Beranda Informasi Ini kesan investor saat lihat bekas kebun kopi Belanda di Trenggalek

Ini kesan investor saat lihat bekas kebun kopi Belanda di Trenggalek

Ini kesan investor saat lihat bekas kebun kopi Belanda di Trenggalek

Sejumlah pengusaha melihat banyak potensi dan peluang investasi di eks-perkebunan Dilem Wilis, Trenggalek, Minggu (28/7) (Ist)

Yang paling unik lagi dan bisa menjadi nilai jual, kebun kopinya sudah ada sejak jaman Belanda 1928

Trenggalek, Jatim (ANTARA) – Sejumlah calon investor yang mengikuti program perjalanan bisnis yang digelar Pemkab Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, diajak melihat peluang usaha di bekas perkebunan kopi Dilem Wilis.

"Terima kasih kami diberikan kesempatan untuk mengunjungi Perkebunan Kopi Van Dilem Wilis, di Kecamatan Bendungan ini," kata Hence Alfi Pongah dari PT Jakarta Tourisindo, BUMD DKI Jakarta yang bergerak sektor pariwisata menyampaikan sekilas testimoninya, Minggu.

Hence mengaku melihat banyak peluang usaha bisa ditanamkan di Trenggalek. Mulai dari sektor pariwisata, perikanan dan kelautan, tambang dan energi, peternakan maupun sektor perkebunan.

Kesan pertama itu, kata dia, sangat unik dan spesifik, khususnya untuk pengembangan wisata. Ia mengatakan tidak banyak perkebunan kopi yang bisa dikembangkan untuk wisata kebun kopi dan langsung bisa menikmati olahan kopi itu sendiri.

"Yang paling unik lagi dan bisa menjadi nilai jual, kebun kopinya sudah ada sejak jaman Belanda 1928. Kami tadi juga diajak dan melihat mesin pengupas biji kopi yang sudah ada sejak tahun 1929, kalau melihat dari mesinnya dan itu bisa beroperasi sampai sekarang," katanya.
 

Sejumlah pengusaha melihat banyak potensi dan peluang investasi di eks-perkebunan Dilem Wilis, Trenggalek, Minggu (28/7) (Ist)

Hence menambahkan, semua keunikan potensi itu bisa jadi nilai jual wisata untuk menarik wisata dalam dan luar negeri datang ke Trenggalek, khususnya ke Dilem Wilis ini.

Baca Juga :  INI RAHASIANYA SIASAT SEDUH KOPI HITAM YANG ENAK DI KANTOR

"Peluang investasi kalau saya lihat cukup banyak terutama dari aset akomodasi, yang paling simpel kita bisa memberdayakan guest house di rumah-rumah penduduk, kalau ingin merasakan suasana desa," katanya.
‚Äč
Bagi yang ingin lebih pribadi, kata dia, mungkin bisa dikembangkan yang namanya glamping atau mungkin bungalow di sekitar perkebunan kopi ini, mengingat cuaca dan suhunya lumayan sejuk dan dingin, sehingga kalau pagi pasti inginnya yang hangat-hangat atau ngopi terlebih dahulu.

Baca Juga :  ALAT SEDUH KOPI BUBUK, INILAH RAHASIANYA

"Saya tidak suka,kopi namun merasakan kopi di sini rasanya beda dan ini potensi, peluangnya cukup besar, bila mau membuka kedai kopi di luar Trenggalek," kata Hence. Bila sudah merasakan enak rasa kopinya, lanjut dia, pasti juga ingin datang ke kebun kopinya di Trenggalek.

Menurut dia, bila orang di sekitar banyak datang ke Trenggalek pastinya orang dari luar akan mau datang ke Trenggalek.

Camat Bendungan Nur Kholiq menyambut baik kedatangan para investor ke daerahnya. "Saya melihat ada sesuatu yang bisa diharapkan dengan hadirnya para investor ke Dilem Wilis ini. Kami yakin investor itu berpikirnya bagaimana mencari keuntungan yang tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat di Trenggalek," katanya.
 

BKSDA tegur keras oknum penangkap kera endemik

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...