Saya tak pernah merasakan perasaan luka dan suka dalam satu waktu saat hendak berkunjung ke satu kedai kopi. Di Good Cup Coffee Company Cebu ini, segalanya terasa campur aduk.

THE Good Cup Coffee Company menjadi persinggahan pertama saya di Cebu City, Filipina. Eksistensi kedai kopi ini saya ketahui dikarenakan sang barista John Michael Hermoso menjuarai Philippine Brewers Cup 2019. Tak lama setelah kemenangannya, sebuah tragedi besar terjadi di kedai kopi ini. John Michael Hermoso bersama rekannya  Kis Ramos tewas tertembak di kedai kopinya pada 11 April 2019. Dunia kopi berduka.

Itu kenapa saat hendak menuju kedai kopi ini, perasaan saya terasa kurang baik. Senang karena akhirnya bisa mampir ke kedai kopi terbaik se-Cebu City, namun juga gamang karena kedai ini pernah menjadi saksi kejadian mengerikan.

Menjelang tengah hari saya sampai di kedai kopi ini. Suasana tampak tenang meski matahari sedang ganas-ganasnya. Di luar ada petugas  keamanan yang berjaga-jaga. Mungkin karena tak mau kecolongan lagi. The Good Cup Coffee Company ini berdiri di kawasan ramai dan berada di sebuah ruko.

Ruangannya tak luas. Di bagian depan ada coffee bar dengan mesin espresso Sanremo hitam yang dimodifikasi. Di sebelahnya berjejer automatic grinder dan printilan alat kopi lainnya. Di sebelah dalam menjelma slow bar, alat seduh manual bersusun rapi sekali.

Ada beberapa barista di dalam bar. Semunya rapi dan ramah. Di bagian ujung terdapat mesin sangrai Probat 5 Kg yang menjadi andalan mereka dalam menciptakan kopi-kopi enak. Desain kedai kopi ini minimalis dan clean. Kedai yang tak luas ini tampak lega dengan desain yang apik. Ada ruangan juga di lantai dua tapi saya tak sempat mengintip ke atas karena terlalu nyaman duduk di dekat bar.

Baca Juga :  D.E.S. COFFEE ROASTERS PHNOM PENH
Baca Juga :  NGOPI DI RUSSIAN MARKET PHNOM PENH KAMBOJA

Karena ini brunch time maka saya memesan makan. Zuccini Pasta dengan udang segar dan bumbu light menyenangkan menjadi pembuka hari. Sedangkan kopi saya memilih Caffe Latte yang bijinya menggunakan single origin Honduras. Kopi ini datang sepaket dengan kartu yang berkisah tentang biji kopinya. Ciri khas kedai kopi spesialti,, ya. Senang saya!

Untuk pour over saya memesan single origin Ethiopia Killenso yang juga datang bersama kartu penjelasan kopi dan kisahnya. Apik! Kopinya tak usah dibicarakan lagi. Sangkin nikmatnya saya dan teman pun membawa pulang biji kopinya. Kami memutuskan membeli dua bag single origin Ethiopia Sakicha!

Kopi hampir habis dan hari makin siang. Kami sempat mengobrol sedikit dengan para baristanya yang ternyata tahu tentang Otten Coffee dan bahkan ada yang follow Instagramnya juga. Ah bangga juga kami yang jauh-jauh dari Indonesia!

Saya memang tidak ingin membicarakan soal tragedi yang terjadi pada sang juara  John Michael Hermoso dan rekannya Kis Ramos. Biarlah itu menjadi kejadian yang mencoba mereka lupakan. Tapi saat saya ngopi di sana, sekalipun tidak ada muncul perasaan ngeri. Kekhawatiran awal saya lenyap. The Good Cup Coffee Company memberikan kepuasan luar biasa dengan apa yang mereka tawarkan.

Beruntunglah Cebu City memiliki tempat ngopi secanggih ini. Dan ya, artikel ini adalah penghormatan untuk  John Michael Hermoso yang telah berjasa membuat The Good Cup Coffee Company menjadi kedai kopi terbaik yang dikenal di seluruh penjuru industri perkopian. Selamat seduh di surga, kawan!

The Good Cup Company 

F. Ramos St, Cebu City, 6000 Cebu, Filipina

Jam Operasional : 07.00 – 19.00

 

Baca Juga :  BERJEDA DI COFFEE STOP CEBU FILIPINA
Baca Juga :  STARBUCKS BATU FERRINGHI PENANG
Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.