Beranda Informasi Bappebti dorong perdagangan berjangka dongkrak transaksi multilateral

Bappebti dorong perdagangan berjangka dongkrak transaksi multilateral

Bappebti dorong perdagangan berjangka dongkrak transaksi multilateral

Jakarta (ANTARA) – Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mendorong industri perdagangan berjangka meningkatkan transaksi multilateral untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Ke depan produk dana berjangka perlu divariasikan, perdagangan multilateral juga ditingkatkan," kata Kepala Bappebti Tjahya Widayanti di Jakarta, Jumat.

Ia mengharapkan industri seperti Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan Kliring Berjangka Indonesia (KBI) juga berkontribusi mendorong komoditas perdagangan berjangka dan ekonomi Tanah Air.

"Perlu menciptakan produk industri perdagangan berjangka, yang bisa membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia," ucapnya saat hadir dalam peringatan HUT ke-20 BBJ dan HUT ke-35 KBI.

Ia juga berharap bursa berjangka bisa menjadi patokan harga terutama komoditi Indonesia seperti karet, kopi, timah dan emas.

Untuk timah, BBJ sudah mengekspor lebih dari 9.000 ton hingga September 2019 ke beberapa negara sejak mendapatkan persetujuan sebagai penyelenggara pasar fisik timah murni batangan pada 6 Agustus 2019.

Sedangkan untuk emas, lanjut dia, sudah ada perdagangan emas digital namun belum ada implementasi yang optimal.

Sementara itu, Direktur Utama BBJ Stephanus Paulus Lumintang mengatakan hingga saat ini jumlah investor perdagangan berjangka mencapai 150 ribu dengan volume transaksi mencapai enam juta lot.

Volume transaksi itu, kata dia, terdiri dari hampir satu juta lot transaksi multilateral dan 4,6 lot transaksi bilateral.

Ada pun transaksi multilateral, kata dia, bertujuan untuk menjadi referensi harga, sedangkan bilateral tidak memerlukan sebagai referensi harga.

"Kalau bilateral tidak buruh referensi harga karena itu pasar sudah likuid, ini mempengaruhi tingkat likuiditas dari suatu kontrak," katanya.

Baca Juga :  Perpanjang masa berlaku SIM Anda di lima lokasi berikut

Untuk menggenjot transaksi dan perdagangan berjangka, dalam waktu dekat BBJ akan menandatangani kerja sama dengan Asia Pasific Exchange Singapura.

Baca Juga :  DEMIKIAN INI SEDUH KOPI DI KANTOR

Tahun 2020, lanjut dia, BBJ juga melakukan penjajakan dengan bursa berjangka dari Praha dan China.

Baca juga: Perdagangan Berjangka Komoditas diprediksi tumbuh di tahun politik
Baca juga: Kemendag sinergikan industri perdagangan berjangka komoditi
Baca juga: Bapepti atur perdagangan emas digital, cegah pencucian uang

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Desa ini bikin website jualan online gula aren, kopi, hingga rebung

Desa ini bikin website jualan online gula aren, kopi, hingga rebung Tujuan kami membuat website jual beli online ini tak lain adalah untuk memasarkan...

Alasan penggemar Harry Potter hapus link ke situs JK Rowling

Alasan penggemar Harry Potter hapus link ke situs JK Rowling Jakarta (ANTARA) - Dua situs terbesar penggemar Harry Potter yakni The Leaky Cauldron dan...

Kepala BRG sebut cetak sawah baru sama dengan program restorasi gambut

Kepala BRG sebut cetak sawah baru sama dengan program restorasi gambut kalau musim hujan biasanya membawa tanah mineral, nah areal itu sebenarnya cocok untuk...

Polres Jakarta Utara tetapkan tersangka kasus asusila di Starbucks

Polres Jakarta Utara tetapkan tersangka kasus asusila di Starbucks Jakarta (ANTARA) - Polres Jakarta Utara menetapkan seorang tersangka inisial DD (22) dalam kasus asusila...

Kemendag bidik ekspor produk pangan olahan ke Afrika Utara

Kemendag bidik ekspor produk pangan olahan ke Afrika Utara Kawasan Afrika Utara, khususnya Mesir, merupakan pasar yang menjanjikan bagi produk pangan olahan dari IndonesiaJakarta...