BELAJAR KAIDAH SEDUH KOPI GAYO DI KANTOR

0
114

Ada teman Kopidunia yang bertanya, berapa sih takaran kopi hitam dan gula yang ideal agar enak rasanya ? Kita juga bila bikin secangkir kopi, walhasil kadang terlalu manis, kadang juga terlalu pahit.Dan pada kans ini Kopi Dunia akan sharing bagaimana sistem menentukan atau mengatur takaran gula dan kopi supaya kopi yang dihasilkannya terasa sedap dan segar.BELAJAR KAIDAH SEDUH KOPI GAYO DI KANTOR Memang untuk mempertimbangkan rasa, pastilah seluruh orang akan punya pendapat yang masing-masing berbeda, karena rasa itu bersifat tidak totaliter. Membahas seputar rasa kopi yang nikmat dan segar juga tergantung terhadap orang yang bersangkutan, nikmat atau tidaknya itu tergantung selera masing-masing. Dapat jadi menurut Kopi Dunia kopi ini nikmat, tapi menurut Anda tak nikmat.

Begini caranya! kamu yang hobi banget ngopi, tentunya nggak setiap hari anda bisa nongkrong di cafe-kafe yang mahal bukan? Apabila kamu penasaran bagaimana cara membikin kopi yang enak ala resto tetapi tidak membikin kantong bolong, sebaiknya kau belajar menyiapkan bahan serta memakai alat-alat penyeduh kopi sederhana berikut ini. Harganya rata-rata dibawah satu juta kok! Bahkan ada yang di bawah 100 ribu rupiah.

BELAJAR KAIDAH SEDUH KOPI GAYO DI KANTOR

Guna membuat secangkir kopi sedap, Anda cuma membutuhkan beberapa alat sederhana dan mengenal teknik dasar membuat kopi. Satu cangkir biasanya ±200cc air panas, lebih bagus gunakan air yang baru direbus bukan air panas simpenan di termos. Profit seduh kopi sendiri, Anda tidak perlu menghabiskan uang berlebih supaya menikmati kopi di kedai kopi mewah atau membeli coffee tool dan alat grinder biji kopi yang harganya cukup mahal.

Progres pemilihan saat pembelian

Mungkin Anda termasuk orang yang selalu membeli kopi tanpa memandang komposisi yang terdapat di dalam kopi instan. Hanya karena memperhatikan ada artikel Italia, seumpama kata Mochacino, maka Anda segera mengira bahwa kopi tersebut adalah kopi yang terbaik dan seketika menaruhnya di keranjang belanja. Ini yaitu sebuah kesalahan besar karena Anda tidak mengetahui bagaimana caranya menyeleksi sebuah produk kopi bubuk.

Kamu sebaiknya membaca dulu tulisan atau keterangan kemasan salah satu merek kopi bubuk. Tulisan bukan menonjolkan bahwa kopi tersebut merupakan kopi yang benar-benar kopi. Demikian juga jika Anda membelinya dikala bentuk kemasan biji kopi yang dikasih locally roasted, tidak artinya biji kopi yang demikian telah diseleksi untuk menerima biji kopi yang paling berkwalitas dan tak artinya sudah diteliti via progres pemanggangan.

Soalnya jaman ini, banyak perusahaan membikin kopi yang telah diaduk dengan bahan lain dan dapat dimungkinkan Anda tak tahu dzat campurannya. Nah, melewati adanya kabar perihal kompisisi kopi tersebut, tentunya Anda akan mengenal bahwa kopi hal yang demikian ialah kopi yang berkwalitas asli.

Progres penyimpanan

Anda sebaiknya menaruh kopi di dalam sebuah toples yang kedap udara, jangan pernah menyimpan kopi bubuk di dalam kulkas. sebaiknya simpan di lemari dapur yang tidak terkena sinar matahari secara segera dan yakinkan posisinya tidak dekat dengan kulkas. Baik freezer ataupun lemari pendingin bisa memberikan kelembapan pada biji kopi dan mengubah rasanya.

Proses penakaran

Menurut Matthew Marks, pemilik Forty Weight Coffee Roasters di Brooklyn, Amerika Serikat, untuk membuat kopi, Anda wajib melaksanakan penimbangan bahan-bahan campuran kopi. Untuk meracik sebanyak 6 ons kopi seduh, karenanya Anda patut membutuhkan 11,25 gram kopi bubuk atau setara dengan 2 sendok makan dan 3/4 cangkir air. Ini yakni standar minimal dalam industri pembuatan kopi.

Sekiranya Anda memakai kopi bubuk terlalu banyak sementara airnya relatif standar, rasanya akan pahit dan over-extracted. Sebaliknya, jika Anda menerapkan sedikit kopi bubuk, karenanya alhasil hambar dan tidak enak.

Apabila Anda menerapkan biji kopi, karenanya pelaksanaan penggilingan malahan memberi pengaruh rasa dan aroma kopi. Jika Anda masih merasa kopi hal yang demikian kurang berbau, maka Anda semestinya menggilingnya dengan setting pembatasan finer setting, nah jika rasanya terlalu kuat dan pahit, karenanya atur lagi ke coarser setting.

Ketika Kopi Dunia berkunjung ke forum-forum yang membahas takaran kopi hitam dan gula yang ideal, banyak sekali pendapat yang berbeda. Sebagian artinya bahwa rasa tiap orang itu sangat relatif, tidak bisa disamakan. Kopidunia pendapat mereka ada yang pada kebanyakan saja dan ada juga yang timbangannya cukup aneh.

Ada yang menyuarakan 2 sendok kopi hitam dan 1 sendok gula putih untuk satu cangkir dan ini takaran yang awam. Takaran ini sudah Kopi Dunia coba dan ternyata rasanya pahit sekali, melainkan dikala hal ini dibiasakan, dua sendok kopi dan satu sendok gula bagi satu gelas, walaupun mulanya cuma sekadar ikut serta-ikutan teman melainkan pada akhirnya hal hal yang demikian menjadi eksperimen tersendiri.

Ada juga yang merekomendasikan kopi 3 sendok dan gula separo atau satu sendok. Spontan saja banyak yang menganggap takaran hal yang demikian takaran gila karena dianggap kekentalan. Sekiranya itu segala tergantung gunakan kopi apa, sebab gak seluruh kopi rasanya sama, ganti merk sedangkan takaran sama maka rasa jadi beda lagi.

Ada juga yang punya resep gula 3 sendok teh, kopi 1 sendok teh full, ada juga yang menyenangi kopi 1 sendok teh penuh dan gula 1 sendok teh lebih dikit. Sesuai lain ada yang lazim dengan 2 sendok teh kopi + 2 sendok teh gula dan juga takaran 2 sendok kopi + 3/4 sendok gula. Jika ingin dapat ditambahin susu kental manis, melainkan namanya bukan kopi hitam lagi.

Sesuai lainnya pun ada yang ngasih anjuran untuk pergi saja ke warkop atau mencoba untuk membeli kopi yang sachetan. Ya itu mah bukan bikin sendiri namanya, tetapi males.

Demikianlah BELAJAR KAIDAH SEDUH KOPI GAYO DI KANTOR, mudah-mudahan akan menjadi inspirasi kita baik bagi individu ataupun untuk usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.