahkan, kalau terlalu lelah beraktivitas fisik, sekedar berjalan-jalan bisa membantu membangunkan tubuh Anda.

5. Sedikit makan tapi sering

"Makan sedikit namun sering akan menjaga kadar gula darah Anda stabil sepanjang hari," kata ahli gizi, Lauren Manganiello.

Menurut dia, periode waktu yang lama antara jam makan bisa menurunkan kadar gula darah dan membuat Anda merasa lebih lelah lalu makan berlebihan.

Ahli gizi ahli gizi Jessica Cording setuju pada pendapat ini dan menyarankan Anda untuk makan lima atau enam kali namun dengan porsi lebih sedikit ketimbang tiga kali makan utama.

6. Hindari karbohidrat tinggi

Cording menyarankan Anda menghindari konsumsi makanan berkabohidrat tinggi, karena bisa terbakar dengan cepat di dalam tubuh.

Alih-alih sepotong pizza, dia merekomendasikan protein tanpa lemak dan lemak sehat setiap kali makan.

"Makanan itu akan memuaskan Anda, juga akan membantu Anda tetap kenyang lebih lama dengan memperlambat mencerna makanan," kata Cording.

7. Tidur siang singkat

Grandner mengatakan, tidur siang walau hanya 20-30 menit bisa meningkatkan kemampuan otak menghadapi sisa hari. Jadi, tidak ada salahnya tidur siang sejenak di awal siang.

Winter menuturkan pentingnya memastikan tidur siang singkat di awal siang sehingga tak menganggu waktu tidur di malam hari.

8. Tetap terhidrasi

"Banyak minum air karena saat Anda kurang tidur, sel-sel tubuh sangat kehausan akibat terlalu keras bekerja menjaga Anda dan mereka membutuhkan air ekstra," kata Cording.

Ahli kesehatan melalui laman Mayo Clinic mengatakan, dehidrasi bisa membuat Anda lebih lesu.

9. Hindari multitasking

Kondisi kurang tidur membuat memori kerja Anda tak seimbang, artinya Anda tidak bisa mengingat berbagai hal dalam satu waktu, menurut Sean P.A. Drummongd dari bagian psikiatri Universitas California San Diego seperti dilansir WebMD.

Sebuah studi pada 40 orang dewasa muda yang kurang tidur selama 42 jam – setara dengan begadang sepanjang malam dan keesokan harinya sampai jam tidur larut -turun kapasitas kerjanya sebanyak 38 persen. Ini karena bagian otak yang terlibat dalam pengintegrasian informasi tidak aktif pada orang yang kurang tidur.

10. Tahu batasan

Anda dapat mencoba membuat diri Anda terbangun dengan menyiramkan air dingin ke wajah Anda atau membuka jendela sehingga membuat ruangan sedikit lebih dingin. Anda mungkin merasa lebih baik setelah mandi di hari yang baru.

Tetapi tidak ada cara untuk menipu tubuh dan pikiran Anda. Perasaan segar itu ditakdirkan berubah.

"Dorongan biologis untuk tidur begitu hebat sehingga Anda tidak bisa menipu. Ini sama pentingnya seperti air, oksigen dan makanan bagi kehidupan," Drummond.

Kabar baiknya, begitu Anda akhirnya bisa tidur lagi, Anda akan tidur lebih nyenyak dari biasanya.

Baca juga: Jangan begadang, resep sehat Christine Hakim

Baca juga: Resolusi tahun baru, Sheila On 7 kompak untuk hidup sehat

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.