INILAH VARIETAS KOPI DI DUNIA

Kopi mempunyai aroma yang harum, dan dianggap bisa beri tambahan motivasi bagi fans minuman hitam ini.
Tak heran jikalau San Francisco punya kedai kopi paling banyak per kapita, dikutip dari Redfin.
Sedangkan orang Italia telah menciptakan budaya kopi yang nyaris tak tertandingi di mana pun di dunia.
Tak cuma di San Francisco dan Italia, kopi juga tersebar dan mengakar di kawasan tersebut.

Di sini, kami bakal melihat sekilas sejarah dan asal usul kopi dahulu dan menjelajahi lokasi penghasil kopi paling terkemuka di dunia, Kopidunia coba berbagi beberapa varian kopi favorit yang kami dapatkan didalam lebih dari satu th. terakhir.

INILAH

VARIETAS KOPI DI DUNIA

Asal Usul Kopi Sebagai Minuman

INILAH

VARIETAS KOPI DI DUNIA

Penemuan kopi sendiri terjadi secara tidak sengaja disaat penggembala bernama Khalid seorang dari Abyssinia, mengamati kawanan kambing gembalaannya yang selamanya terjaga apalagi sesudah matahari terbenam sehabis memakan sejenis buah berry. Ia pun mencoba memasak dan memakannya. Kebiasaan ini lantas terus berkembang dan menyebar ke beragam negara di Afrika, namun metode penyajiannya masih menggunkan metode konvensional. Barulah sebagian ratus th. kemudian biji kopi ini dibawa lewat Laut Merah dan tiba di Negara Arab bersama dengan metode penyajian yang jauh lebih maju.

Jenis-Jenis Kopi di Dunia

INILAH

VARIETAS KOPI DI DUNIA

, Setidaknya, ada tiga spesies yang jadi komoditas populer, di antaranya adalah Coffea arabica (arabika), Coffea canephora (robusta), dan Coffea liberica (liberika).

1. Arabika

AKL Kopi

Tanaman Coffea arabica berasal dari Ethiopia yang lantas dibawa oleh para pedagang Arab ke Yaman. Nama arabika sendiri tak lepas dari peran pedagang Arab yang menyebarkannya hingga ke seluruh dunia. Bangsa Arab merasa mempopulerkan ekstrak bijinya bersama dengan cara diseduh bersama dengan air panas sebagai minuman.

Beberapa abad lamanya, pedagang Arab memonopoli perdagangan biji kopi. Namun, pada tahun 1616, Belanda berhasil membawa tanaman arabika ini ke luar dari Pelabuhan Mocha.
Setidaknya, terdapat dua jenis kopi arabika yang dibawa orang Eropa dari Yaman. Yang pertama adalah typica, yakni kultivar yang dibawa ke Jawa dan lantas tersebar ke Asia Selatan dan Amerika Tengah. Yang kedua adalah kultivar yang dibawa ke Brasil yang dikenal dengan nama Bourbon. Kedua kultivar ini disebut-sebut sebagai sumber tanaman arabika yang ada waktu ini.

2. Robusta

kopi robusta
AKL Coffee

Menurut Info yang telah dijelaskan dalam peristiwa kopi sebelumnya, kami telah jelas kalau tipe kopi robusta adalah tipe yang paling berhasil bertahan di kondisi tanah Indonesia. Bahkan, negara kami ini termasuk ke di dalam penghasil kopi robusta terbesar sehabis Vietnam, Brazil, dan Kolombia.

Menurut sejarahnya, tipe kopi robusta ini pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898 oleh pakar botani dari Belgia. Tanaman robusta merupakan tanaman asli Afrika yang meliputi berbagai negara, layaknya Kongo, Liberia, Uganda, dan Sudan. Perkembangannya dilaksanakan secara besar-besaran di awal abad ke-20 oleh kolonial Belanda di Indonesia.

3. Liberika

making-nice-coffee.com

Asal usul sejarah kopi liberika atau yang miliki nama ilmiah Coffea liberika ini disebut-sebut berasal dari negara Liberia. Namun, tipe satu ini juga ditemukan tumbuh secara liar di lebih dari satu negara di Afrika lainnya.

