Mendag ajak pengusaha manfaatkan Indonesia-Korea Selatan CEPA

0
102

Mendag ajak pengusaha manfaatkan Indonesia-Korea Selatan CEPA

Jakarta (ANTARA) – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengajak para pengusaha Indonesia dan Korea Selatan agar dapat memanfaatkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea Selatan (IK-CEPA) semaksimal mungkin dan meningkatkan hubungan bisnis dan investasi mereka.

"Dengan penandatanganan IK-CEPA, nilai perdagangan kedua negara di masa depan akan meningkat secara signifikan karena akses yang lebih baik. Untuk itu, saya meminta semua sektor swasta dari kedua negara agar mengambil keuntungan dari peluang ini. Ini saatnya mempersiapkan masa depan IK-CEPA ," ujar Mendag lewat keterangannya di Jakarta, Kamis.

Mendag juga mengajak pebisnis Korea Selatan berpartisipasi di Trade Expo Indonesia (TEI). Menurutnya, Korea Selatan adalah pembeli tetap.

Pada TEI ke-34 yang diadakan Oktober lalu di Jakarta, tercatat sebanyak 85 delegasi bisnis Korea Selatan mengunjungi acara tersebut. Transaksinya mencapai 34,9 juta dolar AS.

Adapun produk- produk yang diminati seperti makanan olahan, produk Agro, produk kulit, kopi, alas kaki, perhiasan, mebel, minyak esensial, dan kerajinan tangan.

Usai Forum Bisnis, para pelaku usaha Indonesia dan Korea Selatan melakukan penjajakan kesepakatan dagang (business matching).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward menyampaikan, dari business matching diperoleh transaksi potensial sebesar 20,38 juta dolar AS.

Produk-produk yang diminati, yaitu kopi, coklat, teh, rumput laut, bubuk kakao, biji kopi, umbi porang, kayu lapis, kerajinan tangan, furnitur, woodpellet, teh sosro, larutan cap kaki tiga, bumbu, kacang-kacangan, minyak kelapa sawit, serta ikan layang dan ikan teri.

“Diharapkan ke depan akan semakin banyak produk-produk Indonesia yang bisa diminati di Korea Selatan,” katanya.

Baca juga: Mendag: Perjanjian kemitraan RI-Korsel tingkatkan ekspor dan investasi
Baca juga: Mendag targetkan rampungkan 11 perjanjian bilateral 2020
Baca juga: Kemenperin dorong kerja sama Indonesia-Korea tumbuhkan usaha rintisan

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.