Beranda Informasi Bupati Bantaeng luncurkan produk kopi Banyorang

Bupati Bantaeng luncurkan produk kopi Banyorang

Bupati Bantaeng luncurkan produk kopi Banyorang

Bantaeng, Sulsel (ANTARA) – Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin secara resmi meluncurkan program sentra industri kopi Banyorang sebagai salah satu produk unggulan daerah di Provinsi Sulawesi Selatan itu untuk dipasarkan secara lokal, regional, dan nasional, bahkan internasional.

Peluncuran sentra produk kopi Banyorang itu dipusatkan di Kecamatan Tompobulu, Minggu (1/12), yang ditandai dengan acara minum kopi bersama bupati dan para pejabat forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Kopi jadi produk andalan pelajar Indonesia di Nanjing

Acara yang dikemas dalam Festival Kopi dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-765 Bantaeng menampilkan berbagai jenis produk kopi di antaranya Turaya Coffe, Garumbang Coffe, dan Bonthain Coffe.

Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin mengatakan sentra industri pengolahan Kopi Banyorang ini merupakan salah satu ikon Kabupaten Bantaeng, sehingga harus dikelola secara profesional.

Baca juga: Tips konsumsi kopi untuk pelaku diet "keto"

Industri kopi ini, kata dia, harus difungsikan secara tepat untuk pemberdayaan dan kegiatan edukasi masyarakat dalam pemanfaatan dan penggunaan mesin-mesin modern secara tepat dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas kopi lokal.

"Kami ingin produksi kopi lokal ini dapat bersaing dengan kopi-kopi yang lain di kancah regional dan nasional, bahkan Internasional. Oleh karena itu dibutuhkan sinergitas dan kerja sama yang kuat dengan berbagai komponen untuk peningkatan sumber daya manusianya," kata dia.

Baca juga: Kopi dan minuman tradisional Indonesia digemari pengunjung WTM London

Ilham juga berharap kerja sama penyelenggaraan pelatihan dengan Balai Kerja Latihan (BLK) Bantaeng dan Balai Besar Industri Hasil Perkebunan dapat terus berlanjut serta diperkuat dan diperluas.

Baca Juga :  DI MANA SAJABIJI KOPI TERSOHOR DI SELURUH DUNIA

"Besar harapan sentra kopi ini menjadi pusat transformasi keterampilan, sentra tempat mengedukasi masyarakat dalam mengolah kopi sebagai salah satu komoditas andalan di daerah ini," tuturnya.

Baca Juga :  Antam: Bangga Kopi Halmahera Kopi Kita Semua

Baca juga: BPOM: Kopi saset mudah terbakar karena materialnya

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Bantaeng Syamsuri, yang juga Ketua Panitia Festival Kopi Banyorang, mengatakan berbagai rangkaian kegiatan dilakukan di Sentra Kopi Banyorang ini.

"Kegiatan ini juga akan diisi dengan 'talkshow' bertajuk 'Brand Kopi Bantaeng Menuju Dunia'. Selamat mencicipi varian kopi Bantaeng yang nikmat di Sentra Kopi Banyorang," ujarnya.
 

Pewarta: Laode Masrafi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Tol Sibanceh dan harapan pertumbuhan ekonomi Aceh

Tol Sibanceh dan harapan pertumbuhan ekonomi Aceh Memang sudah waktunya mulai menjadikan daerah-daerah Sumatera, termasuk Aceh, sebagai gerbang arus investasi dan logistik nasionalJakarta (ANTARA)...

Indef: Tol pertama di Aceh, momentum pemda pacu pertumbuhan ekonomi

Indef: Tol pertama di Aceh, momentum pemda pacu pertumbuhan ekonomi Keberadaan jalan tol di daerah diperlukan bukan dalam konteks mengatasi kemacetan, melainkan lebih kepada...

Warga Gunungsitoli panik akibat gempa magnitudo 5,0

Warga Gunungsitoli panik akibat gempa magnitudo 5,0 teman teman saya banyak yang lari keluar, takut bangunan permanen lantai dua tempat kami minum kopi ambrukGunungsitoli...

Perpanjang masa berlaku SIM di empat lokasi berikut

Perpanjang masa berlaku SIM di empat lokasi berikut Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyediakan empat lokasi layanan perpanjangan masa berlaku...

EXO-SC rilis video "Telephone" jelang "comeback" 13 Juli

EXO-SC rilis video "Telephone" jelang "comeback" 13 Juli Jakarta (ANTARA) - EXO-SC, sub unit grup idola K-pop EXO meluncurkan video musik "Telephone" yang berkolaborasi...