Kamu tidak akan pernah tahu kejutan apa yang akan diberikan sebuah kedai kopi di negeri asing padamu. Di Phnom Penh, saya dikejutkan oleh sebuah kebahagiaan dalam cangkir.

SORE terakhir di Phnom Penh, kami isi dengan menjelajah tempat wisata ala turis. Sesekali berhenti untuk makan dan tak lupa juga untuk mencari-cari destinasi minum kopi yang berbeda dari negeri asal. Sore terakhir di ibukota Kamboja ini ternyata dihadiahkan oleh gerimis kecil. Yang mungkin adalah pertanda bahwa kami juga harus beristirahat sejenak.

Setelah berteduh sebentar di sebuah halte, saya pun bergerak mencari-cari kedai kopi apa yang layak dikunjungi di senja terakhir kali ini. Ada beberapa nama yang muncul di layar ponsel, tapi entah kenapa nama D.E.S Coffee Roasters memikat begitu kuat. Padahal sebelumnya saya tak tahu apa-apa soal tempat ini. Malah tidak berada di daftar kedai kopi yang harus dikunjungi juga.

Dengan bantuan kendaraan online kami menuju kedai kopi yang lokasinya sekitar tujuh kilometer dari tempat saya berada. Jalanan Phnon Penh begitu padat dan dengan tersendat kendaraan kami menembus macet menuju 103 Street 273. Kedai kopi ini berada di lingkungan yang jauh dari titik wisata. Sebuah wilayah lain di Phnom Penh.

Dari luar kedainya terlihat biasa saja dengan jendela kaca yang besar dan memungkinkan cahaya masuk sempurna. Siapa sangka ketika masuk ke dalam D.E.S. Coffee Roasters ini didesain begitu apik. Desain modern dan berkelas serta ‘kini’ membuat tempat ini begitu nyaman.

Coffee bar berada di sisi kanan dalam dan di bagian ujung terdapat sebuah ruang sangrai tempat segala keajaiban terjadi. Dari suasananya saya langsung tahu bahwa tempat ini lebih dari sekadar kedai saja. Tempat ini adalah rumah sangrai plus toko tempat menjual alat-alat kopi.

Baca Juga :  DROPS COFFEE STUDIO SHANGHAI

Sore itu hanya ada beberapa orang yang duduk di kedai. Satu terlihat sibuk dan yang lainnya mojok memadu kasih. Ha-ha-ha. Saya mempelajari menu dan terpilihlah satu menu yang tak pernah saya coba sebelumnya di manapun Peach Iced Coffee. Kopi ini disajikan bersama peach dan mungkin tonik. Rasanya segar sekali dengan penyajian yang cantik pula. Kopi ini datang bersama air soda dan air mineral. Mantap jiwa!

Kopi lain yang saya pilih kalau tidak salah adalah single origin Kolombia yang mereka sangrai sendiri. Lagi-lagi datang bersama air mineral dan soda. Soda dipercaya ampuh menetralisir lidah dan mulut kita. Sehingga kopi yang kita nikmati tidak terkontaminasi rasa-rasa lain sebelum kita meneguk kopi. Menurut saya sepanjang saya minum kopi di Kamboja, D.E.S Coffee Roasters adalah kedai kopi yang paling ‘siap’ dan layak.

Rasa kopi yang kami pesan memukau panca indera. Sampai-sampai saat saya menulis ini saya masih ingat betul betapa nikmatnya dua kopi ini. Cukup puas dengan urusan kopi, kami pun mencoba satu menu main course mereka. Tom Yam Spaghetti hadir dengan fusion yang apik antara Thai Cuisine dan Italian Dish. Nikmat tak karu-karuan.

Kalau saja waktu saya tak terbatas sore itu, mungkin saya akan jajan kopi lebih banyak di sini. Kalian yang ke Phnom Penh harus singgah ke sini karena sepanjang perjalanan saya di Kamboja kemarin, D.E.S Coffee Roasters berada di peringkat tertinggi di hati. Hingga kini!

 

D.E.S Coffee Roasters

103 Street 273, Phnom Penh, Kamboja

Jam Operasional : 07.00 – 20.00