Beranda Informasi Detoks kopi? Ini manfaatnya

Detoks kopi? Ini manfaatnya

Detoks kopi? Ini manfaatnya

Jakarta (ANTARA) – Konsumsi kopi memang bermanfaat untuk tubuh, mulai dari menurunkan risiko terkena penyakit hati, kanker hingga diabetes tipe 2.

Baca juga: Aplikasi pantau dampak kafein terhadap tidur

Namun, para ahli kesehatan mengingatkan, terlalu banyak kafein dalam tubuh bisa berkontribusi pada beberapa kondisi yang mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, perlu dilakukan detoksifikasi kopi.

Seseorang sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 400 miligram kopi per hari, menurut lembaga pengawas pangan dan obat Amerika Serikat (FDA). Kadar kafein yang tinggi mempengaruhi neurotransmitter di otak, yang menyebabkan mual, gelisah, cemas dan sakit kepala.

Detoksifikasi kopi dapat membantu memblokir potensi efek samping ini. Sebaiknya hindari kafein selama beberapa hari agar Anda bisa memetik manfaatnya.

Apa saja manfaatnya? Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir Medical Daily:

Baca juga: Seberapa batas minum kopi yang tidak ganggu kesehatan? ini penjelasannya

Tingkatkan kualitas tidur

Kafein bisa meningkatkan tingkat energi dan kewaspadaan. Namun, mengurangi konsumsinya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan memberi Anda lebih banyak energi untuk keesokan harinya.

Kafein dapat bertahan dalam darah hingga lima jam. Minum kopi di sore hari mungkin masih membuat Anda terjaga di malam hari dan bahkan saat tidur.

Mulut yang sehat

Mengurangi asupan atau tidak minum sama sekali kopi di siang hari dapat membantu mengurangi gigi yang menguning dan mempertahankan email gigi. Jumlah kopi yang tinggi berhubungan dengan gigi tipis dan rapuh.

Baca juga: Peneliti: kopi tak berhubungan dengan penyakit gaya hidup

Bantu turunkan berat badan

Baca Juga :  Panen kopi Galunggung

Secangkir kopi Anda mungkin mengandung lebih banyak gula dan bahan-bahan berkalori tinggi lainnya. Kombinasi ini dapat berkontribusi untuk penurunan berat badan atau kenaikan berat badan karena kopi dapat mempengaruhi nafsu makan dan kelaparan.

Baca Juga :  SIMAK CARA SEDUH KOPI HITAM YANG ENAK DI RUMAH

Suasana hati yang lebih baik

Efek buruk kopi umumnya terjadi setelah konsumsi tinggi. Setelah meningkatkan fokus, nantinya dapat menyebabkan kegugupan, stres, kecemasan dan "kegelisahan kafein," atau berkurangnya konsentrasi.

Kopi juga dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk, yang juga mempengaruhi suasana hati. Detoks kopi bisa membantu Anda tetap lebih tenang di siang hari.

Untuk melalukan detoks, sebaiknya kurangi konsumsi secara drastis dalam lima hari. Mulailah dengan hanya minum satu cangkir, mencoba alternatif, seperti teh atau kopi tanpa kafein, lalu sepenuhnya menghilangkan kopi dari rutinitas harian Anda.

Baca juga: Kopi instan dapat menyebabkan hipertensi
 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...