Baca Juga :  PENGGEMAR KOPI HARUS TAHU PENYEBARAN KOPI DI DUNIA

Tanaman liberika sanggup tumbuh bersama dengan baik di tempat tropis dengan ketinggian 400-600 mdpl. Meskipun begitu, tetap tetap dapat tumbuh dan berbuah jikalau ditanam di ketinggian hingga 1.200 mdpl. Suhu biasanya yang dibutuhkan adalah sekitar 27-30°C dengan curah hujan 1.500-2.500 mm per tahun.

Ukuran buah yang dihasilkan tanaman liberika lebih besar dibandingkan type arabika dan robusta. Namun, bobot buah keringnya hanya 10 prosen saja dari bobot basahnya.

4. Excelsa

http://stopcoffeego.com.vn

Rupanya, ada tipe kopi yang dikategorikan dalam varietas liberika yang awalannya diakui sebagai tipe tersendiri, yaitu excelsa. Jean Paul Antoine Lebrun, seorang botanis asal Prancislah yang mengklasifikan excelsa sebagai salah satu varietas dari liberika. Excelsa sesudah itu dianggap dan diresmikan dengan nama ilmiah Coffea liberica var. dewerei terhadap th. 2006.

10 Kopi Termahal di Dunia

INILAH

VARIETAS KOPI DI DUNIA

. Kita seluruh mempunyai pembawaan jelek pilihan kita. Tampaknya tetap jadi masalah juga, bahwa seluruh sifat jelek ini lebih manis dikala mereka menyita potongan besar dari gaji kita. Jika kopi berkwalitas adalah langkah yang Anda sukai untuk membuat sembuh diri sendiri, pertimbangkan daftar kopi termahal dan paling susah ditemukan di dunia ini. Membeli makanan berkafein langka ini bakal kurangi anggaran Anda untuk bulan ini, dan barangkali butuh waktu berjam-jam untuk sumbernya, tetapi kecuali Anda berasumsi meminum gaji Anda sebagai anggota terbaik dari bangun tidur, kita menjamin Anda akan beroleh nilai duit Anda .

HACIENDA EL ROBLE

Harga Sekitar IDR 2,900,000/Kg

Kopi ini hanya ada di dalam pasokan tahunan terkecil – cuma 22 kg per tahun. Asal-usulnya diselimuti misteri; pohon-pohon kopi mulanya dibeli oleh pemilik dengan keyakinan bahwa mereka adalah varietas Geisha yang berharga, hanya untuk tahu bahwa mereka adalah sesuatu yang serupa sekali tidak diketahui. Tidak yakin apa yang akan mereka hasilkan, ia menamai pohon-pohon itu dengan tanah pertanian area mereka tumbuh dan legenda HR61 lahir. Namun, pada akhir musim, dia memahami ada suatu hal yang istimewa di tangannya.

Ditumbuhkan di sebuah pertanian di Kolombia selatan yang diawasi oleh ahli agronomi penuh selagi dari pohon-pohon yang dipelihara oleh kompos ayam organik, kopi diolah dengan detil bersama cara pembuatan pulp, pengeringan matahari, dan fermentasi terkontrol. Satu-satunya langkah untuk membuatnya dipanggang adalah dari pemanggang di Melbourne, Australia, yang dikenal sebagai Proud Mary , yang menyimpan tutup rapat pada seluruh informasi berkenaan aroma, rasa, dan tubuh. Salah satu pencicip istimewa melaporkan catatan mangga, persik, dan krim, beraksen oleh tubuh besar, krem dan membantah oleh aroma bunga yang lembut.

