Beranda Informasi Kementan fokus kembangkan tujuh komoditas perkebunan strategis

Kementan fokus kembangkan tujuh komoditas perkebunan strategis

Kementan fokus kembangkan tujuh komoditas perkebunan strategis

Sementara komoditas lain, akan tetap kita tangani, namun belum menjadi prioritas

Malang, Jawa Timur (ANTARA) – Kementerian Pertanian (Kementan) fokus mengembangkan tujuh komoditas strategis sektor perkebunan, yang nantinya diharapkan mampu mendongkrak kinerja ekspor Indonesia.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono mengatakan bahwa pada subsektor perkebunan terdapat 137 komoditas, yang tujuh di antaranya akan menjadi fokus pengembangan pemerintah karena memiliki potensi besar.

"Kami pernah fokus pada sepuluh komoditas, namun akhirnya kami peruncing kembali dan mengambil tujuh komoditas strategis dan berpotensi untuk ekspor," kata Kasdi dalam Peringatan Hari Perkebunan Ke-62, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa.

Kasdi menambahkan tujuh komoditas strategis perkebunan yang dikembangkan dan didorong peningkatan produksinya tersebut adalah kopi, kakao, kelapa, jambu mete, lada, pala, dan vanili.

Baca juga: Kementan targetkan ekspor komoditas perkebunan naik tiga kali lipat

Menurut Kasdi, tujuh komoditas tersebut telah melewati proses evaluasi, dan memiliki potensi yang cukup besar untuk ditingkatkan produksinya.

Nantinya, jika produksi mampu meningkat dengan cukup baik, maka juga terbuka peluang untuk menembus pasar ekspor.

"Itu telah kita evaluasi sebagai salah satu potensi besar untuk kita kembangkan. Sementara komoditas lain, akan tetap kita tangani, namun belum menjadi prioritas," kata Kasdi.

Langkah untuk pengembangan tujuh komoditas strategis tersebut, Kementerian Pertanian telah meluncurkan Gerakan Peningkatan Produksi, Nilai Tambah, dan Daya Saing (Grasida). Diharapkan, seluruh pemangku kepentingan bisa mendukung program tersebut.

Menurut Kasdi, dalam upaya untuk meningkatkan produksi untuk mendorong ekspor tujuh komoditas strategis perkebunan tersebut, tidak bisa hanya bergantung pada APBN, maupun APBD.

Baca Juga :  Inilah Waktu Minum Kopi Yang Baik

Sehingga, perlu adanya kerja sama dengan sektor perbankan untuk penyaluran kredit usaha rakyat (KUR). Pada KUR 2020, Kementerian Pertanian mendapatkan alokasi Rp50 triliun. Dari total tersebut, Rp20,37 triliun diperuntukkan bagi subsektor perkebunan.

Baca Juga :  MENGENALKOPI YANG TERKENAL DI DUNIA

"Dengan alokasi yang cukup besar tersebut, saya meminta kepala dinas di tiap daerah untuk mengidentifikasi potensi yang ada," kata Kasdi.

Pengembangan tujuh komoditas strategis tersebut, merupakan salah satu upaya Kementerian Pertanian untuk mendongkrak kinerja ekspor komoditas pertanian, khususnya yang berasal dari sektor perkebunan.

Pada 2020-2024, Kementerian Pertanian yang dipimpin oleh Syahrul Yasin Limpo tersebut menargetkan peningkatan ekspor komoditas pertanian hingga tiga kali lipat, dari yang ada saat ini.

Baca juga: Kementan siapkan SDM perkebunan berdaya saing
Baca juga: Kementan: SDM Pertanian jadi kunci Indonesia lumbung pangan dunia

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Pasar Tani Kranggan Temanggung adakan kontes sangrai kopi tradisional

Pasar Tani Kranggan Temanggung adakan kontes sangrai kopi tradisional Temanggung (ANTARA) - Pasar Tani Kranggan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyelenggarakan kontes sangrai kopi...

Kisah pengalaman berkencan aman dengan teman dari internet

Kisah pengalaman berkencan aman dengan teman dari internet Dari chat bisa ketahuan tujuan dia pakai aplikasi untuk apa. Bisa juga ditanya langsung, biar jelasJakarta...

Tim Yustisi maksimalkan operasi penerapan protokol kesehatan COVID-19

Tim Yustisi maksimalkan operasi penerapan protokol kesehatan COVID-19 Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Tim Yustisi Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memaksimalkan operasi penerapan protokol kesehatan...

Festival Soto Nusantara daring hadir di Blibli

Festival Soto Nusantara daring hadir di Blibli Soto ayam di restoran Damar Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention, Jawa Barat, Selasa...

Berikut lokasi perpanjangan SIM di Jakarta pada Minggu ini

Berikut lokasi perpanjangan SIM di Jakarta pada Minggu ini masyarakat diharapkan tidak lupa melengkapi persyaratannya sebelum mendatangi lokasiJakarta (ANTARA) - Liburan pada hari Minggu...