BAGAIMANA TEKNIK SEDUH KOPI GAYO SENDIRI

BAGAIMANA TEKNIK SEDUH KOPI GAYO SENDIRI, Ngopi telah menjadi adat istiadat bagi sebagian masyarakat Indonesia, baik dari kalangan tua sampai remaja. Karena saking banyaknya masyarakat yang menyenangi kopi kedai kopi ataupun cafe kopi malah menjamur di mana-mana. Dan kopi malah sudah diracik menjadi aneka variasi, sebagian kopi yang populer di lidah masyarakat Indonesia antara lain: kopi susu, cappucino, kopi latte, dan lain-lain. Tapi bagi penggila minuman ini, kopi hitam tata tertibnya ialah semestinya dibanding kopi-kopi lain.

Terdapat sebagian hal penting yang perlu dikenal supaya kopi seduh yang kita sajikan terasa lebih enak, diantaranya

BAGAIMANA TEKNIK SEDUH KOPI GAYO SENDIRI

Guna membikin secangkir kopi sedap, Anda hanya membutuhkan sebagian alat sederhana dan mengetahui teknik dasar menyeduh kopi. Satu cangkir berisi ±200cc air panas, lebih bagus gunakan air yang baru didihkan bukan air panas ambil dari di termos. Profit nyeduh kopi sendiri, Anda tak perlu menghabiskan uang berlebih supaya menikmati kopi di cafe istimewa atau membeli coffee tool dan alat pelumat biji kopi yang harganya cukup mahal.

Kerja pemilihan dikala pembelian

1. Temperatur air untuk dituangkan ke dalam bubuk kopi

Agar bisa mengeluarkan wangi-wangian kopi, maka dibutuhkan suhu air yang sangat panas yakni sekitar 90°-100° C (mendidih). Bila anda membuat kopi dengan air yang panasnya kurang dari 90° C maka wewangian kopi tidak keluar dengan maksimal, kopi tak akan terekstraksi rata dengan air sehingga akan mengambang di permukaan. Seandainya dirasakan rasanya akan hambar, dan dapat menjadikan perut mulas. Orang sunda sebut, nyeduh air kopi menggunakan air yang kurang mendidih disebut “Baleuy”. Sehingga hindari nyeduh kopi dengan air dalam thermos yang telah seharian.

Baca Juga :  BERKENALAN DENGAN KOPI YG ADA DI DUNIA

2. Komposisi atau takaran antara gula dan kopi

Takaran antara kopi dan gula pada sebagian orang mungkin berbeda tergantung selera, ada yang suka agak manis, agak pahit. Atau yang lebih ekstrim yakni rasa kopi yang benar-banar pahit, rasa kopi ini biasanya digemari oleh para sopir yang sedang dalam perjalanan jauh untuk menghindari kantuk.

Tetapi di sini Kopi Dunia akan memberikan tips agar rasa kopi dapat diterima oleh kalangan manapun. Gelas yang dipakai adalah gelas atau Cangkir keramik ukuran standar, kira-kaprah 200 ml. Bila anda memakai sendok makan untuk menakar gula dan kopi maka komposisi yang pas yaitu satu sendok makan kopi dicampur dengan satu seperempat sendok makan gula pasir. Tetapi kalau anda memakai sendok teh, karenanya komposisi yang pas ialah bisa mencampurkan dua sendok teh kopi dicampur dengan tiga sendok teh gula putih.

3. cangkir kopi

Mengetahui yang terakhir ini, hanyalah sebagai tampilan saja, bukan hal yang sakral. kadang-kadang penampilan dapat mengugah selera nyeruput kopi. Untuk beberapa pecinta kopi lebih menyukai gelas keramik atau Mug sebagai media kopi seduhya. Selain itu dengan menggunakan cangkir keramik, temperatur panas dapat dipertahankan lumayan lebih lama serta memudahkan peminum kopi saat akan menikmati kopinya tanpa kepanasan ketika mengontrol cangkir.

Urutan yang baik dalam menyeduh kopi hitam:
Didihkan air sampai 90°-100° C (mendidih)

Sambil menunggu air mendidih, tuang kopi dan gula ke dalam cangkir keramik dengan komposisi yang terpat, seperti yang telah digambarkan di atas.
Sesudah air mendidih, lantas tuang ke dalam cangkir keramik, aduk-aduk hingga rata, sajikan.

Sampai di sini BAGAIMANA TEKNIK SEDUH KOPI GAYO SENDIRI, mudah-mudahan setelahnya membuat wacana kamu baik bagi individu maupun untuk bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.