OSPINA DYNASTY GRAN CAFE PREMIER GRAND CRU

INILAH

VARIETAS KOPI DI DUNIA

Harga kira-kira IDR 4,350,000/kg

Didirikan terhadap th. 1835 oleh sepasang saudara laki laki yang melarikan diri dari penjara, pertanian Ospina tumbuh jadi operasi penanaman kopi komersial berskala besar pertama. (Ada desas-desus bahwa pelopor brand populer Juan Valdez – Laki-laki bertopi bersama burroya di samping kaleng kopi House Colombia – adalah gagasan dari anggota keluarga Ospina.)
Akhirnya, keluarga kolektif yang menjalankannya mampir untuk memasukkan tiga presiden Kolombia dan produk mereka menjadi salah satu piala yang paling bernilai di seluruh dunia.
Tumbuh secara eksklusif di ketinggian 7.500 kaki atau lebih tinggi di dataran tinggi vulkanik di provinsi Antioquia Kolombia, perusahaan Gran Cafe Premier Grand Cru tawarkan aroma gila dengan sedikit aprikot, seduhan balanced body sedikit velvet, dan rasa cokelat-almond yang entah bagaimana rasanya prima memfinishing renyah di langit-langit mulut.

Baca Juga :  MENGETAHUI SECANGKIR KOPI TERMAHAL DI DUNIA

HACIENDA LA ESMERALDA

Harga kurang lebih IDR 10,150,000/kg
Ada lebih dari satu cara untuk mendapatkan kopi yang rasanya luar biasa dan harganya mahal. Hacienda La Esmeralda, tumbuh di wilayah Boquete Panama, kemungkinan merupakan kopi yang paling dianugerahi penghargaan di dunia.
Bersumber hanya dari pohon kopi pusaka dari varietas Geisha, pohon yang tumbuh secara eksklusif pada ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut, gara-gara harganya yang tinggi bermula dari pasokan yang minim (yang mengarah pada penjatahan sebagian tahun), musim tanam yang pendek, dan cost tenaga kerja yang tinggi, belum lagi rasanya yang tak tertandingi. Kopi ini mempunyai citarasa kopi yang purebred lightness dan intensitas rasa yang terlalu mengarah ke jeruk, lumayan kuat layaknya kue lemon.

KOPI LUWAK

kopi luwak dunia
shutterstock

Harga sekitar IDR 15,000,000/kg
Salah satu kopi bersama tiket besar paling terkenal di dunia (mungkin terkenal) adalah Kopi Luwak , kopi Indonesia yang diroasting sesudah dimakan, dicerna, dan dihancurkan oleh musang, yang dikenal bersama nama umumnya, the civet cat.

Rupanya, hewan-hewan bermata cerah dan bermata pohon ini terutama hanya memakan buah kopi yang paling manis dan segar. Setelah dicerna, ceri kopi mengalami proses fermentasi paling alami didalam saluran pencernaan luwak, menghasilkan karakteristik rasa yang tidak sama yang tidak bisa direproduksi bersama langkah lain.
Setelah musang menghilangkan biji, dibersihkan, disangrai, dan diseduh. Buah prem, teh, dan mawar adalah aroma yang paling menonjol.

Perlu dicatat bahwa produksi komersial Kopi Luwak dikaitkan bersama perlakuan tidak manusiawi terhadap luwak. Padahal sebetulnya banyak lembaga di indonesia yang ikut mendampingi didalam usaha mengembangbiakkan binatang luwak lebih baik lagi. Di mana para petani luwak diberikan sertifikasi misalnya sudah mencukupi syarat perawatan.

BLACK IVORY

Harga kira-kira IDR 43,500,000/kg
Nama itu terdengar keren, layaknya misterius, tapi kamu jangan salah bahwa sebenarnya itu merujuk terhadap kotoran gajah. (Ada apa bersama kopi yang diproses melalui kotoran?) Diproduksi melalui sistem yang mirip dengan Kopi Luwak, Black Ivory di mulai bersama dengan biji kopi Arabika yang dikonsumsi oleh gajah di Thailand utara. Sebagai herbivora, gajah membawa enzim khusus dan pas pencernaan ekstra lambat untuk proses yang menghasilkan rasa mellow yang unik dan halus dalam product akhir. Dengan kata lain, tidak semua kopi kotoran dibikin sama.
Harga Black Ivory yang terlalu tinggi disebabkan oleh kesulitan didalam mengekstraksi biji utuh – gajah punya tradisi mengunyah sebagian besar makanan, dan juga menyimpannya di tempat yang susah ditemukan.

