Beranda Informasi 14 desa di Kudus belum cairkan Dana Desa tahap ketiga

14 desa di Kudus belum cairkan Dana Desa tahap ketiga

14 desa di Kudus belum cairkan Dana Desa tahap ketiga

Sebelum pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) yang berlangsung 19 November 2019, kami sudah mengimbau semua kepala desa untuk segera mengurus pencairan Dana Desa tahap ketiga

Kudus (ANTARA) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mencatat 14 desa di Kudus hingga saat ini belum mengajukan pencairan Dana Desa tahap ketiga, meskipun tahun anggaran 2019 hanya tersisa sebulan lebih. 

"Sebelum pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) yang berlangsung 19 November 2019, kami sudah mengimbau semua kepala desa untuk segera mengurus pencairan Dana Desa tahap ketiga," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Adi Sadhono Murwanto di Kudus, Jumat.

Kenyataannya, lanjut dia, masih saja ada yang belum mengurusnya karena dari 123 desa masih tersisa 14 desa.

Dari belasan desa yang belum mencairkan tersebut, kata dia, sebagian besar tidak menyelenggarakan pilkades, sedangkan beberapa desa di antaranya ada yang menyelenggarakan pilkades.

Karena masa kerja kepala desa akan berakhir pada 18 Desember 2019, dia menargetkan sebelum memasuki masa purna harus sudah dicairkan, meskipun nantinya masuk menjadi sisa lebih pembiayaan anggaran.

Baca juga: Desa diharapkan jadi penopang kekuatan sosial budaya

Desa yang belum mencairkan Dana Desa, yakni Desa Gamong, Papringan, Bacin, Lau, Ternadi, Kajar, Jojo, Tumpangkrasak, Janggalan, Demangan, Mlati Lor, Kauman, Glantengan dan Kaliputu.

Ia berharap komitmen kepala desa untuk menuntaskan tugasnya sebelum masa purna agar pembangunan di desanya juga tidak terganggu.

Baca Juga :  Tiga kebohongan ini sebabkan Anda gagal turunkan berat badan

Waktu efektif tahun anggaran 2019, katanya, hanya tersisa sekitar satu bulanan sudah memasuki batas akhir tahun anggaran.

Alokasi Dana Desa untuk tahap ketiga di Kudus sebesar Rp55,63 miliar, sedangkan tahap pertama sebesar Rp27,81 miliar dan tahap kedua sebesar Rp55,63 miliar.

Baca Juga :  Komunitas Lampung Ngopi ajak masyarakat tumbuhkan minat baca

Baca juga: Semua OPD di Kudus wajib sajikan Kopi Muria

Pencairan Dana Desa dilakukan tiga tahap, untuk pertama sebesar 20 persen, tahap kedua dan ketiga masing-masing sebesar 40 persen.

Alokasi Dana Desa yang diterima tahun 2019 ini mengalami kenaikan, dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya Rp122,06 miliar. Alokasi Dana Desa tahun 2019 mencapai Rp139,08 miliar.

Pelaksanaan pilkades serentak yang dijadwalkan di 116 desa dilaksanakan pada 19 November 2019.

Baca juga: Realisasi penerimaan cukai KPPBC Kudus capai Rp22,33 triliun

 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...