Beranda Informasi Dikecualikan dari bea masuk, ekspor semen RI ke Filipina terbuka lebar

Dikecualikan dari bea masuk, ekspor semen RI ke Filipina terbuka lebar

Dikecualikan dari bea masuk, ekspor semen RI ke Filipina terbuka lebar

Jakarta (ANTARA) – Produk semen Indonesia dikecualikan dari pengenaan Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) perdagangan oleh Komisi Tarif Filipina karena nilai ekspor semen Indonesia ke Filipina berada di bawah ambang batas minimal pengenaan yang ditentukan.

Produk semen yang dikecualikan tersebut yaitu dengan Pos Tarif/HS 2523.29.90 dan 2523.90.00 yang tercantum dalam laporan akhir penyelidikan tindakan pengamanan perdagangan (safeguard) Komisi Tarif Filipina, yang dikeluarkan pada 9 Agustus 2019.

“Pengecualian ini sangat menguntungkan terutama dikarenakan negara-negara eksportir semen terbesar ke Filipina seperti Jepang, China, Vietnam, Taiwan dan Thailand terkena BMTP,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana lewat keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dengan begitu, lanjutnya, produk semen Indonesia diyakini akan lebih kompetitif di Filipina.

Direktur Pengamanan Perdagangan Pradnyawati menyampaikan, penyelidikan sudah dimulai sejak September 2018, di mana hasil akhir menerapkan BMTP sebesar 12 Peso Filipina untuk setiap semen sak ukuran 40 kilogram (kg).

Otoritas Filipina yang melakukan penyelidikan terdiri atas dua institusi, yaitu Departemen Perdagangan dan Industri untuk penyelidikan awal dan dilanjutkan penyelidikan oleh Komisi Tarif Filipina.

Pradnyawati menambahkan peran pemerintah yang terus-menerus bersikap proaktif bersama dengan produsen dan eksportir selama proses penyelidikan menjadi salah satu faktor penting.

Sejak awal, pemerintah telah mendaftarkan diri sebagai pihak yang berkepentingan, berkoordinasi dengan perusahaan maupun eksportir, menyampaikan sanggahan tertulis.

Baca Juga :  BKPM catat pemohon izin UMK tetap tinggi di tengah pandemi COVID-19

Pemerintah juga hadir dan menyampaikan pernyataan lisan pada saat pelaksanaan dengar pendapat publik yang diadakan Departemen Perdagangan dan Industri maupun oleh Komisi Tarif Filipina.

Menurut dia, belakangan ini Filipina cukup aktif mengenakan instrumen pengamanan perdagangan kepada Indonesia, di antaranya dengan pengenaan Special Agricultural Safeguard (SSG) untuk produk kopi instan dan penyelidikan safeguard untuk produk keramik dan kaca.

Baca Juga :  Nissan IMk, mobil listrik perkotaan tawarkan kabin senyaman kamar

“Sehingga, setiap keberhasilan usaha bersama dari Indonesia harus diapresiasi untuk menjadi contoh untuk kasus-kasus lainnya,” jelas Pradnyawati.

Baca juga: Peningkatan kapasitas semen peluang dongkrak ekspor
Baca juga: Barata Indonesia ekspor komponen industri semen ke Maroko
Baca juga: Semen Padang ekspor perdana ke Australia

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

20 tahun dirilis, Coldplay restorasi video musik album "Parachutes"

20 tahun dirilis, Coldplay restorasi video musik album "Parachutes" Jakarta (ANTARA) - Coldplay merestorasi empat video musik di album perdana mereka yang bertajuk "Parachutes"...

Minggu, layanan SIM Keliling Polda Metro Jaya ada di tiga lokasi

Minggu, layanan SIM Keliling Polda Metro Jaya ada di tiga lokasi pelayanan SIM Keliling tersebut berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 15.00 WIBJakarta...

Yuk atasi kecemasan di fase normal baru dengan "mindfulness"

Yuk atasi kecemasan di fase normal baru dengan "mindfulness" Jakarta (ANTARA) - Ketenangan batin diperlukan dalam menghadapi situasi tak menentu yang telah terjadi akibat...

BEBERAPA HARGA KOPI DIPASARAN DUNIA

Bicara mengenai kopi, minuman ini selalu sanggup menghadirkan melankoli tersendiri bagi siapa saja, khususnya bagi para pengagum puisi dan diksi. Kopi seolah mempunyai...

Tips racik minuman dari mixologist, jumlah es hingga paduan sayur-buah

Tips racik minuman dari mixologist, jumlah es hingga paduan sayur-buah Es batu (Pixabay) Jakarta (ANTARA) - Tak perlu jauh-jauh pergi ke...