Beranda Informasi Lokasi petani yang tewas diterkam harimau mengarah ke hutan larangan

Lokasi petani yang tewas diterkam harimau mengarah ke hutan larangan

Lokasi petani yang tewas diterkam harimau mengarah ke hutan larangan

Dari pemeriksaan tim kami, warga menyebut lokasi tewasnya korban mengarah ke hutan larangan yang warga setempat saja tidak berani masuk karena hutannya masih primer,

Palembang (ANTARA) – Lokasi tewasnya petani kopi bernama Mustadi (52) akibat serangan harimau di Desa Rekimai, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) ternyata mengarah dan berada sangat dekat dengan 'hutan larangan' yang termasuk kantong harimau.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Lahat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel, Martialis Puspito di Palembang, Jumat, mengatakan korban merupakan warga pendatang dari Desa Pajar Bulan, Kabupaten Muara Enim yang membuka lahan kopi di dalam hutan lindung.

"Dari pemeriksaan tim kami, warga menyebut lokasi tewasnya korban mengarah ke hutan larangan yang warga setempat saja tidak berani masuk karena hutannya masih primer, sedangkan secara lanskap lokasinya memang termasuk wilayah hutan lindung," jelas Martialis.

Sebelumnya diberitakan Mustadi (52) tewas pada Kamis malam (12/12) usai diterkam harimau di kebun kopinya, ia tewas dengan luka leher dan dada serta disaksikan langsung istrinya yang berhasil selamat karena berlindung di pondok.

Baca juga: Gubernur Sumsel laporkan konflik harimau ke Menteri Lingkungan Hidup

Harimau yang menerkamnya dimungkinkan berasal dari kantong Jambul Patah Nanti seluas 282.000 hektar yang terbentang dari Kabupaten Lahat, Kota Pagaralam, hingga Kabupaten Muara Enim.

Tim BKSDA sendiri memilih tidak memasuki lokasi kejadian tewasnya Mustadi, sebab jaraknya diperkirakan 8 kilometer dari pemukiman dengan topografi yang cukup menyulitkan karena lokasi sangat masuk ke dalam hutan lindung.

Baca Juga :  INILAHPENGHASIL BIJI KOPI TERKENAL DI DUNIA

"Kebanyakan kalau pendatang mereka akan menginap di kebun, saat ini jika yang masih ada di dalam kebun tidak dievakuasi maka ada resiko terjadi lagi serangan serupa, kami mengimbau agar semuanya keluar dulu dari hutan," terangnya.

Baca Juga :  KUMPULAN KETERANGAN BIJI KOPI ARABIKA & ROBUSTA

Baca juga: Petani kopi tewas diterkam harimau di kawasan hutan lindung Lahat

Sementara kebun kopi yang dikelola Mustadi juga dimungkinkam ilegal yang dampaknya mengganggu habitat satwa di dalam hutan sehingga menimbulkan konflik dengan harimau.

"Sebetulnya jika dipetakan dengan serangan pertama (17/11) dan kedua (5/12), koridor jelajah harimau sudah cenderung masuk ke jantung habitatnya, tetapi ternyata di jantung habitatnya pun harimau masih ketemu dengan manusia lagi, ya kami tidak bisa apa-apa," tambah Martialis.

Meski sebagian masyarakat ramai mendesak BKSDA menangkap harimau tersebut, pihaknya dengan tegas tidak akan melakukannya karena serangan terjadi di habitatnya.

"Kami lebih mendorong agar ada tindakan tegas terhadap masyarakat yang sudah merusak habitat satwa liar entah itu harimau atau yang lain, bagaimanapun satwa liar itu anugerah yang tidak akan mengganggu kalau tidak diganggu," demikian Martialis.

Baca juga: Penerkam petani hingga tewas di Lahat ternyata harimau

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Pasar Tani Kranggan Temanggung adakan kontes sangrai kopi tradisional

Pasar Tani Kranggan Temanggung adakan kontes sangrai kopi tradisional Temanggung (ANTARA) - Pasar Tani Kranggan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyelenggarakan kontes sangrai kopi...

Kisah pengalaman berkencan aman dengan teman dari internet

Kisah pengalaman berkencan aman dengan teman dari internet Dari chat bisa ketahuan tujuan dia pakai aplikasi untuk apa. Bisa juga ditanya langsung, biar jelasJakarta...

Tim Yustisi maksimalkan operasi penerapan protokol kesehatan COVID-19

Tim Yustisi maksimalkan operasi penerapan protokol kesehatan COVID-19 Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Tim Yustisi Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memaksimalkan operasi penerapan protokol kesehatan...

Festival Soto Nusantara daring hadir di Blibli

Festival Soto Nusantara daring hadir di Blibli Soto ayam di restoran Damar Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention, Jawa Barat, Selasa...

Berikut lokasi perpanjangan SIM di Jakarta pada Minggu ini

Berikut lokasi perpanjangan SIM di Jakarta pada Minggu ini masyarakat diharapkan tidak lupa melengkapi persyaratannya sebelum mendatangi lokasiJakarta (ANTARA) - Liburan pada hari Minggu...