Beranda Informasi Mentan Syahrul lepas ekspor pertanian Jatim senilai Rp805,79 miliar

Mentan Syahrul lepas ekspor pertanian Jatim senilai Rp805,79 miliar

Mentan Syahrul lepas ekspor pertanian Jatim senilai Rp805,79 miliar

…komoditas pertanian dari wilayah Jawa Timur selama ini memiliki angka penolakan atau notification of noncompliance yang sangat kecil dari negara-negara tujuan ekspor

Surabaya (ANTARA) – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor komoditas pertanian asal Jawa Timur senilai Rp805,79 miliar di depo kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Senin.

"Kami mengapresiasinya dan komoditas pertanian dari wilayah Jawa Timur selama ini memiliki angka penolakan atau notification of noncompliance yang sangat kecil dari negara-negara tujuan ekspor," ujar Syahrul Yasin Limpo di sela pelepasan ekspor yang didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Senin.

Menurut dia, kecilnya angka penolakan dari negara-negara tujuan ekspor menunjukan pemerintah provinsi dan Balai Karantina Pertanian di wilayah setempat telah bekerja secara profesional dalam memperhatikan standar operasional persyaratan teknis.

"Standar operasional persyaratan teknis ekspor komoditas pertanian ini ke depan harus dijaga dan lebih ditingkatkan lagi," ucap Syahrul Yasin Limpo.

Mentan Syahrul Yasin Limpo secara simbolis melepas ekspor beberapa komoditas asal Jawa Timur yakni cengkeh sebanyak 10 ton senilai Rp877,74 juta dengan tujuan Brazil, biji kopi robusta sebanyak 46 ton senilai Rp1,2 miliar dengan tujuan Italia, serta pupuk organik sebanyak 54 ton senilai Rp108,6 juta dengan tujuan Singapura.

Selain itu beberapa komoditas lainnya yang diekspor adalah sarang burung wallet, susu, kayu manis, jamur beku, dan minyak goreng.

Baca Juga :  RESEP SEDUH KOPI, BELAJAR SENDIRI DI RUMAH

Baca juga: Menteri Edhy targetkan ekspor udang meningkat pesat

Dalam kesempatan itu Mentan Syahrul Yasin Limpo juga melakukan penandatanganan deklarasi ekspor komoditas pertanian Jawa Timur guna menggalang kemitraan dan kerja sama dalam mendorong pertumbuhan ekspor.

Baca Juga :  MENCARI TAHU KOPI TERBAGUS DI DUNIA

Tahun ini tren indikator keberhasilan ekspor produk pertanian Jawa Timur terpantau mengalami peningkatan yaitu meliputi nilai ekonomi yang tercatat naik 57 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Diikuti meningkatnya sertifikat bagi para importir yang melakukan kegiatan impor sebesar 8, 23 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu, serta tonase yang terdata ikut naik sebesar 23,3 persen dibandingkan tahun 2018.

Baca juga: Mentan lepas ekspor pakan ternak senilai Rp132 miliar ke Filipina

Baca juga: Perdagangan karet lokal meningkat, di tengah pasar ekspor lesu

Pewarta: Fiqih Arfani/Hanif Nashrullah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

JK Rowling terbitkan dongeng untuk dibaca anak-anak selama penguncian

JK Rowling terbitkan dongeng untuk dibaca anak-anak selama penguncian London (ANTARA) - JK Rowling akan menerbitkan dongeng tentang kebenaran dan penyalahgunaan kekuasaan yang dipublikasikan...

Restrukturisasi, Holding Perkebunan rampingkan jumlah direksi 13 PTPN

Restrukturisasi, Holding Perkebunan rampingkan jumlah direksi 13 PTPN Pergantian ini sejalan dengan program transformasi grup perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan kinerja perusahaanJakarta (ANTARA) -...

Dubes: Tidak ada Shalat Idul Fitri di KBRI Kairo

Dubes: Tidak ada Shalat Idul Fitri di KBRI Kairo Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Arab Mesir Helmy Fauzy mengatakan tidak...

Siswa SMK di Jatim ciptakan teknik menanam tanpa pot ala Jepang

Siswa SMK di Jatim ciptakan teknik menanam tanpa pot ala Jepang COVID-19 dan vokasi adalah bagian dari cerita baru duniaJakarta (ANTARA) - Siswa SMK...

Kepri susun strategi pelaksanaan "new normal"

Kepri susun strategi pelaksanaan "new normal" Tanjungpinang (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mulai menyusun strategi dalam melaksanakan tatanan kehidupan...