Beranda Informasi Kemendag lakukan misi dagang ke Taiwan

Kemendag lakukan misi dagang ke Taiwan

Kemendag lakukan misi dagang ke Taiwan

Kemendag terus menggencarkan misi dagang ke berbagai kawasan sebagai upaya menggenjot ekspor dan untuk meraih target pertumbuhan ekspor. Misi dagang ke Taiwan ini diharapkan dapat memfasilitasi para pengusaha Indonesia untuk mencapai target ekspor

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan misi dagang ke Taiwan yang dijadwalkan berlangsung pada 10-12 Desember 2019 yang dipimpin Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Arlinda.

Kegiatan ini merupakan upaya strategis Kemendag dalam menggenjot ekspor Indonesia ke pasar global.

“Kemendag terus menggencarkan misi dagang ke berbagai kawasan sebagai upaya menggenjot ekspor dan untuk meraih target pertumbuhan ekspor. Misi dagang ke Taiwan ini diharapkan dapat memfasilitasi para pengusaha Indonesia untuk mencapai target ekspor,” ungkap Arlinda lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

Pada 2018, total perdagangan Indonesia dan Taiwan tercatat mencapai 8,26 miliar dolar AS. Pada periode tersebut ekspor Indonesia tercatat sebesar 4,7 miliar dolar AS, sementara impor Indonesia dari Taiwan tercatat sebesar 3,56 miliar dolar AS.

Indonesia merupakan pemasok batu bara ke industri Taiwan. Sementara impor Indonesia dari Taiwan terdiri komponen elektronik, sirkuit elektronik, dan kain.

“Kami yakin ekspor ke Taiwan akan meningkat. Hal ini berkaca pada surplus perdagangan non- migas dengan Taiwan yang mengalami peningkatan sebesar 372,17 persen pada periode Januari- September 2019 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya,” kata Arlinda.

Rangkaian misi dagang ke Taiwan akan meliputi kunjungan ke beberapa perusahaan, pertemuan dengan General Chamber of Commerce of the Republic of China/ROCCOC atau Kadin Taiwan, menyelenggarakan forum bisnis, penjajakan kerja sama bisnis, pertemuan bilateral, serta kunjungan ke pameran Taipei Building Show.

Baca Juga :  ADAKAH TEKNIK SEDUH KOPI NIKMAT DI KANTOR
Baca Juga :  ALAT SEDUH KOPI TERBAIK, INILAH RAHASIANYA

Pada misi dagang kali ini, Kemendag memfasilitasi 13 pelaku usaha eksportir dari berbagai sektor yaitu produk kelapa sawit, makanan dan minuman, kopi, teh, kakao, rempah-rempah, bahan bangunan, furnitur dan kerajinan, tekstil jasa, serta keuangan.

Sementara itu, Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia Didi Sumedi sangat antusias dengan misi dagang ini. KDEI berharap kegiatan misi dagang ke Taiwan dapat memperkenalkan produk- produk Indonesia kepada masyarakat Taiwan dan diaspora Indonesia di sana.

“Melalui rangkaian misi daganh ini masyarakat Taiwan dapat mengetahui lebih banyak tentang Indonesia, produk-produk ekspor Indonesia, tertarik mengunjungi Indonesia untuk berwisata atau berinvestasi serta melakukan bisnis dengan pelaku usaha Indonesia,” tambah Didi.

Baca juga: Mendag pimpin misi dagang RI ke Korsel

Baca juga: RI perkuat hubungan dagang dengan Amerika Serikat

Baca juga: Pemerintah harapkan misi dagang Palestina tarik investor Indonesia

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Pasar Tani Kranggan Temanggung adakan kontes sangrai kopi tradisional

Pasar Tani Kranggan Temanggung adakan kontes sangrai kopi tradisional Temanggung (ANTARA) - Pasar Tani Kranggan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyelenggarakan kontes sangrai kopi...

Kisah pengalaman berkencan aman dengan teman dari internet

Kisah pengalaman berkencan aman dengan teman dari internet Dari chat bisa ketahuan tujuan dia pakai aplikasi untuk apa. Bisa juga ditanya langsung, biar jelasJakarta...

Tim Yustisi maksimalkan operasi penerapan protokol kesehatan COVID-19

Tim Yustisi maksimalkan operasi penerapan protokol kesehatan COVID-19 Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Tim Yustisi Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memaksimalkan operasi penerapan protokol kesehatan...

Festival Soto Nusantara daring hadir di Blibli

Festival Soto Nusantara daring hadir di Blibli Soto ayam di restoran Damar Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention, Jawa Barat, Selasa...

Berikut lokasi perpanjangan SIM di Jakarta pada Minggu ini

Berikut lokasi perpanjangan SIM di Jakarta pada Minggu ini masyarakat diharapkan tidak lupa melengkapi persyaratannya sebelum mendatangi lokasiJakarta (ANTARA) - Liburan pada hari Minggu...