Ketua DPR dukung program pembangunan prorakyat Lampung

0
94

Ketua DPR dukung program pembangunan prorakyat Lampung

Di Lampung ini urusan pertanian sangat penting, apa yang telah dilakukan terus dilakukan. Dan terkait sinergitas dengan pemerintah sudah menjadi tugas DPR RI, jelasnya

Bandarlampung (ANTARA) – Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung program kerja yang dilakukan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang bermanfaat bagi masyarakat atau prorakyat.

"Terkait program pembangunan yang dipaparkan Gubernur Arinal seperti bandara dan pembangunan kereta api, dan lainnya, selama itu sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat bagi masyarakat maka kami akan mendukung hal tersebut melalui fungsi pengawasan terkait sinergitas pemerintah pusat dan daerah," jelas Puan di Bandarlampung, Selasa.

Menurut dia, kunjungan kerjanya terkait menjalankan fungsi pengawasan parlemen guna mensinergikan program kerja pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

"Kunjungan kami ke sini dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan dalam mensinergikan program kerja pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Apakah benar sinergi ini berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan, terutama sinergi terkait keamanan dalam menghadapi arus mudik dan ibadah Natal yang akan kita hadapi dalam waktu dekat ini," ujar Puan.

Baca juga: UMKM Lampung kembangkan batik eco print ramah lingkungan

Ia mengatakan, dirinya juga terus memperhatikan dan mengikuti sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, termasuk di Provinsi Lampung.

"Di Lampung ini urusan pertanian sangat penting, apa yang telah dilakukan terus dilakukan. Dan terkait sinergitas dengan pemerintah sudah menjadi tugas DPR RI," jelasnya.

Gubernur Arinal dalam kesempatan itu memaparkan potensi Provinsi Lampung kepada jajaran pimpinan DPR RI.

Gubernur mengatakan, Provinsi Lampung memiliki posisi strategis sebagai pintu gerbang Sumatera dan berkontribusi menyuplai kebutuhan DKI Jakarta sekitar 40 persen.

Baca juga: Bandara Radin Inten II diharapkan layani penerbangan haji dan umrah

"Selain itu, Provinsi Lampung juga memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang sangat luar biasa, seperti keindahan alam yang mampu menarik wisatawan. Untuk itu, Lampung akan menjadi destinasi pariwisata bertaraf nasional yang mampu menarik sekitar 30 persen masyarakat Jakarta untuk dapat menikmati keindahan wisata Lampung seperti wisata bahari dan ecotourism," jelasnya.

Bidang energi, lanjutnya, Pemprov Lampung melakukan kerja sama dengan PLN dalam memenuhi kebutuhan energi.

Selain itu, melakukan kerja sama dengan investor membangun instalasi pengolahan sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan (PLTSa).

"Dan ini pertama kalinya diterapkan di Indonesia. Lampung juga akan memiliki energi panas bumi (geothermal) yang dapat menjadi pembangkit tenaga listrik ramah lingkungan ke depannya," ungkapnya.

Baca juga: Gubernur targetkan ekonomi Lampung berkembang

Gubernur Arinal juga mengungkapkan bahwa Provinsi Lampung memiliki potensi yang sangat luar biasa di sektor pertanian dalam artian luas.

"Hampir semua produk pertanian Lampung dalam artian luas masuk dalam 10 besar nasional, seperti padi, jagung, kopi, dan bahkan ada yang internasional seperti nanas," jelasnya.

Dalam mendukung dan meningkatkan sektor pertanian serta memberikan kesejahteraan bagi petani Lampung, Gubernur Arinal melakukan terobosan yang sangat luar biasa melalui Kartu Petani Berjaya.

Baca juga: Kelapa parut asal Lampung tembus pasar Jerman

"Kartu Petani Berjaya nantinya akan ada bibit, benih, pupuk, permodalan, dan pasar yang lebih terjamin," ujarnya.

Untuk itu, Gubernur Arinal berharap jajaran DPR RI untuk dapat terus mendukung agenda pembangunan di Provinsi Lampung di antaranya peningkatan SDM melalui sektor pendidikan; pembangunan jalur kereta api longcut Teginenng-Tarahan hingga Bakauheni.

Kemudian pembangunan ekonomi yang mengutamakan sektor prioritas pertanian, industri,dan pariwisata; dan pengembangan kawasan pariwisata terpadu di Bakauheni; dan pembangunan fasilitas olahraga sport center.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.