Beranda Informasi Enam makanan kaya antioksidan yang perlu dikonsumsi

Enam makanan kaya antioksidan yang perlu dikonsumsi

Enam makanan kaya antioksidan yang perlu dikonsumsi

Jakarta (ANTARA) – Antioksidan adalah komponen atau substansi yang mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Radikal bebas yang terakumulasi dalam tubuh dalam meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, serta penyakit kronis lainnya.

Berbagai jenis antioksidan bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah atau sayuran tertentu. Dilansir dari Times of India, berikut adalah enam jenis sayur dan buah yang merupakan sumber antioksidan.

Baca juga: Masyarakat terdampak asap banyak minum dan makan buah antioksidan

1. Cokelat hitam

Cokelat kerap dianggap tidak memiliki dampak baik untuk kesehatan, Tapi, hal itu tidak berlaku untuk jenis cokelat hitam (dark chocolate). Cokelat hitam banyak mengandung mineral dan antioksidan yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan serta mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Blueberry

Blueberry bukan hanya dikenal sebagai buah yang rendah kalori melainkan juga kaya akan nutrisi dan antioksidan. Suatu penelitian menunjukkan blueberry merupakan buah yang paling banyak mengandung antioksidan dibandingkan buah lainnya. Buah sekecil itu mampu menetralisir radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Baca juga: Kopi versus teh, benarkah punya manfaat gizi sama?

3. Stroberi

Buah berwarna merah itu sangat populer tidak hanya karena bentuknya yang menarik, tapi juga karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Stroberi mengandung antioksidan yang disebut anthocyanins, yang menjadikan buah itu berwarna merah. Anthocyanins berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat.

4. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Baca Juga :  Transaksi FESyar KTI 2019 Banjarmasin capai Rp2,6 triliun

​​​​​​​Berbagai macam biji dan kacang seperti biji matahari, kacang merah, kedelai, dan kacang hijau sangat mudah ditemui dan dikenal sebagai makanan kaya serat. Selain mengandung antioksidan, jenis biji-bijian ini dapat membantu menyehatkan usus besar.

Baca Juga :  Berburu foto Instagramable dan kuliner dalam JCF 2019

Baca juga: Mary Kay publikasikan hasil riset dampak antioksidan dan vitamin C pada kesehatan dan penampilan kulit

5. Buah bit
​​​​​​​
Buah bit yang berwarna merah itu kaya akan serat, potasium, zat besi, folat, dan tentu saja antioksidan. Bit mengandung antioksidan yang disebut betalains, yang menjadikan warnanya merah tua. Bit memiliki fungsi untuk membantu penyembuhan peradangan dan mengurangi risiko kanker kolon serta pencernaan.

6. Bayam
​​​​​​​
Sayuran hijau ini banyak mengandung vitamin, antioksidan, namun rendah kalori. Bayam merupakan sumber antioksidan jenis lutein dan zeaxanthin yang mampu melindungi mata dari sinar UV.

Baca juga: Yang perlu Anda tahu saat mengonsumsi minyak zaitun

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

BMKG pasang sistem monitoring gempa di kawasan Danau Toba

BMKG pasang sistem monitoring gempa di kawasan Danau Toba Medan (ANTARA) - BMKG melalui Stasiun Geofisika Deli Serdang secara bertahap telah melakukan pemasangan Earthquake...

Panitia seleksi pemilihan calon Anggota KY gelar wawancara terbuka

Panitia seleksi pemilihan calon Anggota KY gelar wawancara terbuka Jakarta (ANTARA) - Panitia seleksi (pansel) pemilihan calon Anggota Komisi Yudisial (KY) menggelar tahap wawancara...

Pertamina berikan pelatihan bersertifikat kepada peternak sapi

Pertamina berikan pelatihan bersertifikat kepada peternak sapi Pelatihan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan COVID-19 yakni menjaga jarak. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok dengan waktu...

IPB University luncurkan sistem pemantauan lahan digital

IPB University luncurkan sistem pemantauan lahan digital Sistem monitoring ini sangat penting karena data yang dapat disediakan merupakan data yang benar,Jakarta (ANTARA) - IPB...

Hukum kemarin, tokoh agama tewas ditembak KKB hingga kecelakaan Cipali

Hukum kemarin, tokoh agama tewas ditembak KKB hingga kecelakaan Cipali Jakarta (ANTARA) - Ragam berita hukum di Tanah Air pada Minggu (20/9) menarik dibaca...