Beranda Informasi Wapres minta Sulbar bersiap sebagai penyangga ibu kota baru

Wapres minta Sulbar bersiap sebagai penyangga ibu kota baru

Wapres minta Sulbar bersiap sebagai penyangga ibu kota baru

…,Provinsi Sulawesi Barat ini memiliki posisi yang strategis untuk mendukung ibu kota negara itu

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta pemerintah Provinsi Sulawesi Barat untuk mempersiapkan diri sebagai daerah penyangga ibu kota baru yang akan didirikan di  Kalimantan Timur.

"Nanti (ibu kota) akan pindah ke Kalimantan, dan Provinsi Sulawesi Barat ini memiliki posisi yang strategis untuk mendukung ibu kota negara itu," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris usai bertemu Wapres Ma'ruf di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis.

Menurut Idris, pihaknya memerlukan bantuan dari pemerintah pusat untuk membangun infrastruktur di Sulawesi Barat, seperti jalan nasional, pelabuhan, maupun bandara.

Idris menjelaskan Wapres mendorong provinsi Sulawesi Barat untuk mengelola industri sektor hulu. Industri hulu tersebut dapat mengolah bahan baku yakni coklat, kopi dan produk perikanan serta pertanian.

Baca juga: Wapres terima Pemprov Sulawesi Barat bahas pembangunan infrastruktur

"Di sana akumulatif pertanian, perkebunan coklat, maupun sawit dan peternakan, termasuk di dalamnya itu, akan menjadi kekuatan strategis untuk diperjuangkan di Sulawesi Barat dan Pak Wakil Presiden tadi bersama dengan jajaran akan memberi perhatian terhadap Provinsi Sulawesi Barat terkait dengan hal itu," jelas Idris.

Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar telah bertemu Wapres Ma'ruf membahas rencana pembangunan infrastruktur di wilayah itu.

Pemprov juga mengusulkan upaya pembangunan infrastruktur akses jalan nasional untuk memperkuat pertumbuhan daerah.

Baca Juga :  ADA KOPI INDONESIA SECANGKIR KOPI TERMAHAL DI DUNIA

Selain itu juga diajukan pembangunan bandara di Kabupaten Polewali Mandar untuk mendukung aksesibilitas terhadap wilayah Sulawesi Barat di bagian selatan.

Kegiatan ekonomi di wilayah tersebut tinggi dan Idris berharap koneksi perhubungan udara bisa dibangun semakin baik.

Baca Juga :  INI RAHASIANYA TEKNIK SEDUH KOPI ENAK DI KANTOR

Menanggapi hal tersebut, Idris menjelaskan, Wapres memberi dukungan agar dilakukan percepatan terhadap pertumbuhan Sulawesi Barat.

Baca juga: Pelabuhan di Mamuju bersiap jadi penyangga ibu kota baru

Keinginan untuk meningkatkan kapasitas Pelabuhan Tanjung Silopo sebagai pintu gerbang sejumlah pekerja imigran Indonesia dari Malaysia juga diajukan kepada Wapres.

Pemerintah sedang membangun wilayah ibu kota baru pemerintahan yang terletak di antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Sejauh Mata Memandang dukung Jakarta bebas plastik sekali pakai

Sejauh Mata Memandang dukung Jakarta bebas plastik sekali pakai Jakarta (ANTARA) - Brand Sejauh Mata Memandang turut mendukung Jakarta Bebas Kantong Plastik Sekali Pakai...

Dua pekan lagi WHO dapatkan hasil awal uji coba obat COVID-19

Dua pekan lagi WHO dapatkan hasil awal uji coba obat COVID-19 Jenewa (ANTARA) - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) harus segera mendapatkan hasil uji klinis...

PPI gandeng UMKM, petani dan nelayan sebagai mitra percepatan ekspor

PPI gandeng UMKM, petani dan nelayan sebagai mitra percepatan ekspor Kemitraan dengan petani, nelayan, dan UMKM, merupakan pola sumber suplai dalam percepatan ekspor PPIJakarta...

Kemarin, kasus asusila hingga demo PPDB di Jakarta

Kemarin, kasus asusila hingga demo PPDB di Jakarta Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di wilayah Jakarta terjadi pada Jumat (3/7) disiarkan Antara dan mungkin...

UPDATE TERBARU KOPI YANG TERPOPULER DI DUNIA

Bicara tentang kopi, minuman ini tetap dapat menghadirkan melankoli tersendiri bagi siapa saja, lebih-lebih bagi para pecinta puisi dan diksi. Kopi seolah punya...