Beranda Reviews NGOPI DI RUSSIAN MARKET PHNOM PENH KAMBOJA

NGOPI DI RUSSIAN MARKET PHNOM PENH KAMBOJA

0
110

NGOPI DI RUSSIAN MARKET PHNOM PENH KAMBOJA

Kemana pun saya pergi, akan selalu diusahakan untuk mengunjungi kedai kopi tradisional. Entah di pasar atau pinggir jalan. Karena menurut saya ngopi ala orang lokal jauh lebih seksi dan otentik.

DAN di Phnom Penh, Kamboja, pengalaman minum kopi di warung ala penduduk lokal saya alami di Tuol Tompoung Market atau lebih popular dengan nama Russian Market. Saya sendiri tidak tahu bahwa di Russian Market ini ternyata ada kedai kopi tradisional. Kunjungan saya ke pasar ini adalah untuk membeli oleh-oleh dan tentu saja makan-makan. Siapa sangka saya menemukan kedai kopi yang sungguh sangat menyenangkan sekali suasannya.

Kalian perlu tahu bahwa Russian Market ini adalah pasar yang menjual banyak hal. Mulai dari pakaian, souvenir, makanan, hingga suku cadang motor dan alat berat. Jika ingin menemukan kedai kopi yang saya datangi ini, kalian harus masuk dan terus jalan menembus toko-toko pakaian dan sudut jalan. Kalian akan menemukan satu area besar yang menjual aneka makanan lezat.

Ada mie tradisional, aneka kue, nasi, jus dan buah-buahan dan tentu saja kedai kopi tradisional yang berada di tengah-tengah. Semua orang duduk berdesakan di warung ini. Jika ingin makan, makanan boleh dipesan di warung sebelah dan pesan minuman di kedai ini. Begitu cara mereka saling membantu usaha satu sama lain.

Saya duduk berhimpitan dengan ibu-ibu yang dari tadi senyum-senyum melihat saya yang katanya mirip orang Kamboja. Ha-ha-ha. Tapi meskipun warung kopi tradisional, mereka tetap menggunakan mesin espresso dua grup dan automatic grinder standar kedai kopi modern. Mantap, bukan?

Saya tentu saja memesan kopi susu panas. Saya mengintip biji kopi di hopper grinder mereka. Warna biji kopinya hitam berkilat. Pasti pahit dan body sehingga cocok diolah menjadi kopi susu tradisional. Kopi Susu Panas ini kalau tidak salah seharga $1 lebih. Rasanya pahit kental namun manis di akhir karena dicampur susu kental manis.

Terus karena banyak yang memesan Kopi Susu Dingin, maka saya pun tergoda memesannya juga. Wuih! Kopi yang dikemas dalam cangkir plastik luar biasa besar ini ternyata enak sekali. Mengalahkan kopi susu kekinian di negeri kita sendiri. Ha-ha-ha.

Tapi sebenarnya ngopi di sini serunya bukan main. Bukan karena rasa kopi atau tetek-bengek perkopian yang ribet itu, tetapi suasananya yang syahdu. Ngopi di tengah pasar di antara teriakan yang kamu tidak mengeri bahasanya. Satu-satunya bahasa adalah senyum dan anggukan kepala. Oh iya, ditemani aroma makanan dari warung sebelah. Membuat pengalaman minum kopi di Russian Market ini menjadi pengalaman terbaik selama saya menjelajah Kamboja!

Tuol Tompoung Market atau Russian Market

 St 163, Phnom Penh, Kamboja

Jam Operasional : 06.30 – 17.00

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

NGOPI DI RUSSIAN MARKET PHNOM PENH KAMBOJA

Sumber : Otten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.