Beranda Informasi Antam: Bangga Kopi Halmahera Kopi Kita Semua

Antam: Bangga Kopi Halmahera Kopi Kita Semua

Antam: Bangga Kopi Halmahera Kopi Kita Semua

Jakarta (Antara) — Kutipan itu disampaikan oleh VP HC, CSR & Finance PT Antam Tbk (Antam) Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara, Agustinus Toko Susetio di tengah kegiatan penanaman perdana bibit kopi dengan rencana sebanyak 40,000 bibit di WasileTimur, Maluku Utara pada Minggu (4/8).

“Tahun ini Antam menargetkan penambahan penanaman 120 ribu pohon kopi di area kebun milik masyarakat. Di sini (WasileTimur) kita targetkan 40.000 tanaman kopi” kata Toko.

Toko mengatakan program ini adalah bagian dari program pengembangan masyarakat Antam di wilayah Maluku Utara di bidang pertanian dan perkebunan.

“Ini merupakan pengembangan dari kegiatan sebelumnya di wilayah Kecamatan Maba, Kota Maba dan Maba Tengah, kami sudah menanam sekitar 92 ribu tanaman kopi seluas 92 hektar” ujar Toko.

Menurut Toko pengembangan kopi Halmahera merupakan hal yang strategis bagi masyarakat Maluku Utara. Potensi lokal perlu dikembangkan dan dioptimalkan agar dapat turut mendukung pembangunan ekonomi secara berkelanjutan.

Kegiatan penanaman tanaman kopi di Wasile Timur dapat memberikan nilai tambah bagi petani kopi. Hal ini disebabkan telah terbentuk kelembagaan atas pelaksanaan program sebelumnya di Maba, Kota Maba dan Maba Tengah.

“Nantinya hasil kopi oleh petani di WasileTimur akan langsung diolah di rumah produksi kopi di Buli” kata Toko.

Menurutnya Hasil produksi kopi yang sudah diolah menjadi kopi bubuk saat ini sudah dipasarkan di sekitar wilayah Maluku Utara dengan merek Kopi Halmahera.

Baca Juga :  BEBERAPA MACAM KOPI DI DUNIA

Toko berharap program perluasan budidaya kopi Halmahera ini mampu memberikan dampak positif peningkatan ekonomi masyarakat sehingga memunculkan petani-petani lainnya untuk tertarik mengembangkan budidaya lokal ini.

Dalam kegiatan seremonial kemarin turut hadir Muspika Kecamatan Wasile Timur yakni Camat, Danramil, kapolsek serta para Kepala Desa di WasileTimur.

Baca Juga :  Ini alasan Pasar Kopi Bekasi digelar pada hari biasa

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Wasile Timur, Manan Buya menyatakan turut memberikan apresiasi kepada Perusahaan yang mendukung program peningkatan ekonomi masyarakat melalui penanaman kopi serta berharap mampu meningkatkan citra kopi Halmahera sebagai produk unggulan yang dapat dibanggakan hingga tingkat regional dan nasional.


Antam dan Inalum Bisa Kelola PT Freeport

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Warga Gunungsitoli panik akibat gempa magnitudo 5,0

Warga Gunungsitoli panik akibat gempa magnitudo 5,0 teman teman saya banyak yang lari keluar, takut bangunan permanen lantai dua tempat kami minum kopi ambrukGunungsitoli...

Perpanjang masa berlaku SIM di empat lokasi berikut

Perpanjang masa berlaku SIM di empat lokasi berikut Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyediakan empat lokasi layanan perpanjangan masa berlaku...

EXO-SC rilis video "Telephone" jelang "comeback" 13 Juli

EXO-SC rilis video "Telephone" jelang "comeback" 13 Juli Jakarta (ANTARA) - EXO-SC, sub unit grup idola K-pop EXO meluncurkan video musik "Telephone" yang berkolaborasi...

Kemensos minta komunitas binaan LKS gerakkan PHBS di masa normal baru

Kemensos minta komunitas binaan LKS gerakkan PHBS di masa normal baru Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial meminta komunitas binaan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) untuk...

Di pasar tradisional Surabaya, razia masker dilakukan hingga dini hari

Di pasar tradisional Surabaya, razia masker dilakukan hingga dini hari Kegiatan penertiban masker di pasar-pasar tradisional tidak hanya berlangsung saat pagi atau siang, namun...