Baca Juga :  INI DIA BIJI KOPI ASAM
thejournal.ie

Kopi ini diproduksi bekerja sama bersama dengan instansi dukungan gajah, yang menyelamatkan gajah dari penyalahgunaan industri pariwisata, dan kandungan penjualan kopi digunakan untuk mendanai perawatan kebugaran gajah. Hal selanjutnya yang membawa dampak mahalnya kopi ini dikarenakan biaya perawatan bantuan hewan yang bekerjasama dengan lembaga.

6. Mocha Java Coffee

TMMOCHA

Mocha Java adalah kopi yang merupakan percampuran pada Arabian (Yemen) Mocha dan kopi Java Arabica Indonesia. Kopi ini disebut sebagai kopi campuran tertua di dunia, mengkombinasikan dua kopi premium bersama dengan karakteristik yang saling melengkapi. Di Indonesia sendiri, kopi ini tumbuh di daerah perbukitan lereng Menoreh. Mocha Java terdiri dari dua jenis, yakni Mocha java Single dan Mocha Java Double bersama dengan sistem produksi yang berbeda.

7. Ethiopian Harrar Coffee

Ethiopian Harrar memilik rasa pedas dan aroma yang harum. Salah satu kopi paling baik di dunia ini tumbuh di alam liar yang eksotis dan diproses secara alami. Ethiopian Harrar ditanam di lahan pertanian kecil di lokasi Oromia, Ethiopia Selatan, terhadap ketinggian antara 4.500 dan 6.300 kaki. Kopi harrar dikenal punya rasa keasaman wine dan buah bersama dengan aroma harum blackberry. Saat dinikmati, kopi ini dapat meninggalkan rasa yang tajam di lidah dan bibir.

8. Jamaica Blue Mountain Coffee

alibaba

Tumbuh di distrik Jamaica’s Blue Mountain, kopi ini kerap dideskripsikan sebagai kopi terenak di dunia yang mempunyai rasa sempurna. Jamaica blue mountain adalah kopi ringan dengan rasa manis yang lembut dan punya aroma coklat. Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang fresh, tanpa rasa pahit sedikit pun. Biji kopi Jamaica Blue Mountain tumbuh pada ketinggian pada 3.000 – 5.500 mtr. di atas permukaan laut. Kebanyakan dari biji kopi jamaica blue mountain adalah biji utuh didalam satu buah kopi.

9. Kenya AA Coffee

Kopi Kenya AA ditanam pada ketinggian lebih dari 6.600 mtr. di atas permukaan air laut, tepatnya di dataran tinggi Kenya. Dataran tinggi Kenya menghasilkan biji kopi bersama rasa kuat dan tingkat keasaman yang menyegarkan. Kopi Kenya AA memiliki perpaduan aroma bunga dan wine. Kopi ini disebut sebagai salah satu kopi favorit di beraneka restoran dunia. Setelah ditelan, kopi ini dapat meninggalkan rasa jeruk dan berry yang segar di lidah.

10. Guatemala Antigua Coffee

Kopi Guatemala Antigua tumbuh di dataran dengan ketinggian lebih dari 4.600 meter di atas permukaan laut. Kelas dari biji kopi guatemala antigua yang dikenal sebagai Strictly Hard Bean dan termasuk di dalam varietas kopi Arabica Catuai, Arabica Caturra, dan Arabica Bourbon. Antigua menyatakan mutu kopi Guatemala khas bersama dengan rasa pedas dan tekstur yang lembut.
Kopi ini adalah kopi premium luar biasa di mana sementara anda menyeduhnya, dapat menghasilkan aroma yang menenangkan.

Cita rasa yang khas dan berkesinambungan jadi kekuatan tarik utama seorang pilih menikati kopi, walau bersama harga super mahal. Apakah kamu berani coba mencicipi salah satunya di atas?

Sumber :

detik.com, liputan6.com, wikipedia, aklcoffee.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.