Terkadang kopi yang enak lahir dari tempat-tempat yang tak kita duga. Seperti Cafe Cebuano di Moalboal, Cebu, Filipina yang menyajikan secangkir kopi sepaket dengan senjanya.

SORE terakhir di kota kecil di Provinsi Cebu bernama Moalboal. Seluruh kota mati listrik dan semua orang tak ada yang gelisah karena ada pantai yang membentang dan jadi hiburan seharian. Kegelisahan datang dari pebisnis kafe, restoran dan kedai kopi sepertinya. Ya, kami pun juga, karena butuh kopi mendesak sore ini.

Sehabis berenang di White Beach, kami yang ternyata melewatkan makan siang dan ngopi siang terburu-buru mencari tempat makan yang nikmat. Berhenti di satu kedai kopi ke kedai kopi lain dan semuanya tak ada yang bisa menyediakan kopi karena listrik belum nyala dan mesin kopi tak bisa beroperasi.

Untunglah ada sebuah kafe bernama Cafe Cebuano yang sepertinya bukan kedai kopi namun menyediakan kopi. “Only black coffee ma’am,” kata pelayannya. Kami duduk di sudut kafe demi menanti senja yang ingin berpulang sore itu. Matahari menerpa wajah, panas yang entah kenapa membuat bahagia.

Cafe Cebuano ini berada di Panagsama Beach, 3 menit saja dari penginapan kami. Dengan baju renang yang masih basah kami memesan makanan di sini sambil berharap jangan hujan sore ini. Ha-ha-ha. Sahabat saya memesan Chicken n Fries dan saya memesan Spaghetti Seafood yang ternyata al dente dan sausnya sedap beserta seafood yang segar.

Baca Juga :  % ARABICA DERMAGA STAR FERRY HONG KONG

Kami memesan Calamansi Juice karena di Cebu ini ternyata terkenal dengan kalamansinya. Segar betul di sore cerah di pinggir pantai ini. Kami belum ngopi dan tak mau berekspektasi apa-apa tentang kopi hitam yang kami pesan ini. Secangkir Iced Americano dan Hot Americano kami pesan tanpa harapan yang tinggi. Karena secangkir kopi di tempat bukan kedai kopi plus tak ada listrik menyala bukanlah sebuah kondisi menjanjikan.

Baca Juga :  MOBILE COFFEE PHNOM PENH KAMBOJA

Eh, ternyata kopinya surprisingly lumayan. Secangkir Hot Americano yang tak pahit dan segar di Cafe Cebuano inilah yang membuat saya berani menulis artikel ini. Mana tahu kamu sedang berada di Panagsama Beach, Moalboal dan ingin ngopi plus makan, tempat ini bisa jadi pilihan.

Datanglah sore menjelang senja. Senja di sini sudah mulai pukul 16.30. Datanglah lebih cepat agar dapat spot yang enak. Senjanya meski tak sejingga yang kamu lihat di televisi, namun cukup menebar damai yang aduh di hati. Secangkir senja yang kami teguk pelan-pelan menyempurnakan sore terakhir di Moalboal.

Ah, baju kering di badan seketika pun sudah terlupakan.

Cafe Cebuano

Panagsama Beach, Moalboal, Cebu, Filipina

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.