BNNP Jatim sita 4,1 kilogram sabu dari penumpang bus antarprovinsi

0
80

BNNP Jatim sita 4,1 kilogram sabu dari penumpang bus antarprovinsi

Kami menghentikan bus, lalu menangkap tiga penumpang yang diduga sebagai kurir atau pengedar sabu-sabu

Surabaya (ANTARA) – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur menyita 4,1 kilogram sabu-sabu dari tiga penumpang bus antarprovinsi yang dihentikan di jalan tol kilometer 741, Tol Warugunung Surabaya.

"Kami menghentikan bus, lalu menangkap tiga penumpang yang diduga sebagai kurir atau pengedar sabu-sabu," ujar Penyidik Madya BNNP Jatim AKBP Wisnu Chandra kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Penyergapan dilakukan pada Jumat (25/10) sekitar pukul 03.28 WIB, kemudian tiga penumpang berinisial SH (45), Saf (37) dan AH (21) asal Bangkalan diamankan beserta barang bukti.

Baca juga: BNNP Jatim tembak mati bandar narkoba asal Aceh

"Sabu-sabu itu kami sita setelah memeriksa satu per satu penumpang bus dan barang bawaannya. Bus antarprovinsi itu berangkat dari Tanjung Pinang, Bangka Belitung, sejak Selasa," ucapnya.

Pihaknya terpaksa menghentikan bus antarprovinsi tersebut, kemudian melakukan penggeledahan terhadap para penumpang setelah mendapat informasi pengiriman paket sabu-sabu.

"Kami menyisir barang bawaan penumpang bus dengan bantuan K-9 milik BNNP Jatim," kata perwira menengah tersebut.

Saat penyisiran, kata dia, K-9 terus mengendus satu kardus yang diduga berisi narkoba yang kemudian dibongkar dengan disaksikan sopir bus.

Baca juga: BNNP Jatim bongkar peredaran 25 kilogram sabu-sabu asal Malaysia

Dari kardus tersebut ditemukan empat paket berisi sabu-sabu yang masing-masing seberat 1.042 gram, 1.050 gram, 1.042 gram, dan 1.044 gram sehingga total beratnya 4,178 kilogram.

"Sabu-sabu itu kami temukan dalam kemasan teh China warna hijau keemasan. Identifikasinya dikirim dari Malaysia menuju Tanjung Balai Karimun, lalu ke Tanjung Pinang dengan tujuan Bangkalan, Madura," ungkap Wisnu.

Sementara itu, BNNP Jatim juga menyita kardus pembungkus paket sabu-sabu, dua bungkus kopi bubuk, satu unit bus bernopol N-7137-D, lima ponsel, serta empat buah kartu ATM sebagai barang bukti.

"Kami tidak berhenti sampai di sini dan terus melakukan pengembangan terhadap kasus ini," tuturnya.

Baca juga: BNNP Jatim musnahkan lima kilogram sabu-sabu

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.