Beranda Informasi PSP3 IPB harapkan petani Dogiyai tularkan ilmunya di kampung halaman

PSP3 IPB harapkan petani Dogiyai tularkan ilmunya di kampung halaman

PSP3 IPB harapkan petani Dogiyai tularkan ilmunya di kampung halaman

Bogor (ANTARA) – Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) IPB University Sofyan Sjaf menaruh harapan besar kepada petani dan pemuda dari Kabupaten Dogiyai Papua dapat menularkan ilmunya kepada teman-teman di kampung halamannya setelah selama sepekan belajar di IPB University.

Pernyataan harapan tersebut disampaikan Sofyan Sjaf pada acara perpisahan antara Tim PSP3 IPB University dengan pesarta pelatihan yakni petani kopi dan pemuda dari Kabupaten Dogiyai, di Kota Bogor, Kamis malam.

Hadir pada kegiatan tersebut, antara lain, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) IPB University Aji Hermawan, Pemilik Malabar Mountain Coffee Slamet Prayoga, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dogiyai Papua Emmanuel Dogomo, serta peserta pelatihan dan staf PSP3 IPB.

"Saya menaruh harapan besar kepada para petani kopi dan pemuda dari Dogiyai agar semua ilmu yang telah dipelajari di IPB, mulai dari memilih benih dan bibit kopi yang baik, menanam dan merawat tanaman kopi, hingga panen, dan pengolahan hasil panen menjadi minuman kopi siap saja," katanya.

Sofjan Sjaf menjelaskan, para petani kopi dan pemuda dari Dogiyai, menjalani pelatihan baik di Bogor maupun di kebun kopi Malabar Mountain di Pengalengan Kabupaten Bandung. "Selama sepekan itu, para peserta tidak hanya mendengarkan teori dari mentor, tapi langsung praktik, baik di kebun kopi maupun pengolahan pascapanen kopi," katanya.

Kepala LPPM IPB University, Aji Hermawan, menaruh harapan agar Kabupaten Dogiyai Papua suatu saat menjadi sentra dan "brand" kopi dari Papua. Pada kesempatan tersebut, Aji Hermawan menceritakan usaha warung kopi di Amerika yang kemudian menjadi "brand" minuman kopi terpopuler di dunia. "Harapan saya suatu saat ada 'brand' kopi Dogiyai yang terkenal," katanya.

Baca Juga :  CARA SEDUH KOPI ENAK, PERHATIKAN TIPSNYA
Baca Juga :  Kerek ekspor IKM pangan, Kemenperin buka peluang tembus pasar global

Menurut Aji Hermawan, rahasia sukses menjadi petani kopi atau pengusaha kedai kopi adalah menjalani profesinya dengan etos kerja yang tinggi dan dikelola dengan sepenuh hati.

Sementara itu, Kepaa Dinas Peranian Kabupaten Dogiyai Papua, Emmanuel Dogomo, menyatakan, terima kasih kepada IPB University yang telah memberikan pelatihan kepada para petani dan pemuda dari Dogiyai.

Menurut Emmanuel, peserta pelatihan ini, ada 12 orang di antaraya adalah petani yang berasal dari 12 kelompok tani. "Besok kami akan kembali ke Dogiyai. Setelah saya di kampung halaman, para peserta akan segera menularkan ilmu kepada teman-temannya sehingga jadi lebih banyak petani di Dogiyai yang mengerti bagaimana menjadi petani kopi yang baik," katanya.

Emmanuel menambahkan, mendidik orang menjadi baik itu tidak mudah, tapi IPB University dengan penuh semangat dan perhatian memberikan pelatihan kepada para petani dan pemuda dari Dogiyai. "Kami mengucapkan terima kasih kepada IPB," kata Emmanuel yang selama sepekan mendampingi para peserta pelatihan.

 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Indonesia-Filipina perkuat kerja sama perdagangan

Indonesia-Filipina perkuat kerja sama perdagangan COVID-19 membuat ekonomi Indonesia dan Filipina mengalami kontraksi. Oleh sebab itu, pada JWG kali ini kedua delegasi sepakat memperkuat...

Komisi IV dukung sentra padi terpadu lewat program Kostraling Kementan

Komisi IV dukung sentra padi terpadu lewat program Kostraling Kementan Petani dapat menyesuaikan dengan kearifan lokal setempat yang tentunya akan memberikan nilai plus bagi...

258 hektare tanaman kentang di Karo hancur akibat erupsi Sinabung

258 hektare tanaman kentang di Karo hancur akibat erupsi Sinabung Medan (ANTARA) - Seluas 258 hektare lahan tanaman kentang di tiga kecamatan Kabupaten Karo,...

Pelindo II jamin kelancaran layanan komoditas ke berbagai negara

Pelindo II jamin kelancaran layanan komoditas ke berbagai negara Kami terus melakukan peningkatan layanan untuk memfasilitasi ekspor hasil-hasil pertanian maupun produk perdagangan lainJakarta (ANTARA)...

Kementerian BUMN buka kesempatan milenial menjadi CEO

Kementerian BUMN buka kesempatan milenial menjadi CEO Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka kesempatan para milenial untuk menjadi chief executive...