Beranda Informasi Festival Kuliner Khas Nias meriahkan Sail Nias 2019

Festival Kuliner Khas Nias meriahkan Sail Nias 2019

Festival Kuliner Khas Nias meriahkan Sail Nias 2019

Agenda ini merupakan kesempatan bagi kita untuk mengenalkan wisata kuliner di Kota Gunungsitoli dan potensi yang kita miliki yakni kuliner khas Nias

Gunungsitoli (ANTARA) – Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menggelar festival kuliner khas Nias untuk mendukung dan memeriahkan Sail Nias 2019 yang acara puncaknya berlangsung pada 14 September.

Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa'a Laoli saat membuka Festival Kuliner Khas Nias, Jumat, mengatakan tujuan festival tersebut adalah untuk meningkatkan kegiatan  ekonomi khususnya wisata kuliner.

Baca juga: Nias Selatan jadikan selancar internasional agenda rutin tahunan

Baca juga: Atraksi terjun payung turut meriahkan puncak Sail Nias 2019

Festival yang diikuti para pelaku usaha kuliner di Kota Gunungsitoli dilaksanakan di Taman Ya'ahowu, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Jumat.

Festival Kuliner Khas Nias juga bagian kegiatan Sail Nias, di mana sebelumnya di Kota Gunungsitoli telah digelar Festival Kopi Nusantara.

"Agenda ini merupakan kesempatan bagi kita untuk mengenalkan wisata kuliner di Kota Gunungsitoli dan potensi yang kita miliki yakni kuliner khas Nias," katanya.

Baca juga: Sail Nias berdampak pada peningkatan perekonomian warga

Selain untuk mengangkat kembali kuliner khas Nias, festival tersebut juga untuk meningkatkan aktivitas ekonomi wisata kuliner dan menjadi etalase untuk mengenalkan kuliner leluhur Nias di mata dunia.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang ikut terlibat, baik tokoh budaya, pelaku usaha dan semua masyarakat yang bersama sama sejak pelaksanaan forum diskusi publik dan sharing publik kuliner khas Nias," ucapnya.

Baca Juga :  PETUALANG KOPI HARUS TAHU KOPI TERKENAL DI SELURUH DUNIA

Para peserta festival diminta memberikan pelayanan, cita rasa dan kesan yang baik kepada tamu yang datang, karena Festival Kuliner Khas Nias diharapkan menjadi daya tarik untuk pengembangan wisata ke depan.

Baca Juga :  Kopi Manggarai dan Linton tarik perhatian di Yunani

"Kita berharap kelompok yang mengikuti festival kuliner hari pada ini untuk terus mengembangkan diri," harapnya.

Baca juga: Pengunjung Festival Kopi Nusantara Sail Nias membludak

Festival Kuliner Khas Nias tersebut menampilkan 156 jenis kuliner, namun yang diperlombakan hanya beberapa jenis seperti Buso Buso, jenis lauk pauk dan sayur.

Peserta lomba kuliner khas Nias jenis buso buso berjumlah 9 kelompok, lauk pauk berjumlah 19 kelompok dan jenis sayur berjumlah 5 kelompok.

Baca juga: Nias Selatan dinilai layak jadi destinasi wisata bahari kelas dunia
 

Pemprov SUMUT targetkan 100 ribu wisman saat Sail Nias 2019

 

Pewarta: Juraidi dan Irwanto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Solok berlakukan jam malam cegah penyebaran virus corona

Solok berlakukan jam malam cegah penyebaran virus corona Solok, (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat mulai memperketat aktivitas warga setempat termasuk pemberlakuan jam...

Warganet temukan "tumbler" di film "Little Women"

Warganet temukan "tumbler" di film "Little Women" Jakarta (ANTARA) - Film "Little Women" karya Sutradara Greta Gerwig yang rilis Februari lalu kini kembali mendapat...

Kemarin, Kapolsek Kembangan dicopot hingga warga berjemur

Kemarin, Kapolsek Kembangan dicopot hingga warga berjemur Jakarta (ANTARA) - Beragam berita dan peristiwa di Kota Metropolitan Jakarta dan sekitarnya terjadi pada Kamis (2/4)...

Pemkab Karimun berlakukan jam malam untuk cegah COVID-19

Pemkab Karimun berlakukan jam malam untuk cegah COVID-19 Pemberlakuan jam malam ini dalam rangka upaya mendukung program nasional terkait percepatan pencegahan penyebaran COVID-19Tanjungpinang (ANTARA)...

INI 10 KOPI TERKENAL DI DUNIA

Bagi Indonesia, kopi merupakan komoditas yang terlampau penting. Kopi udah jadi sumber penghidupan bagi jutaan petani di Indonesia yang membuahkan kopi yang dinikmati semua...