MODE SEDUH KOPI TRADISIONAL, BELAJAR SENDIRI DI RUMAH

0
95

MODE SEDUH KOPI TRADISIONAL, BELAJAR SENDIRI DI RUMAH– Mungkin ketidakhadiran tulisan ini sangat berguna untuk anda para pemula yang baru mengawali mau mencintai kopi, sebab biasanya orang yang telah mencintai kenikmatan kopi sepatutnya telah tau perihal cara membuat kopi yang sedap. Bukan cuma takarannya saja yang seharusnya dilihat, tetapi anda juga wajib tau elemen apa saja yang penting untuk mengahasilkan kopi yang enak. Semua akan dibahas dalam artikel ini.

Benarlah banyak orang yang merasa aneh, mengapa para pecinta kopi bisa mengatakan kopi itu nikmat, padahal sebagian yang lainnya menganggap bahwa kopi ini rasanya biasanya dan ada yang mengatakan bahwa kopi itu pahit, sehingga mereka tak menyukainya. Tetapi mungkin anda dapat mencoba metode meracik kopi yang benar dengan mengamati beberapa elemen dibawah ini. Simak uraian dibawah.

MODE SEDUH KOPI TRADISIONAL, BELAJAR SENDIRI DI RUMAH

1. Biji kopi.

Yang pertama, sebelum kamu mulai membuat kopi, yakinkan kamu memiliki biji-biji kopi bermutu. Jangan pakai kopi bubuk maupun kopi instan yang biasa dijual di pasaran! Pasalnya, kopi bubuk yang banyak dipasarkan di pasaran tak mempunyai kekhasan dan cita rasa kopi yang distingtif. Harus kamu tahu, bubuk kopi dapat meresap wangi-wangian disekitarnya. Dengan Demikian bubuk kopi yang terlalu panjang ditaruh kualitasnya akan menurun.

Sebaiknya, pesanlah biji-biji kopi di home roaster kopi yang tersebar di kotamu. Jikalau memungkinkan, mintalah si barista untuk menyangrai green bean langsung di hadapanmu. Hal ini menentukan supaya kopi yang kau beli meyakinkan fresh dari oven!.

2. Grinder atau penggiling kopi.

Setelah mendapatkan roasted bean, alat awal yang kamu butuhkan yaitu grinder, atau alat penggiling kopi. Seandainya memang belum memiliki, tidak ada salahnya kok menggunakan grinder yang umumnya bersama satu set dengan blender dirumahmu. Tapi pastikan, grinder tersebut wajib bersih dan bebas dari aroma benda-benda bukan kopi ya.

3. Coffee Drip.

unsplash

Disebut Vietnam drip, sebab halnya alat ini berasal dari negeri tetangga kita, yakni Vietnam. Alat satu ini, di negeri asalnya barangkali cuma berharga sekitar 30 ribu rupiah. Tetapi di Indonesia, harganya dapat mencapai dua kali besarnya. Tidak aneh, karena memang di sana terkandung tarif impor dan lain-lainnya.

Tak perlu tehnik yang terlalu sistemis untuk mengaplikasikan alat satu ini. Pasalnya, kamu cuma cukup menuangkan kopi bubuk ke dalam dasar Vietnam drip, lalu setelah itu ratakan bubuk kopi dan tekan-tekan mengaplikasikan saringan turunan Vietnam drip. Setelah itu, siramkan air panas dan biarkan air kopi menetes ke dalam cangkir dibawahnya, stir dan hidangkan. Di Vietnam seringnya, di dasar gelas biasanya diberikan susu kental manis sehingga menjadi kopi susu.

4. French press.

MODE SEDUH KOPI TRADISIONAL, BELAJAR SENDIRI DI RUMAH.Yang satu ini Alat ini adalah alat yang banyak diterapkan untuk seduh kopi di rumah-rumah. Bentuknya yang sederhana, dan penerapannya yang gampang sudah mungkin menjadikan french press sebagai alat seduh kopi unggulan. Apalagi, dengan harga yang terjangkau, sudah pasti tak akan menjadikan dompetmu kosong. Kamu cuma hanya merogoh kocek sekitar 100K – 200 ribu rupiah agar mendapatkan alat ini.

Sampai di sini MODE SEDUH KOPI TRADISIONAL, BELAJAR SENDIRI DI RUMAH, semoga akan menjadi wawasan kita baik bagi pribadi maupun sebagai bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.